5 tips and trick agar IPK kamu tinggi

Salah satu pencapaian besar yang ingin diraih mahasiswa adalah meraih IPK tinggi. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) merupakan nilai hasil ujian tiap semesternya hingga sampai akhir semester saat wisuda nanti, para mahasiswa akan mendapat Indeks Prestasi Kumulatif (IPK).

Memang sih, meraih IPK gak gampang banyak hal yang harus diperjuangkan dan dikorbankan. Tapi, kalau lo jeli ternyata ada 5 hal sepele lho yang jika dilakukan bakalan memperbesar peluangmu meraih IPK tinggi.

 

  1. Harus Menguasai Kisi – kisiKalau lo gak sanggup menguasai seluruh materi peekuliahan, lo wajib banget nih menguasai kisi-kisi yang dikasih sama dosen lo. Kisi-kisi biasanya merupakan informasi penting tentang materi apa saja yang bakal dikeluarkan saat ujian sehingga lo bisa fokus pada kisi-kisi yang diberikan. 

    Kisi-kisi biasanya udah mencakup inti materi perkuliahan, dan kalau lo menguasai kisi-kisi nih, biasanya minimal 70% soal bisa lo jawab lho. IPK tinggi sebenarnya bukan hanya soal meraih nilai tinggi saja, tapi gimana selalu mempertahankan IP yang sudah bagus sehingga nilanya bisa stabil sampai akhir.

  2. Aktif bertanya kalau di kelasAktif bertanya juga hal sepele yang gak bisa lo anggap remeh lho. Dengan bertanya lo akan mendapat jawaban dan pastinya lo bakalan makin tahu. Apa yang lo tanyakan sendiri pada dosen juga pasti lebih bisa lo ingat dan pahami dibandingkan pertanyaan teman lo kepada dosen.Selain itu, lo juga bakalan lebih mudah nih dikenal oleh dosen kalau lo sering bertanya apalagi sering menjawab pertanyaan spontan yang dilontarkan oleh dosen. Jadi, jangan malu bertanya ya kalau ada pertanyaan di benak lo segera angkat tangan dan bertanyalah.
  3. Mengerti dengan presentasi penilaianNah, ini nih hal sepele pertama yang sering banget dilupain sama mahasiswa. Lo perlu paham dengan persentase penilaian supaya lo bisa menyusun strategi perkuliahan lo dengan baik. Presentase penilaian sendiri berbeda-beda tiap kampus ya walau hampir sama. Contohnya, ada kampus yang menerapkan nilai UAS 40%, UTS 30%, quiz dan tugas 20% serta absensi kehadiran 10%.

    Jadi, lo perhatiin deh mana persentase yang paling besar, itulah kesempatan lo meraih nilai tinggi. Setiap persentase itu penting tapi lebih penting lagi bagaimana memaksimalkannya. Usahakan untuk bisa mendapat nilai tinggi dari setiap komponen penilaian yang sudah ditentukan, kalaupun gak bisa usahakan lo mendapat nilai tinggi pada presentase paling besar. Jadi, kalaupun nilai UTS lo kurang bagus lo bisa memaksimalkannya pada nilai tugas dan UAS. Lebih efisien kan?

  4. Hindari Tipsen!

Rasanya bukan mahasiswa banget kalo belum nyobain yang namanya Tipsen. Tipsen seakan menjadi budaya disetiap kampus. Eh tapi hindarin deh tipsen kalau mau IPK tinggi. Absen sendiri masih berhubungan erat dengan presentase penilaian ya, meski gak semua kampus menerapkan hal yang sama. Yakin aja, kalaupun absen hanya mempengaruhi 10% saja pun mungkin aja bisa menyelamatkan nilai lo yang hampir jatuh. Nah, dengan jarang absen lo bisa menyerap pelajaran lebih baik dengan mendengar pemaparan materi langsung dari dosen.

Selain itu, lo bakalan selalu up to date mengenai info penting dalam perkuliahan lo yang sedikit banyak pasti bisa mempengaruhi IPK lo juga. Jadi, kalau gak ada urusan yang mendesak sebaiknya jangan sering absen ya atau buatlah surat izin jika memang lo benar-benar tidak bisa hadir dalam perkuliahan.

 

5. Banyak Baca Buku

Banyak membaca sebenarnya sudah menjadi rahasia umum yang banyak diketahui orang kalau mau pintar. Namun, faktanya masih banyak orang yang enggan melakukan aktivitas positif ini. Sebenarnya membaca bagi mahasiswa itu gak sekedar memahami text book ataupun catatan saja ya melainkan apapun informasi yang terkait dengan jurusan perkuliahan lo.

Selain baca buku tentang perkuliahan lo sendiri, baca buku apapun juga bakal menambah wawasan lo nih. Ohiya baca buku juga menambah perbendaharaan kosakata lo nih. Jadi kalo ujian ya bisa lah retorika sedikit.

Jadi, IPK tuh bukan segala-galanya tapi kalo bisa diperjuangkan ya bakal jadi kebangaan diri sendiri juga. Menurut lo gimana, apakah ada cara lain untuk dapet IPK tinggi?

Don’t forget to follow our social media for more information!

Instagram : @bvoice_radio

Twitter : @bvoiceradio

Facebook : Bvoice Radio

Line@ : @bvoiceradio

Writer: Elsiana Diah Fitaloka/ Reporter Bvoice Radio

Editor: Asrianty Azzahra /Reporter Bvoice Radio