Jadi Ketua HIMHI, Ngapain Aja Ya?

Halo, Blistener! Siapa dari lo yang aktif banget nih organisasi? Atau yang belum berpengalaman pengen tahu gimana sih kehidupan di dunia organisasi itu? BPioneer kali ini bakal ngobrol-ngobrol bareng ketua Himpunan Hubungan Internasional atau biasa dikenal dengan HIMHI. Yuk, kenal lebih lanjut!

B : BVoice Radio

D : Deeva

B : Halo, Kak Deeva, selamat siang. Sebelumnya terima kasih yaa kak karena mau meluangkan waktu nih buat kita ngobrol-ngobrol, biar semua Blistener tahu kakak nih, mungkin kakak bisa perkenalkan diri lebih dulu?

D : Haii, nama aku Deeva Alexia, Binusian 2024, dan saat ini aku menjabat sebagai Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional atau singkatnya HIMHI 👋🏼😊

B : Boleh tau nggak awal mula bisa ikut Himpunan di HI, gimana kak?

D : Awal mula aku ikut himpunan itu jujur karena penasaran pengen ngembangin diri dan nyari temen. Apalagi waktu SMA kan aku juga gak terlalu aktif lagi di organisasi, makanya pengen ningkatin keaktifan, cuma poin utamanya kemarin pengen nyari temen lebih sih, terutama di HI Binus, sekarang malah bisa dapet teman-teman HI di luar lingkup Binus.

B : Sebelumnya memang pernah punya pengalaman di organisasi kak?

D : Waktu itu sih pernah ada pengalaman organisasi, aku menjabat sebagai ketua divisi di OSIS SMP ku, masuk ke SMA, aku sempet milih untuk fokus ke akademis, cuma di Pramuka pas SMA ku ini ada semacam kepengurusan kecil-kecilan dan voluntary juga, jadi aku bantu-bantu di sana.

B : Kan sekarang sudah menjabat sebagai ketua Himpunan di HI, kenapa kakak akhirnya memutuskan untuk mencalonkan diri?

D : Kenapa akhirnya mencalonkan jadi ketua HIMHI ya? hehe malah pengennya satu periode aja waktu itu, cuma jadi aktivis, tapi memang rasanya sayang kalo gak lanjutin kan. Terus pas itu ketuaku sebelumnya sempat approach aku dan aku sadar juga, oh iya ada beberapa hal yang ingin aku rapikan, perbaiki, pertahanin dan kembangin ditambah dengan dorongan dari dia, teman-teman, orang tua akhirnya aku jadinya mencalonkan diri dari ketua HIMHI.

B : Seru juga ya kak, berarti pernah ada pengalaman sebelumnya di organisasi. Nah, sekarang kan Kaka udah tahu nih gimana rasanya menjabat sebagai ketua HIMHI, ceritain dong kak momen terberat apa yang pernah kakak alami selama menjabat?

D : Kalau momen terberat sih waktu itu mungkin lagi hectic program kerja ya, dari beberapa departemen di HIMHI lagi mau ada program kerja yang jarak waktunya berdekatan, jadi sempet burn out aja di situ, cuma tetep lanjut kerja kayak biasa.

B : Kalau ngomongin program kerja nih selama periode Kaka menjabat, ada proker terbaru yang kakak buat selama menjadi ketua?

D : Ada beberapa yang baru, Webinar Career Series, dan HI Get Job. Ini sih yang cukup baru dari segi konsep dan tujuan cuma bukan aku juga yang buat, teman-teman dari departemen Employability and Entrepreneurship HIMHI yang berkreasi dan buat ide program kerja ini. Beberapa yang lain ada program kerja yang namanya beda, cuma poin tujuannya sama dari sebelumnya, itu sih yg kami juga kembangkan.

B : Oh itu kegiatan program nya di jalanin via offline atau online kak? Kira-kira, gimana rasanya masa transisi dari online ke offline kaya sekarang ini?

D : Untuk sementara sih ada yang full online dan hybrid, kedepannya di proker bulan Desember dan Januari ini, kita berharap nanti udah full offline, jangan lupa bergabung ya teman-teman.

Kalau transisi, sempet “kagok” karena kan kita dari awal basenya online ya, semua yang kita dapat juga pengetahuan online, jadi kadang suka ada hal yang harus dipersiapkan lebih lagi supaya kegiatan offlinenya bisa lancar.

B : Dilihat dari program kerja kakak, cukup produktif banget dan pastinya menguras tenaga dan waktu ya kak. Nah, kan kakak juga sebagai mahasiswi aktif, cara kakak untuk bagi waktu antara kuliah dan organisasi gimana kak?

D : Puji Tuhan, cukup produktif hehe. Kalau bagi waktu ya, aku sih biasanya suka bikin list gitu, kayak list agenda apa aja yang harus dikerjakan, misal ada tugas atau forum ini, biasa aku tulisin sekaligus deadlinenya, supaya bisa tau mana yg bisa dicicil.

B : Biasanya kalo udah catet to do list, pernah ada yang ke-skip nggak kak?

D : Pernah sayangnya, biasanya ke skipnya kayak “oh iya ada ini nih” tapi ternyata lupa ngerjain forumnya, jadi kayak telat sehari, untung nggak pernah di assignment, cuma forum gslc aja.

B : Emang kadang resiko nya gitu kalau jadi mahasiswa aktif banget ya kak. Nah, kita udah bahas tentang pengalaman kakak nih, sekarang ceritain dong momen memorable selama menjabat apa kak?

D : Mungkin pas ada program kerja buka bersama di bulan April kemarin, beneran hampir semuanya bisa ngumpul gitu jadi seru dan bisa kenalan, tau muka mereka in real life gimana sama yg memorable juga aku jadi bisa kenal teman-teman HI dari kampus lain yang sampai sekarang bisa dibilang aku cukup nyaman dan seneng bisa ketemu, berteman sama mereka.

B : Akhirnya dari sekian lama selalu tatap muka by online terus pas offline gitu pasti asik ya kak kayak rindu tersampaikan gitu, kemarin agak ada rasa canggung nggak kak?

D : Surprisingly nggak ada, kayak melebur aja gitu, aktivis, pengurus, temen-teman angkatan B24 atau B25, senang-senang bareng, malah seru!!

B : Pesan buat anak HIMHI periode selanjutnya dan anak organisasi lainnya yg lagi menjalani kegiatan?

D : Mungkin untuk anak2 HIMHI periode selanjutnya, kalian keren banget, keep improving yourself, jangan pernah berhenti belajar dalam berorganisasi, pertahankan yang sudah dibangun himpunan kita, kayak relasi-relasi dan juga kembangkan program kerja agar semakin bermanfaat buat mahasiswa-mahasiswi. Sama juga untuk teman-teman organisasi lainnya dan anak-anak HIMHI juga hehe, kalian keren banget dan jangan berhenti menyerah dalam menjalani kegiatan organisasi, kalau capek, it’s okay to take a break, tapi tetap ingat tanggung jawab kalian, cuma rasa capek yg kalian rasain untuk kelancaran kegiatan ini pastinya akan berbuah banyak buat kemajuan dan perkembangan diri kalian sendiri kedepannya!! See you on top semuanya!

B : Wah, seru banget ya kak ngobrol terkait pengalaman kakak, semoga banyak yang terinspirasi ya kak! Mungkin pertanyaan tadi jadi last question dari obrolan kita kali ini, Terima kasih banyak, Kak Deeva.

D : Terima kasih juga BVoice Radio!

Nah, itu dia blistener obrolan bareng ketua Himpunan Hubungan Internasional Binus. Sangat inspiratif yaaa! Next, mau Bvoice Radio wawancara sosok siapa lagi ya?🤔

For more information, don’t forget to follow our social media
Instagram : @bvoice_radio
Twitter : @bvoiceradio
Facebook : Bvoice Radio
Line@ : @bvoiceradio

Penulis : Ima Fadilla Purnama / BVoice Radio
Editor : Syifaa Mufiidah / BVoice Radio

 

More Like This