Kenal Lebih Dekat dan Ngobrol Bareng Yuk Sama Ibrahim Fatih, Ketua BinusTV Club!

Halo Blistener! Gimana nih kabarnya? Walaupun udah berbulan-bulan semua serba online tapi semoga masih tetep semangat yaa! Di BPioneer kali ini, Bvoice Radio berkesempatan buat interview salah satu ketua dari UKM broadcasting di Binus selain Bvoice nih, apalagi kalau bukan BinusTV Club yang diketuai oleh Muhammad Ibrahim Fatih.  Penasaran seseru apa obrolannya? Langsung scroll down aja yuk artikelnya!

B : Bvoice Radio

F : Fatih

B : Halo Kak Fatih! Makasih ya udah luangin waktu buat aku interview. Sebelumnya, silakan kakak perkenalkan diri dulu.

F: Halo juga! Iyaa nggak masalah, sama-sama. Oke, nama lengkap gue Muhammad Ibrahim Fatih, biasanya dipanggil Fatih. Gue Binusian22, Jurusan Teknik Sipil, Ketua BinusTV Club.

B : Pertama aku mau nanya emang apa sih kak bedanya BinusTV dan BinusTV Club? Btw, sekarang lagi sibuk apa nih?

F : BinusTV itu platform media digital yang ada dibawah naungan Binus University sedangkan BinusTV Club itu sebuah UKM yang berada dibawah naungan BinusTV dan SCAC. Sekarang gue lagi sibuk project nih, paling di BinusTV Club lagi sibuk ngurusin expo sih.

B : Kak Fatih kan jurusan teknik nih ya, apa sih yang bikin kakak tertarik sama dunia broadcasting dan memilih BinusTV Club? Selain itu kakak ikut himpunan atau UKM lain nggak?

F : Yang bikin gue tertarik pas lagi bunga rampai, waktu itu gue liat BinusTV Club kayaknya seru jadi gue tertarik buat join. Kalau dunia broadcasting yang bikin gue tertarik itu gue liat orang-orang yang kerja dibalik layar dunia broadcasting keren banget dan gue pengen jadi bagian dari mereka. Kegiatan gue yang lain dulu awalnya gue sempet ikut himpunan teknik sipil. Tapi, karena gue jadi terlalu sibuk akhirnya gue cuma pilih fokus ke BinusTV Club.

B : Oiya kak, buat jadi seorang ketua di BinusTV Club itu prosesnya gimana aja sih?

F: Awalnya gue dan temen gue totalnya kita bertiga, ditunjuk buat bakal calon ketua terus di seleksi pihak SCAC. Setelah itu ada LDK dari Binus buat seluruh bakal calon ketua terus ada workshop. Di BinusTV sendiri calon ketua diharuskan bikin proker setahunan dan dinilai keaktifan gue selama ini, disitu udah ada seleksi lagi. Setelah gue lolos ke tahap selanjutnya, gue disuruh revisi proker sebelum presentasi ke alumni kemudian baru deh voting. Presentase hasil akhirnya adalah  70% dari voting dan 30% dari penilaian sebelumnya.

B : Buat menjadi ketua kan tadi katanya ada LDK lagi, emang LDK buat ketua sama LDk waktu jadi crew BTV bedanya apa kak? Boleh dong ya ceritain pengalamannya.

F : Kalau  LDK calon ketua dilaksanain bulan November selama 5 hari dari senin sampe jumat. LDK-nya dilatih sama TNI dan konsepnya Bela Negara. Kalau LDK crew itu lebih ngajarin teamwork, time management, dan organisasi lewat case dan game. Sedangkan LDK calon ketua lebih banyak materi dan ngebangun relasi sama ketua lain jadi sesama ketua nanti udah bonding.

B : Kalau boleh tau nih kak, BinusTV kan besar nih ya dan kalau aku perhatiin sumber dayanya juga oke, kenapa nggak jadi stasiun TV beneran kak?

F : Hahaha, ini pertanyaan banyak orang sih yaa. BinusTV sempet pernah ada rencana buat jadi stasiun TV nasional tapi pas mau didaftarin kebetulan saat itu channel untuk stasiun TV lagi penuh slotnya jadi ketunda. Tapi setelah itu kita obrolin lagi sama seluruh crew atau aktivis yang kita sih nyebutnya SmartViewers, akhirnya kita mutusin buat yaudah kita lanjut aja dengan regulasi siaran BinusTv yang selama ini udah berjalan dan buat sementara ini nggak ngelanjutin stasiun TV lagi karena beberapa alasan yang nggak bisa dipublikasikan nih, sorry banget yaa.

B : Hahaha nggak apa-apa kak. Tapi ya Kak Fatih pernah nggak sih ngerasa capek banget dan keteteran ngurusin BinusTV Club? Apa yang bikin kakak bertahan?

F : Gue nggak pernah sih keteteran, tapi kalau capek ya capek bangetlah apalagi disaat pandemi gini kan kayak semua acara harus di rombak ulang, crew gue juga udah pada capek. Hal  yang bikin gue bertahan ya gue harus bisa jadi pegangan buat crew gue, gue juga selalu sharing dan saling support sesama pengurus di BinusTV Club jadi gue ngerasa semuanya bisa kok kita selesaiin bareng-bareng.

