Kenalan yuk! sama ketua UKM BNCC

Pada kesempatan kali ini Bvoice radio mendapat kesempatan untuk mewawancarai ketua dari salah satu UKM di Binus yaitu Binus Computer Club atau yang dikenal BNCC. BNCC merupakan UKM Binus yang mengembangkan minat, bakat dan keahlian dalam bidang Sistem Informasi atau Teknologi Informasi. Mau tau lebih lanjut gimana hasil wawancara Bvoice Radio dengan Ketua UKM BNCC yaitu Daniel Perwira? Yuk baca hasil wawancara dibawah ini!

D : Daniel

B : Bvoice radio

 

Hallo kak Daniel, Semester berapa kak sekarang?

Semester 4.

Jurusan apa kak?

IT.

Berarti tinggal 1 tahun lagi abis itu magang ya kak?

Iya betul, setelah nanti lengser dari ketua langsung magang.

First impression kak Daniel pas liat bncc di expo?

Sebelum gua masuk binus gua udah nargetin beberapa ukm, awalnya sebenernya biasa aja tapi pas bunga rampai di auditorium itu bncc salah satu yang wow gitu. Dan pas gua liat antriannya di syahdan itu antriannya Panjang. Jadi pas gua liat “oh gua coba masuk sini deh”.

Pernah gak sih kak mengalami jadwal bentrok antara kuliah dan BNCC?

Kita bncc sebenernya jadwalnya mayoritas malem sih, kita rapat diatas jam 7. Tapi ada jadwal-jadwal siang sometimes bentrok tapi kalau bentrok kita cari jadwal lain atau cari pengganti.

Kak Daniel di BNCC di tahun awal jadi anggota biasa atau aktivis?

Jadi di tahun pertama itu member tapi member itu beberapa bulan kemudian di rekrut menjadi aktivis berarti jadi aktivis udah 1 tahun dan kemarin pelantikan udah menjadi ketua sekarang.

 

Lebih sibuk menjadi ketua atau menjadi aktivis?

Ga beda jauh si, Kalau aktivis sibuk ngurusin event dan lain-lain kalau ketua lebih sibuk mengontrol semuanya. Apalagi gua ketua umum kan yang harus mengurus di alam sutra juga. Cuma beda jobdesknya doang sibuknya tapi kalau skala sama sama sibuk.

 

Apa hal yang mendorong Kak Daniel menjadi ketua BNCC?

Sebenernya ini hal yang menarik, jadi pas gua dulu deket-deket waktu pemilihan ketua itu sama gua ditanya hal kaya gitu, sebenernya motivasi gua itu cuma satu sebenernya selama gua menjadi aktivis gua belajar banyak, gua berfikir bagaimana caranya gua berfikir sesuatu, bagaimana caranya gua memimpin sebuah event, bagaimana caranya bikin team, bagaimana caranya gua mikir satu hal yang belum dipikirin sebelumnya, bagaimana caranya gua ber interaksi dengan sebuah perusaan, bagaimana caranya gua belajar ngoding itu selama gua menjadi aktivis. Menurut gua skill itu sangat berguna banget buat gua dan susah banget gua dapetin itu diluar. Jadi ibaratkan bncc udah ngasih gua banyak, gua pengen bales budi ke bncc dan gua mau ngasih banyak ke bncc terutama buat aktivis yang sekarang lagi jalanin keaktivis an di tahun ini. Jadi motivasi nya lebih karena gua udah dapet banyak saat nya gua memberi banyak lagi ke bncc.

Tantangan terberat pada saat mencalonkan diri menjadi ketua BNCC?

Tantangan terberat itu pas lagi mencalonkan diri sebagai ketua? karena awal-awal itu gua gak yakin sama diri gua sendiri sebenrnya, to be honest motivasi gua awal banget jadi ketua itu munculnya itu karena temen-temen gua sebenernya, soalnya temen-temen gua itu bilang “mungkin lu bisa nih”, “lu kayanya punya skill buat menjadi ketua nih”, “lu punya beberapa thinks yang dimiliki buat seorang ketua”. Dari sana gua mikirkan kayanya dari dulu gua mikir biasa aja gitu kan tapi karena motivasi dari temen-temen gua akhirnya gua coba gitu. Makin lama gua coba gua baru sadar, mereka menyadarkan hal-hal yang gua gak sadari, seperti yang tadi gua bilang gua tuh dulu udah dapet banyak. Tapi kalau dibilang secara tantangan itu lebih ke mental si sebenrnya, kaya gua bisa gak si misalkan gua terpilih menjadi ketua, bisa gak sih gua jalaninnya, terus kaya kira-kira bncc di tahun gua dan tahun lalu bakal jauh beda gak sih atau lebih baik atau lebih buruk, gitu sih.

Pada saat mencalonkan diri menjadi ketua, ada berapa pesaing yang di hadapi?

Ada 4 yang mencalonkan

Ada rasa ga enak gitu gak sih kak pada saat tau ternyata Kak Daniel yang terpilih menjadi ketua?

Gak ada sih, kebetulan dari 4 orang itu ada temen deket, 2 lagi itu gak begitu deket tapi selama proses pemilihan ketua jadi deket banget sampe sekarang.

Ada plan lain gak kalau misalkan ga kepilih menjadi ketua mau jadi bagian apa?

Jadi pada saat masa-masa deket waktu pemilihan itu kita udah tahu kalau misalkan kalau lu kepilih yaudah, sebenernya juga ita udah bisa prediksi posisi kita dimana. Kaya kalau misalkan si A menjadi ketua, secara personal udah ngebayangin sendiri , jadi kita saling supportive. Toh kita ngejalanin bncc bareng-bareng yang beda itu cuma jabatannya doang tapi tujuan kita itu kan sama yaitu membangun bncc.

 

Pada saat mencalonkan menjadi ketua Kak Daniel pasti presentasi tentang BNCC untuk kedepannya, kira-kira itu apa aja?

Pastinya bisa lebih besar dari tahun sebelumnya, tapi gua mau bncc lebih mau dikenal ke masyarakat dan juga perusahaan. Karena tujuan orang masuk bncc itu adalah belajar skill-skill yang dimana gak diajarkan di perkuliahaan dan karena ini hubungannya dengan IT maka kita harus punya koneksi ke perusahaan IT.

 

Hal yang tersulit ketika awal-awal menjadi ketua?

Yang sulit itu sebenernya sesuai dengan kondisi si sebenernya, kaya situasi saat lu jadi aktivis dan jadi ketua itu beda jauh. Aktivis ibaratkan lu di posisi yang dibimbing dengan pengurus angkatan lu sedangkan kalau lu jadi ketua kerjaan lu adalah membimbing semua orang, gak cuma aktivis tapi termasuk seketaris, bendahara, menejer dan semacamnya. Jadi lu itu di posisi paling atas, jadi dari lu posisi dibimbing sekarang lu harus membimbing semuanya terus juga harus control semuanya dan lu  harus belajar bagaimana caranya mengambil tindakan dengan cepat tapi tepat, itu sebenernya awal-awalnya susahnya di sana kaya susah sama sesuaikan kondisi yang tiba-tiba berubah dari lu dibelakang tiba-tiba lu harus paling depan. Tapi semakin lama berjalan semakin terbiasa.

 

Sebagai ketua, sulit gak sih menyatukan semua pemikiran antar angkatan?

Kalau dari alumni itu sendiri pasti supportive kepada angkatan kita jadi ga terlalu banyak masalah, tapi kalau dari angkatan kita sendiri salah satu caranya menyatukan pemikiran itu bangun bounding dulu secara teman. Maksudnya kaya selama rapat mereka harus dateng dan mereka harus mikir bareng-bareng dan salah satu point yang paling penting adalah walaupun posisi lu ada di paling atas bukan berarti omongan lu yang paling bener. Satu hal yang harus di mindset adalah jangan karena lu dipaling atas omongan lu selalu 100% selalu bener, gitu.

Kalau misalkan ada teman deket yang dia merupakan posisinya coordinator atau menejemen tiba-tiba dia gabisa dateng karena ada suatu hal, gimana tanggapan atau menghadapinya sebagai ketua?

Kalau rapat itu kita ada rapat mingguan yang notabene nya harus kumpulin semua jadwal, nah dari sana kita baru liat jadwal mana yang paling kosong, biasanya kalau kita rapat mingguan itu pasti malam, diatas jam 7 malam jadi gak mungkin karena kuliah. Kadang jam 7 kadang jam 9 kadang nginep di sekre kita. Jadi chance bentrok sama jadwal itu kemungkinan kecil  kecuali ada urusan mendadak antara jadwalnya di reschedule atau jalanin rapatnya.

Kira-kira apa yang menyebabkan rapat dapat ditunda?

Tergantung pada topik rapatnya, misalkan rapatnya soal event besar terus orang penting disana gabisa dating/hadir kita pindahin jadwal rapatnya, tapi itu umumnya jarang banget terjadi.

 

 

 

Sebagai ketua umum Kak Daniel harus dateng ke BNCC Alam Sutera, kira-kira kapan ka Daniel ke BNCC Alam Sutera?

Jumat, kalau misalkan gua gak ada jadwal kelas gua kesana. Jadi gua gak bisa ke alam sutra setiap minggunya.

 

BNCC itu sendiri terbuka untuk jurusan apa aja?

Terbuka untuk umum, tapi mayoritas dari tahun ketahun pasti IT kedua Sistem Informasi karna sama sama adah hubungannya dengan IT sisanya kita ada beberapa yang dari menejemen, marketing communication ada.

 

Pengalaman apa aja yang ga pernah di lupain selama menjadi aktivis atau ketua?

