Menjaga dan Melestarikan Alam Bersama SWANARAPALA

Hallo Blisteners! Lingkungan alam memang sudah ada jauh dari sebelum kita di lahirkan di dunia ini dan itu semua hasil karya dari sang pencipta. Indonesia sendiri punya keindahan alam yang sangat luar biasa dan kita sebagai generasi muda perlu banget buat menjaga keindahan serta kelestarian alam di dunia ini. Bicara tentang alam, kali ini Bvoice Radio berkesempatan buat ngobrol bareng sama salah satu ketua UKM di Binus, yaitu UKM pecinta alam atau yang biasa di sebut dengan SWANARAPALA. Yuk, langsung aja kita simak perbincangan anatara Bvoice Radio dengan ketua UKM SWANARAPALA; Bernardo Theonaldi.

Q : Question

B:  Bernardo Theonaldi

 

 

 

Q : hallo, sebelumnya boleh perkenalkan diri dulu ngga? Namanya siapa, binusian berapa dan sekarang menjabat sebagai apa?

B : Perkenalkan nama saya Bernardo Theonaldi, saya binusian 2020, sekarang saya menjabat sebagai ketua umum SWANARAPALA.

 

Q : Nah, kan kakak anak SWANARAPALA nih, boleh dijelasin dulu nggasih SWANARAPALA itu apa?

B:  SWANARAPALA adalah satu-satunya UKM pecinta alam di univ bina nusantara. Didirikan pada tanggal 10 Desember 1990. SWANARAPALA memiliki 4 divisi, yaitu moutaineering, rock climbing, caving dan rafting. Di SWANARAPALA, kita tidak hanya naik gunung, masuk gua, panjat tebing, tetapi juga kita juga memiliki kegiatan sosial, seperti, menanam pohon, membuat biopori, membersihkan sampah di pantai atau di gunung, dll. Disini kita juga dapat mempelajari banyak ilmu-ilmu kepencinta alaman dan tentu saja berorganisasi.

 

Q : Wah seru juga ya kak, nah kalo misalkan flashback lagi nih ka, kira-kira apasih yang membuat kakak dulu tertarik buat join SWANARAPALA?

B : Awalnya saat SMA saya punya guru biologi yang juga seorang mapala di univ andalas. Suatu hari dia buat kegiatan seperti pramuka cuma lebih bebas gitu. Pas kegiatan itu, saya banyak belajar ilmu-ilmu membaca peta, ilmu P3K, dan beberapa ilmu basic lainnya. dan juga dia terkadang suka menceritakan tentang dia saat menjadi seorang mapala di univ dia. Cerita itu pun membuat menjadi saya tertarik dan mencoba untuk menjadi seorang mapala dan juga saudara saya juga anggota SWANARAPALA. Dia pun juga ikut mengajak saya untuk masuk UKM ini.

 

Q : Setelah masuk SWANARAPALA ada kesulitan nggasih ka bagi waktu antara kuliah sama kegiatan ukm?

B : yang pasti ada kesulitan saya setelah masuk SWANARAPALA, dalam pembagian waktu kuliah dan UKM. di awal saya masuk SWANARAPALA, saya jarang datang ke sekretariat dan juga jarang latihan. saya malah lebih mementingkan kuliah dan meninggalkan UKM tersebut. tapi, saya tahu kalau organisasi itu penting untuk kedepannya setelah menyelesaikan perkuliahan. jadi, seiring waktu berjalan, saya berusaha memanajemen waktu saya dalam berkuliah dan berorganisasi. Sampai sekarang saya menjadi ketua umum, saya tetap bisa memanajemen waktu walaupun tugas ketua itu tidak gampang seperti pengurus lainnya

 

Q : Nah kalo lagi mendaki, kesulitan apa ajasih yang sering dihadapi? Dan gimana cara mengatasinya?

B : setiap mendaki gunung pasti banyak rintangan ringan maupun berat, sebelum kita mendaki gunung, kita sudah mempelajari cara mengatasi apabila ada masalah disekitar sehingga kita siap untuk menghadapi masalah jika ada.

 

 

Q : Nah, kan sekarang kaka udah jadi ketua SWANARAPALA ya, apasih yang memotivasi kaka buat jadi ketua? Itu kemauan sendiri atau ada dorongan dari orang lain?

B : Ini jujur saya awalnya berniat tidak menjadi ketua, saya tiba-tiba diminta sama ketua sebelumnya untuk menjadi kandidat balon ketua dan saya menolak. Seiring berjalannya waktu, sehari sebelum deadline submit form ketua. saya akhirnya mengajukan diri sebagai kandidat dengan sedikit keterpaksaan.

 

Q : Nah, kalo suka dukanya selama kakak menjabat jadi ketua apasih kak?

B : suka duka selama saya menjadi ketua, sukanya saya mendapat banyak koneksi, belajar banyak cara menjadi pemimpin, belajar cara memanajemen waktu.Dukanya terkadang bisa stress juga jika ada pilihan dimana harus memilih UKM atau Kuliah, sama juga yang pasti tugas saya selalu menumpuk setiap bulannya.

 

Q : kalau dalam waktu dekat ini SWANARAPALA bakal ada acara nggasih kak?

B : dalam waktu dekat ini SWANARAPALA akan mengadakan kegiatan sosial membersihkan sampah di pulau, sekitar bulan oktober sih. kita ada 3 pilihan, pulau untung jawa, pulau pari dan pulau tidung. tapi kemungkinan besar kita memilih pulau untung jawa karena alasan jarak yang lebih dekat.

 

Q : yang terkahir nih ka,  buat kakak pribadi SWANARAPALA itu apasih dan harapan kakak kedepannya buat  SWANARAPALA itu apa?

B : SWANARAPALA itu adalah salah satu organisasi saya yang menjadi tempat untuk belajar berorganisasi dan harapan saya untuk SWANARAPALA semoga SWANARAPALA bisa menjadi lebih baik lagi dan menjadi organisasi yang lebih besar serta dapat bersaing dengan mapala-mapala di Indonesia maupun di luar negeri.

 

Nah itu dia tadi perbincangan anatara Bvoice Radio dengan UKM SWANARAPALA,Blisteners. Jadi, SWANARAPALA itu tidak hanya naik gunung, masuk gua, panjat tebing, tetapi juga kita juga memiliki kegiatan sosial,mulai dari sekarang kita juga harus bantu untuk merawat alam yang ada disekitar kita ya.

 

Don’t forget to follow our social media for more information!

Instagram           :  @bvoice_radio

Twitter                :  @bvoiceradio

Facebook           :  Bvoice Radio

Line@                 : @bvoiceradio

iOs&App Store   :  Bvoice Radio

 

writer: Fauziah / Reporter Bvoice
editor: Faradilla isnaini / Reporter Bvoice

Tags: