Seminar BVoice 2017 “Attract The People with Radio”

BVoice Radio adalah media informasi pertama yang ada di Bina Nusantara University. Tentunya BVoice selalu menjadi teman setia dan wadah bagi Blisteners (sebutan untuk para pendengarnya) dengan memberikan informasi menarik terkini, hiburan, serta lagu yang dikemas sedemikian rupa sesuai dengan segmen pendengar. BVoice dengan aktif mengambil bagian dalam dunia hiburan baik di Binus maupun luar Binus dari hari Senin hingga Sabtu.

Di samping hal-hal diatas, BVoice Radio juga mengasah soft skill anggotanya dalam berorganisasi dengan banyaknya event off-air yang dibuat seperti Pro-Art, Indiego, Anniversary, dan Seminar. Acara-acara tersebut menjadi senjata utama BVoice Radio dalam pembuktiannya terhadap musik. Event seminar dengan tujuan pendidikan yaitu guna memberikan pengetahuan kepada mahasiswa Binus tentang perkembangan dan kondisi nyata dunia radio di Indonesia. Dan memang tujuannya untuk mengajak mahasiswa baru untuk menjadi bagian dari BVoice Radio dan membekali mereka dengan seputar program kerja dunia radio. Teknologi terkini juga menjadi fokus utama radio kampus ini dengan kapasitas streaming di www.bvoiceradio.com

Bicara tentang seminar nih Blisteners, tanggal 10 Oktober kemarin BVoice Radio telah melaksanakan seminar tersebut di lantai 4 Auditorium kampus Anggrek, Binus University. Acara tersebut mendatangkan banyak bintang tamu yang sedang popular-popularnya dan narasumber yang keren banget dari beberapa Radio Swasta di Jakarta, dan mereka ada yang alumni BVoice Radio. Seminar tahun ini bertema Radio Magnetic “Attact The People With Radio”, sesuai dengan temanya BVoice Radio ingin menarik orang-orang agar tertarik dengan radio yang masih menjadi peminat sebagai sarana media informasi. Dan bicara soal tema nih dekorasi didalam ruang auditorium pun dibuat sederhana tetapi menarik perhatian dengan papan berbentuk Magnet sebagai pintu masuk ke dalam ruang auditorium, berbagai cahaya lampu yang berwarna melambangkan magnet dan panitia pun memakai atribut jaket dengan di sisi lengan kanan dan kiri memiliki warna yang berbeda melambangkan warna magnet tersebut.

Acara pertama dibuka dengan penampilan dari bintang tamu pertama yaitu, Ardhito Pramono. Ardhito menyanyikan 3 buah lagu yang salah satunya adalah Bitter Sweet, lagu yang telah popular dikalangan anak remaja. Ardhito menyanyikan dengan suara khasnya dan terlihat menikmati nyanyiannya dan tenang. Setelah Ardhito selesai menyanyikan lagu-lagunya, dilanjutkan dengan Video Teaser dari BVoice Radio yang berisikan tentang beberapa alumni, dan anggota BVoice Radio itu sendiri. Mereka satu persatu menjelaskan apa itu BVoice Radio bagi mereka. Ada yang bilang BVoice itu rame, seru, kesayangan, dapat banyak ilmu, dapat banyak teman bahkan pacar. Dan kegiatan-kegiatan on air maupun off air ada di video itu. Kelihatan peserta seminar sangat menikmati video tersebut dan ada pula yang tertawa saat video tersebut ada bagian yang lucunya. Setelah itu, dilanjutkan dengan Sambutan dari Ketua BVoice Radio atau disebut dengan Station Manager yaitu Egga Surya Aditya. Egga memberikan sambutan dengan memberitahukan tentang eksistensi BVoice Radio dan memberikan sapaan yang hangat kepada peserta seminar agar dapat menikmati seminar dengan senang.
Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan MC yang mempersilahkan Moderator untuk naik ke atas panggung, yaitu Rubi Adha Sudhiro juga sebagai alumni BVoice Radio dan Station Manager periode tahun lalu (2015-2016). Pada kesempatan kali ini, Rubi sebagai moderator mempresent Narasumber yang keren-keren banget untuk naik ke atas panggung. Narasumber tersebut adalah alumni-alumni BVoice Radio yang sudah bekerja di salah satu radio swasta di Jakarta, yaitu ada Tatya Dara announcer Global Radio, Reza Alqadri announcer Mustang FM, Ilham Fachrie music director Jak 101 FM, dan Dito Septiono music director OZ Radio. Memasuki pertanyaan, “Apa sih yang spesial di BVoice yang bikin lo dulu mau daftar?” keempat narasumber pun menjawab dengan kompaknya yaitu “karena melihat Bunga Rampai dari BVoice Radio yang sangat rame dan keren banget yang bikin siapapun tertarik untuk gabung kedalam UKM itu”. Bunga Rampai sendiri adalah tempat untuk menunjukan UKM yang ada di Binus University. Dan terakhir pertanyaannya adalah pesan dan kesan untuk penerus BVoice dan peserta seminar, “jaga nama baik BVoice, kita yakin kalian juga akan bekerja di tempat dimana pasti ada anak BVoice Radio juga. Dan pengalaman selama di BVoice sangat membantu di dunia kerja.” Begitu isi pesan dari narasumber-narasumber tersebut. Selesai pertanyaan, diisi oleh games yang berkaitan dengan jobdesk mereka masing-masing yaitu announcer dan music director. Games sederhana berupa Rapid Question yang dijawab dengan cepat, seperti memilih “nyanyi atau menari”.

Setelah itu dilanjutkan dengan ISHOMA (istirahat solat, makan) karena waktu sudah menunjukan pukul 3 sore. Selesai ISHOMA, dilanjutkan dengan Guest Star yang kedua, yaitu Senar Senja. Semakin sore, makin banyak peserta seminar yang datang kayaknya mereka menunggu-nunggu penampilan dari Guest Star yang terakhir. Selesai Senar Senja tampil, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang kedua. MC mempresent moderator yang kedua, yaitu Annisa Cattleya atau yang biasa dipanggil Cattel. Kemudian Cattel mempresent narasumber di sesi 2 ini yaitu ada, Sigi & Febri announcer Trax FM, dan Dhika Adidharma program director OZ Radio. Pertanyaan pertama dari Cattel, “apa yang kalian bias dapetin di dunia radio?” yang menjawab pertama adalah sigi, “gue bisa dapet pengalaman yang seru banget sih pastinya dan tentunya gue juga udah dapet basic waktu gue kuliah dulu di BVoice Radio. Gue juga bisa dapetin wawasan yang luas”, kemudian dilanjutkan dengan Febri yang menjawab “gue bisa dapetin ilmu-ilmu baru sih, karena awalnya gue bukan jadi announcer dan gue juga punya banyak temen sih dan hal-hal baru lainnya.” Lalu dilanjutkan dengan Dhika Adidharma, “gue bisa nambah wawasan banyak banget sih di radio, karena lo bisa jadi apa aja asalkan lo mau dan menikmatinya. Gue juga dapet teman-teman yang banyak dan seru banget sih kerja di radio”. Kemudian lanjut ke pertanyaan kedua “kali ini pertanyaannya untuk Sigi & Febry nih. Gimanasih tips-tips biar jadi announcer yang banyak fansnya?”. “untuk menjadi announcer yang banyak fansnya gue kurang yakin ya, karena menurut gue yang penting banyak pendengar setia yang mau dengerin gue mengudara di Trax FM. Kalo itu, lo harus tau tentang berita apa aja sih yang lagi ngehits banget belakangan ini dan lo buat berita itu menjadi menarik, pokoknya lo harus tau deh apa aja yang lagi happening banget” kata Sigi dan Febry”.

Lanjut ke pertanyaan terakhir untuk Dhika Adidharma, “Gimana cara membuat suatu program siaran dan konten yang menarik agar masyarakat mendengarkan radio?” “caranya lumayan gampang sih, lo harus membuat Sesutu yang unik di program siaran lo. Mulai dari nama program, siapa announcer yang cocok untuk program tersebut, dan lo juga harus tau sih minat masyarakat itu di radio soal apa, apakah soal percintaan, berita-berita olahraga atau tentang horror. Dan kalo gue biasanya gue balikin ke announcernya, mereka mau membuat konsep seperti apa dan gimana, mereka menyanggupi konsep tersebut atau ngga. Kaya puasa kemarin gue buat program baru yang siarannya dari jam 2 pagi sampai jam 5 pagi buat nemenin waktu sahur para pendengar gitu biar gak bosen.” Kemudian setelah pertanyaan selesai, sama seperti sesi 1 dilanjutkan dengan games Rapid Questions.

Gak kerasa hampir di ujung acara, antusias peserta seminar semakin ramai dan memanggil-manggil nama Guest Star terakhir, yaitu Fourtwnty. Dari sore tadi, peserta seminar udah menunggu untuk penampilan Fourtwnty. Sebelum mereka tampil, MC memberikan ucapan terimakasih kepada narasumber, moderator, peserta seminar, media partner, dan sponsor seminar Radio Magnetic “Attract The People With Radio” dan pamit undur diri. Kemudian di lanjutkan dengan penampilan dari Fourtwnty yang sangat ditunggu-tunggu, dan langsung aja peserta berlari kedepan panggung untuk menyaksikan Fourtwnty dari dekat. Fourtwnty menyanyikan 3 lagu ditambah dengan lagu Tanah Air. Begitu kondusifnya di penghujung acara ini.

Selalu dengerin radio ya Blisteners, karena Radio selalu nemenin hari lo dimana pun & kapan pun. And keep the good work Blisteners, selalu berkarya!

Don’t forget to follow our social media for more information!

Instagram : @bvoice_radio

Twitter : @bvoiceradio

Facebook : BVoice Radio

Line@ : @bvoiceradio

iOs& App Store: BVoice Radio

(Writer: Aqilah Nasywa / Bvoice Radio)

(Editor: Muhammad Maulana Zakky / Bvoice Radio)