Ya kali nggak mau kenalan sama ketua UKM Basket!

Hai, Blistener! Di kesempatan kali ini BVoice Radio bakal mewawancarai ketua UKM yang diidolakan banyak orang nih. Yup bener, yaitu UKM Basket di BINUS! Kalau ngomongin tentang bakat yang dipunyai anak basket tuh nggak ada habisnya ya. Jadi langsung aja di scroll down dan kenalan sama Ketua UKM Basket Alexandra Lidwina!

 

 

B : BVoice Radio

 

A : Alexandra

 

B : Halo, kak Alexandra! Sebelumnya, makasih udah sempetin waktu buat diwawancara sama BVoice Radio. Kakak boleh kenalin diri kakak dulu yaa. 

 

A : Halo semua! Aku Alexandra, biasa dipanggil Alexa dan aku dari jurusan desain interior. 

 

B : Kak Alexandra kan kakak Ketua UKM Basket nih di BINUS, udah pasti jago banget main basketnya. Pertama kali kaka sadar hobi atau passion kakak ada di basket itu kapan? 

 

A : Mungkin pertama kali aku main basket yaa, pas kelas 8 dan awalnya diajakin temen. Udah gitu main-main, ternyata seru juga dan supaya nggak bosen terus sama pelajaran di sekolah, jadi aku ekstrakurikuler. Awalnya dari iseng, abis itu aku ngerasa passion aku disini, cuman begitu masuk kuliah karena pandemi jadi nggak ada temen main basket dan malas main sendiri. Kalau sekarang aku main basketnya enjoy aja dan bukan yang serius.

 

B : Pas awal kakak masuk UKM Basket, apa kakak udah nargetin mau jadi ketua? Atau itu berjalan dengan sendirinya. 

 

A : Ohh tentu tidak, aku berjalan dengan sendirinya. Pertama aku join di aktivis, tadinya sempat mau join himpunan. Gara-gara dari SMA nggak biasa akademis, aku cari sesuatu diluar dari kegiatan yang emang aku harus lakuin kayak pelajaran gitu-gitu. Aku join di aktivis, terus udah gitu mulai aktif rector cup tahun lalu. Aku aktif dan disitu teman-teman mulai kenal aku, terus ketuanya juga jadi kenal aku juga. Habis itu ketuanya mempercayai aku buat maju jadi calon ketua. Jadi aku pikir “why not, coba aja”. Walaupun tugas kuliah banyak, tapi kalau ketua sebelumnya pada bisa masa aku nggak bisa. 

 

B : Basket itu kan butuh kerjasama antar sesama ya kak. Gimana cara kakak sebagai ketua, bikin anggota tim bonding satu sama lain? 

 

A : Awalnya kenalan online dari zoom, terus mulai onsite jadi diadain rapat onsite dan saling ketemu sama pengurus dan yang lain. Pas udah saling deket satu sama lain, terus pengurusnya juga aku ajakin buat ikutan games, supaya lebih dikenal sama anggota yang lain dan jadi ngobrol aja semua. 

 

B : Menurutku kakak keren banget sih jadi ketua UKM Basket, apalagi kemarin sempet liat di Booth Expo Basket itu anggotanya kebanyakan cowok ya kak. Gimana sih kak cara kakak memimpin mereka? Karena yang aku tau cowo suka agak nggak nurut ya kak. 

 

A : Betul, aku ngajakin mereka aja sih dan membagi tugas. Mereka langsung yang inisiatif, kayak “Yaudah gue yang ini” dan “Gue yang itu”. Aku membantu memanage semua biar berjalan. Mungkin cowo-cowo agak bandel, cuman kalo misalkan tentang aktivis ngurus gitu oke dan tanggung jawab. 

 

 

B : Pas kakak menjabat jadi ketua, kakak sempet ngalamin masa susah dapetin anak baru buat gabung nggak sih kak? Disaat covid-19 lagi naik-naiknya ya.

 

A : Kalau anggota sih jujur nggak terlalu susah ya, karena basket itu kan salah satu olahraga yang anak muda banget nih dan mana ada sih sekolah yang nggak ada tim basketnya. Jadi aku nggak kesusahan, cuman kesusahannya di pengurusannya. Mereka nggak tau kalo di UKM Basket ada pengurusannya, dan di UKM Basket kita punya 4 divisi kan.

