Dari Hobby Bisa Jadi Bisnis

 

Hobby merupakan sebuah kebiasaan, setiap orang memiliki hobby yang berbeda. Beberapa orang, sukses melalui kegemarannya dalam sesuatu. Salah satu nya Ismail Ibnu Pasha, seorang Fotografer yang sukses dalam karirnya. Sebagai seorang Fotografer tentu saja tidak mudah terjun kedalam dunia Bisnis. Ismail Ibnu Pasha atau yang biasa dikenal Pashung ini, ternyata adalah alumni Binus 2017  jurusan Mass Communication. Seperti apa sih awal mula karir sebagai seorang Fotografer ? Pengen tau pengalaman apa aja yang didapatkan seorang Fotografer? Tenang aja, Blisteners! Reporter kita Sakila Gita (S) berkesempatan untuk ngobrol-ngobrol langsung dengan kak Pashung (P). Nah, kalo lo mau tau lebih dekat dengan sosok dibalik Pashagraph, lanjut baca artikel ini yuk!

 

S: Awal mula kak Pashung terjun ke dunia bisnis kenapa?

P: Awal mulanya itu karena terinspirasi dari temen gue yang punya 2 akun di Instagram satu personal sama satu lagi buat portofolio. Daripada bikin second account buat curhat kayak anak zaman sekarang, mending buat akun khusus portofolio gue sendiri dan jadi media buat professional. Dan bisnis ini berawal pada tahun 2017

 

S: Hobby foto dari kapan sih kak?

P: Mulai hobby foto dari awal masuk kuliah semester satu, telat sih cuma alhamdulillah lah.

 

Ini dia salah satu hasil foto kak Pashung di Jakarta Fashion Week

 

S: Susah nggak sih ngejalanin bisnis Fotografi ?

P: Sebenrnya, kalo misalkan ngejalanin apapun yang disuka pasti akan terus berusaha semaksimal mungkin supaya bisa lanjut terus dalam bisnis yang di jalanin dan jangan batesin diri lo karena gapunya sesuatu.

 

S: Dulu sebelum ada kamera professional kayak sekarang, itu pake apa?

P: Sebelum punya kamera kayak sekarang gue pake Olympus pl3 yang udah jaman dulu banget. Tapi ternyata dari situ dimana gue puas banget sama hasil foto gue yang bisa ngebuat gue sekarang seperti ini. Ngejalanin hobby jadi bisnis.

 

                               Hasil foto Pashagraph di Petualangan Sherina

 

S: Susah gak sih ngejalanin bisnis bareng temen atau pacar?

P: Susahnya itu karena Pashagraph ini collab sama pacar gue, jadi dari komunikasi internal yang dimana harus me-maintain dan membatasi diri antara teman dan pacar.

                      Grand Launching for @kroma.id

 

S: Pengalaman menarik pas hunting foto apa sih kak?

P: Jadi waktu itu gue dapet Client, karna biasanya gue dapet Client yang which means itu cewe cantik atau cowok ganteng, cewe kurus atau cowok yang badanya sixpack gitu kan. Nah, jadi temen gue nawarin kerjaan buat stock foto Instagram si Client ini dan gue tertarik. Ternyata pas gue liat Client ini gue shock banget ternayata dia ga sesuai sama expetasi gue, disitu gue harus muter otak dimana harus pinter cari angle foto. Selama seminggu gue mempelajari beberapa teori dimana jangan pake baju warna hijau maupun biru, Karen itu membuat badan akan terlihat lebih besar, jangan pake baju garis-garis dan jangan pernah ngambil foto dari bawah.

 

           Hasil foto kak Pashung untuk Mas Danang

 

S: Sebagai seorang Fotografer hal yang paling penting yang harus dibawa selain kamera apa sih kak?

P: Hal yang paling penting yang harus dibawa seorang fotografer adalah bawa diri yang bisa menghormati orang lain

 

S: Selain Hobby fotografi, ada hobby lain yang mau dijadiin bisnis ga kak?

P: Sebenernya ada sih, bikin acara kayak Event Organizer gitu.

 

S: Suka Duka nya jadi Fotografer itu apa Kak?

P: Sukanya jadi fotografer itu ketika ngeliat hasil foto gue pas di masukin ke Instagram banyak likers nya itu suka buat gue. Dukanya itu banyak ngabisin duit, karna modal nya itu banyak banget.

 

 

             Shoot for Clothing Line @goodvibes.club

 

S: Gimana sih Kak cara mengatasi ke hectic-an dalam dunia Fotografer?

P: Soalnya kalo lo mau ngerjain sesuatu harus di prepare-in dulu di H-1 jadi pas hari H tinggal ikutin sesuai apa yang disiapin. Pas Press Confrence sih itu yang ribet karena ada wartawan lain dan pers lain, disitu lo harus bisa memposisikan diri lo sebaik mungkin. Misalnya kalo lo telat ke suatu acara, tiba-tiba lo datang naro kamera si paling depan. Disitu bisa di caci maki karna dianggap gapunya etika.

 

S: Tips buat Anak Muda yang ingin jadi Fotografer juga?

P: Terutama harus suka foto, sering sering main Instagram dan harus punya kamera mau itu murah atau mahal ketika itu punya sendiri, lo bisa belajar sendiri dan lebih tau sendiri. Ibarat naik mobil sendiri sama pinjem mobil orang lain, pasti rasanya ada aja yang beda kalo minjem mobil orang lain.

 

Nah itu dia obrolan bareng Ismail Ibnu Pasha! Blisteners jadi terinspirasi nggak nih buat ikutin jejak ka Pashung yang ngebuat hobby jadi bisnis. Lumayan loh buat nambah-nambahin uang jajan jadi nggak perlu minta ke orang tua lagi deh!

 

Don’t forget to follow our social media for more information!

Instagram        : @bvoice_radio

Twitter             : @bvoiceradio

Facebook         : BVoice Radio

Line@             : @bvoiceradio

iOs& App Store: BVoice Radio

 

(Writer: Sakila Gita / Bvoice Radio)

(Editor: Elia Geraldine / Bvoice Radio)