Jadi pas akhir mei tahun lalu itu gua salah satu dari 3 orang yang tugasnya bikin websitenya, dulu tuh pas aktivis gua belum terlalu bisa ngoding, programming, website. Terus tiba-tiba disuruh bikin website yang bakal di lihat dan di pake oleh perusahaan jadi perusahaan memakai system gua jadi klalau misalkan gua salah sedikit aja system di event itu hancur semua. Jadi gua sama 2 temen gua yang ga terlalu bisa ngoding juga belajar,begadang mati-matian di sekre. Jadi waktu itu kita make cara ga sehat sih, jadi waktu itu nescafe beli 2 atau 3 gratis 1 gitu jadi kami bertiga itu karena kami takut minum kratingdeng gitu jadi kami beli necafe tapi jumlahnya itu gak kira-kira gitu. 3 hari itu kami beli 35 kotak dalam waktu 3 hari. Di habiskan semuanya dan deadline yang di targetin di minggu itu terkejar cuma pas waktu kuliah kaya orang setengah hidup gitu karena kita beli nescafe itu supaya kita itu gak tidur. Dari 3 orang yang hampir ga pernah ngoding sebelumnya dan gak ngerti bagaimana caranya bikin website kami di push untuk ngoding website yang dimana diliat sama 5000 lebih orang dan di pake  21 perusahaan termasuk 3 unicorn di Indonesia sekarang.

Gimana pendapat orang tua terhadap ka daniel menjadi ketua?

Awal-awal emang orang tua ga setuju, karena dulu gua sma biasalah lah langsung pulang, gak ikut organisasi tiba tiba pas masuk bncc ga pulang-pulang kadang pulangnya jam 2 atau jam 3. Tapi lama-lama udah mengerti apalagi dengan posisi gua sekarang.

 

Kira-kira sekarang ini lagi sibuk apa?

Kalau untuk sekarang sebenernya secara kuliah dibilang sibuk belum terlalu soalnya masih awal awal kuliah, paling sibuknya itu lebih ke bncc sendiri. Kaya lagi handle sebuah event, kemarin habis kelar ldk terus sekarang on the way itu kita lagi ngurusin event meet up sama event Microsoft nanti, event international Microsoft.

Kira-kira untuk event meet up dan Microsoft itu kapan?

Estimasinya itu, kalua meet up awal April tapi kalua Microsoft itu sebenernya Sekarang kita masih disscuss untuk tanggalnya itu kurang lebih setelah uts.

Itu kan 2 event yang berdekatan, bagaimana mempersiapkan kedua event tersebut?

Ini berlaku untuk semua, misalkan ada event dari bulan maret atau April kalua bisa dari januari awal proposal sudah dipersiapkan h-1 bulan atau lebih terus dimasukin jadi kalau ada revisi-revisi masih aman. Ibarat nya itu proposal sudah disiapkan, ide-ide udah ada.

Kira-kira lebih ribetan menangani event meet up atau Microsoft?

Kalau dibilang lebih ribet mana, kedua event tersebut agak sedikit berbeda. Yang satu kita handle tempatnya diluar binus dan targetnya dalah perusaan beda dengan microsft itu kan di auditorium terus tagetnya juga mayoritas binusian tapi kita juga buka untuk umum, secara target memang beda tetapi secara skala karena Microsoft diadakan di auditorium berarti eventnya itu international.

 

Tapi kepikiran gak kak kalau mau mengadakan event kompetisi lomba ngoding?

Kalau lomba tersebut sebenernya kami ada cuma masih on the way, tetapi untuk proposal nya itu estimasinya akhir mei atau juni, itu kita bakal adain hackathon dan ada 1 lomba lagi yang belum bisa kita publish.

 

Itu kan udah ada 4 event yang bakal di selenggarakan, nah gimana si kak supaya waktunya ga bentrok?

Dibilang bentrok si engga ya, kita dari zaman masih menjadi aktivis/pengurus memang selalu ada event tersebut, tapi di tahun ini kita agak berat sedikit karena kita tambahin event Microsoft yang dimana tahun kemarin belum ada tapi dalam secara beban sebenernya masih aman si, karena memang kita sudah susun timeline nya dari awal baru naik ke pengurusan, baru naik menjadi ketua itu timeline nya sudah tersusun jadi sudah di planning dari awal.

 

Harapan kedepannya untuk BNCC?

Sebenernya ini adalah harapan yang gua keep sampe sekarang tapi gua bakal buka disini.

Harapan gua sebenernya dalam masa kepemimpinan gua, gua mau melahirkan ketua tahun depan kedepannya itu yang bisa jadi lebih baik lagi. Kaya bncc tahun gua harus bisa melahirkan bncc yang lebih bagus lagi di tahun kedepannya. Motivasi utama gua adalah gua bakal bikin ketua terbaik yang pernah ada.

 

Nah, Blistener itu hasil wawancara Bvoice Radio bareng dengan Daniel Prawira selaku ketua Binus Computer Club. Gimana tertarik ga ? untuk join bncc lumayan loh mengembangkan minat, bakat dan mendapat pengalaman juga! Ohiya, buat lo yang penasaran lebih lanjut tentang bncc bisa cek instagram@bnccbinus dan websitenya bncc.net

Don’t forget to follow our social media for more information!

Instagram        : @bvoice_radio

Twitter            : @bvoiceradio

Line@             : @bvoiceradio