Tips and Trick Membeli Pakaian Bekas di Thrift Shop

Blisteners, siapa sih yang nggak suka beli baju? Jalan-jalan ke mall untuk window shopping atau sekedar scrolling online shop favorit untuk menemukan pakaian bagus itu sudah pasti menjadi kegiatan menyenangkan untuk dilakukan. Tapi, lo tau nggak sih Blisteners, tidak selamanya pakaian yang bagus untuk dibeli itu adalah barang baru, loh.

Sekarang ini sedang ada trend menarik untuk dicoba nih Blisteners, yaitu thrift shop! Apa sih thrift shop itu? Thrift shop adalah istilah yang digunakan untuk menjual ataupun membeli barang bekas atau secondhand. Jadi, barang tersebut sudah pernah menjadi milik seseorang dan akhirnya dijual kembali dengan harga yang jauh lebih murah dari saat si pemilik barang membeli barang tersebut. Toko-toko thrift shop ini bisa dengan mudah lo temukan di daerah Pasar Baru, Pasar Senen, dan Pasar Santa. Masing-masing dari mereka menjual banyak sekali barang bekas, tapi yang paling mudah ditemukan adalah pakaian bekas.

Seperti yang sudah Team Bvoice Radio bilang, thrift shop ini adalah trend menarik yang harus dicoba. Karena selain harganya yang sudah pasti jauh lebih murah, pakaian-pakaian bekas ini juga bernuansa vintage style yang pastinya oke banget untuk dikenakan setiap harinya! Nah, maka dari itu, Team Bvoice Radio ingin memberikan tips and trick untuk membeli pakaian bekas di thrift shop!

Begini nih penampakan toko thrift shop, Blisteners!

  1. Datangi Toko Langsung!

Thrift shop adalah trend yang menguntungkan siapa saja termasuk penjual. Mereka yang melihat peluang bisnis dari trend tersebut langsung berlomba-lomba memutar otak untuk memanfaatkannya. Makin kesini akan sangat mudah untuk menemukan online shop yang menjual pakaian-pakaian bekas. Memang, belanja di online shop memiliki keuntungannya sendiri yaitu tidak perlu repot-repot harus datang ke toko tersebut. Namun, akan amat disarankan untuk pergi ke toko pakaian bekas langsung karena ketelitian dalam membeli pakaian bekas sangatlah diharuskan. Terlebih lagi, menyocokan ukuran pakaian dengan pakaian bekas yang ada di sana juga tidaklah mudah.

  1. Harus Sabar!

Seperti yang sudah Team Bvoice Radio bilang, membeli pakaian bekas membutuhkan ketelitian yang sangat tajam karena harus meneliti apakah baju tersebut memiliki kerusakan yang parah atau tidak. Selain itu, di setiap toko memiliki hidden gem-nya masing-masing yang hanya bisa ditemukan dengan kesabaran tingkat tinggi. Makanya, jika sudah niat untuk membeli pakaian bekas, siapkan stamina yang prima dan tekad yang bulat untuk menelusuri setiap sudut toko thrift shop dan memburu harta karun!

Kalau ini adalah toko thrift shop yang ada di luar negeri, Blisteners. Lucu banget ya!

  1. Pandai-pandailah Menawar!

Blisteners, yang harus diketahui dari thrift shop adalah, tidak selalu barang yang mereka jual memiliki kualitas yang bagus. Terkadang, bisa jadi baju yang mereka jual sudah kehilangan dua kancing atau celana yang dijual ternyata memiliki bolong sedikit. Jadi, kalau lo menemukan pakaian bagus yang memiliki kerusakan, jangan takut untuk menawar! Pandai-pandailah bertarik-ulur dengan penjual supaya harga pakaian tersebut bisa diturunkan. Tapi, nawarnya juga harus pakai hati ya, Blisteners!

  1. Siapkan Tisu Basah, Hand Sanitizer, dan Masker!

Belanja di toko barang bekas tentu sangat menyenangkan, apalagi kalau bukan karena harganya yang murah. Tapi Blisteners, tidak semua toko-toko barang bekas ini memiliki tempat yang terjaga dari kotoran loh. Bahkan, ada saja spot yang dibiarkan tidak dibersihkan karena mungkin jarang dilihat oleh para pembeli. Makanya, pastikan lo selalu membawa tisu basah, hand sanitizer, dan masker jika sudah mantap ingin memburu pakaian bekas, ya! Selalu bersihkan tangan setelah menghampiri berbagai toko. Cleanliness is number one!

  1. Cuci Pakaian Hingga Bersih!

Last but not least, kalau sudah selesai membeli pakaian dan siap pulang ke rumah, pastikan baju yang dibeli langsung dicuci hingga bersih! Sebelum mencuci dengan sabun, dianjurkan terlebih dahulu untuk merebus pakaian dengan air panas selama 10 menit agar kuman lebih cepat mati. Ingat, walaupun baju tersebut terlihat masih bagus dan layak pakai, tapi kita tidak tahu kuman dan bakteri apa saja yang menempel di baju tersebut. Setelah direbus, cucilah baju namun jangan dengan baju lainnya! Maka dari itu, cucilah baju bekas terpisah dari baju lain agar kuman tidak menyebar kemana-mana. Cucilah menggunakan antiseptik agar memastikan kuman dan bakteri mati dan juga berikan pewangi agar menghilangkan bau apek pada pakaian. Dan terakhir, setrikalah dengan teliti karena selain untuk menghilangkan lipatan-lipatan pada pakaian, menyetrika pakaian juga dapat mematikan kuman dan bakteri yang masih menyisa di pakaian bekas tersebut.

Nah Blisteners, barusan adalah tips and trick versi Team Bvoice Radio untuk membeli pakaian bekas di Thrift Shop! Kalau begitu, tunggu apalagi Blisteners? Ayo thrift shopping sekarang!

Don’t forget to follow our social media for more information!

Instagram             :  @bvoice_radio

Twitter                :  @bvoiceradio

Facebook             :  Bvoice Radio

Line@                  : @bvoiceradio

iOs&App Store      :  Bvoice Radio

(Writer: Difa Farah Thalia / Reporter Bvoice Radio)

(Editor: Elia Geraldine / Reporter Bvoice Radio)

More Like This