B : Seyakin apa dan gimana cara kakak nge-lead BinusTV Club?

F : Semua orang pasti awalnya nggak yakin kan apalagi jurusan gue nggak linear sama BinusTV. Tapi akhirya gue yakin gue bisa karena semua orang yakin sama gue, semua orang percaya sama gue, itu yang bikin gue yakin dan gue nggak boleh ngecewain mereka.

Kalau dibilang cara nge-lead, gue tipe yang santai sih dan bukan tipe yang mengharuskan crew maupun pengurus bertindak sesuai kemauan gue, jadi ya gue let it flow aja, ngebebasin crew maupun pengurus untuk ngebuat konsep acara sesuai yang mereka mau, tapi gue juga tetep ikut andil dalam pengembangan konsepnya.

B : Dalam periode masa jabatan kakak nih, proker BinusTV Club ada apa aja kak? Ada perubahan yang Kak Fatih buat nggak atau rencana kedepannya?

F : Proker BinusTv Club karena ada di dua lokasi yaitu kampus Kemanggisan dan kampus Alam Sutra makanya ada dua proker juga. Di Kemanggisan harusnya kalau sesuai timeline sih ada  #6 Screening Project itu kayak seminar soal konten, September ada Welcoming Party, Oktober ada Are You Ready to be a Professional Broadcaster itu seminar yang isinya gimana cara kita mempertahankan konten buat jangka panjang bareng broadcaster profesional, November ada BinusTV Club Festival. Di Alam Sutra bulan Juni ada Pengabdian Masyarakat, September ada welcoming party, Oktober ada Media Journey itu kayak study tour ke stasiun TV atau ke TV kampus lain. Ada lagi nih perubahan yang buat, yaitu lebih ke cara pelaksanaanya karena emang tahun ini beda banget sama tahun kemarin kan situasinya.

B : Kenapa proker di Kemanggisan dan Alam Sutra dibedain kak?

F : Karena di BinusTv Alam Sutra lebih banyak kegiatan lapangannya, lebih ke TV konten, sedangkan di Kemanggisan lebih ke seminar dan audience-nya. Btw, nanti kalau acaranya ternyata offline jangan lupa dateng ya, seru deh pasti dan terbuka untuk umum tenang aja, Bvoice juga bakal jadi media partnernya kok.

B : Waduh diundang langsung sama ketuanya nih hahaha. Nah, tapi itu kan yang jadi masalah saat ini, yaitu soal online dan offline. Kak Fatih menjabat di masa pandemi yang mengharuskan kita meminimalisir kegiatan di luar, cara yang kakak bikin buat BinusTV Club menghadapi masalah ini gimana kak?

F : Gue langsung rapat sama pengurus sih tentang gimana caranya siaran bisa tetep berlangsung dan tetep bisa menghasilkan konten yang bermanfaat biar BinusTV Club nggak terhenti begitu aja aktivitasnya.

B : BinusTV Club pernah collab sama UKM lain atau himpunan nggak sih kak?

F : BinusTV Club pernah collab sama Himmcomm  tahun 2018 yang bentuknya semacam seminar gitu, dan kemarin belum lama ini kan ada siaran langsung di Instagram bareng Bvoice Radio.

B : Kakak punya goals yang lagi dituju nggak buat BinusTV sekarang dan harapan Kak Fatih apa aja nih buat The Next SmarTViewers dan BinusTV kedepannya?

F : Buat goals sih gue Pengen banget nge-branding BinusTV diluar Jabodetabek biar semakin banyak masyarakat yang kenal sama BinusTV dan ikut menikmati konten yang kita hasilkan. Sedangkan buat harapannya semoga BinusTV bisa maju terus dan selalu berkembang, jangan sampe turun yaa viewers-nya, selalu bikin konten yang menarik serta berkualitas buat penonton, dan semoga bisa nanti bisa menjadi TV Nasional.

B : Oke deh kalau gitu, mungkin goals dan harapan tadi sekaligus menutup obrolan kita hari ini yaa. Terima kasih atas waktu dan informasinya Kak Fatih, sukses terus BinusTV Club-nya!

F : Hahaha oke, sama-sama. Sukses terus juga ya!

 

Nah, itu tadi hasil interview gue sama ketua BinusTV Club. Asik banget kan?  Sekarang lo jadi tau nih kalau ada UKM broadcasting di Binus selain Bvoice Radio. Oiya, kalau lo masih mau ngepoin BinusTV Club bisa banget nih follow instagramnya di @binustvclub atau kalau lo mau baca artikel tentang ketua-ketua UKM lain ataupun himpunan bisa banget kok, lo tinggal klik artikel Bpioneer aja! And one more thing, gue mau ngingetin kalau sekarang kan kita udah boleh beraktivitas nih Blistener tapi tetep jaga kesehatan dan jangan sampai sakit yaa. See you when I see you!

 

Don’t forget to follow our social media for more information!

Instagram : @bvoice_radio

Twitter : @bvoiceradio

Facebook : BVoice Radio

Line@ : @bvoiceradio

(Writer:  Sekar Rahmaningrum Pramesti / Bvoice Radio)

(Editor: Sandyta Putri Prihadno / Bvoice Radio)