 

B : Ohh ada divisi apa aja tuh kak?

 

A : Ada PR yang mengurus sosial media, CNF yang mengurus creative and fund buat games, HRD yang buat ngedata-data, dan ada RND research and development yang megang pelatihan. 

 

B : Kalau masuk UKM Basket itu ada persyaratannya nggak sih kak? Contohnya, dari awal harus udah bisa main basket gitu. 

 

A : Nggak dong, temen-temen siapapun welcome banget buat join basket. Kita kan ibaratnya ada fun games nya ada latihan timnya sendiri. Sekarang kita untuk fun games nya dan latihan terpisah. Jadi temen-temen yang mau fokus basket boleh ikut seleksi dan akan latihan tim sendiri, cuman kalo temen-temen mau fun games dan belajar untuk basket ada jamnya sendiri. 

 

B : Aku juga mau tau nih kak, pernah nggak sih jadwal pribadi kakak bentrok sama kegiatan UKM Basket? Dan gimana cara ngatasinnya. 

 

A :  Itu pernah cuma kalau misalnya jadwal pribadi, bisa aku undur. Kalau perkuliahan aku usahain selesain tugas secepatnya supaya jadwal basket nggak keganggu, karena kan ibaratnya aku udah join nih apalagi aku punya jabatan jadi ketua, berartikan aku punya tanggung jawab yang besar yaa. Jadi aku berusaha untuk menyesuaikan waktu yang mana prioritas. 

 

B : Kalau atlet itu kan harus jaga pola makan ya kak. Kakak pernah nggak nyaranin anggota kakak buat jaga pola makan? Misalnya, makan pisang sebelum lomba. 

 

A : Kalau pola makan aku nggak ngurus sampe sana, tapi kalo misalnya ngobrol pas ketemu aku ingetin buat makan 3 jam atau 4 jam sebelum tanding biar perutnya nggak sakit. Tapi, kalau pola makan itu antara mereka sama pelatihnya sih biasanya. Jadi pelatih yang ngasih tau atlit-atlitnya jangan makan makanan tertentu.

 

B : Kakak punya rahasia yang mau kakak share nggak buat Blistener? Kayak banyakin minum vitamin apa gitu, biar badan tetap fit dan kuat?

 

A : Kalau dari aku kita kan masih muda, walaupun kita banyak aktivitas tapi harus tidur minimal 5 jam. Jangan sampai jarang tidur karena bisa buat badan drop. Aku titip pesan buat Blistener untuk membiasakan work life balance, karena kita udah mau memasuki usia dimana nanti kita perlu kerja juga kan. Jangan sampai kita have fun terus tapi lupa kerja. Jadi harus work hard play hard.

 

B : Aku sering liat tuh kak kalau lagi di pertandingan basket, ketuanya tuh suka ngumpulin anggotanya dan ngasih kata-kata penyemangat. Boleh contohin salah satu kalimat penyemangat yang sering kakak kasih nggak? 

 

A : Aku bilang “Kita main have fun, no pressure” terus “Mainnya jangan nakal, harus sportif jangan kebawa emosi”.

 

B : Pertanyaan terakhir, harapan kedepannya kakak buat UKM Basket apa sih kak? 

 

A : Harapan aku sih, semoga kedepannya pengurus-pengurus bisa ngejalanin UKM Basket biar lebih lagi banyak program-program kerja, lebih komitmen juga teman-temannya supaya apa yang udah direncanakan bisa terlaksana dengan baik. Aku juga berharap karena temen-temen udah mulai onsite juga, semoga bisa lebih dekat lagi.

 

Nah, sekarang lo udah kenal lebih dalam lagi kan sama ketua UKM Basket! Gimana, tertarik masuk UKM Basket? 🤩 

 

Don’t forget to follow BVoice Radio’s Social Media down below! 

Instagram: @bvoice_radio 

Twitter: @BVOICE_RADIO 

Facebook: BVoice Radio 

Line@: @jfn1436l 

YouTube: BVoice Radio

 

(Writer: Haidi Najwa / BVoice Radio)  

(Editor: Nathalie / BVoice Radio)

 

More Like This