ALFINTYO AUDI PRATOMO : HIMMCOMM Selain Pengalaman, ternyata Profesionalisme juga diperluin loh !

Blisteners! Kira – kira hal yang didapat dari Himmcomm selain pengalaman apa aja sih? Kali ini, Bvoice Radio berkesempatan ngobrol – ngobrol bareng ketua Himpunan Mahasiswa Masscomm dan Marcomm yang biasanya disebut HIMMCOMM. Dulunya Himpunan ini bernama HIMMARCOMM loh Blisteners. Penasaran kan? Yuk langsung aja scroll kebawah hasil wawancara Bvoice Radio dengan Ketua HIMMCOMM, Alfintyo Audi.

B : Bvoice Radio
A : Alfintyo Audi

B : Apa aja sih penyebab atau motivasi untuk kepengen jadi ketua Himmcomm ?
A : Sebenernya simple sih.. Karena mau ngoreksi diri sendiri, mau mencoba menjadi pemimpin, dan pastinya itu semua berguna untuk melatih diri sendiri yang lebih baik untuk kedepannya.
B : Apa manfaat dari mahasiswa Binus, khususnya mahasiswa jurusan Masscomm atau Marcomm yang mengikuti Himmcomm ?
A : kalo dibilang manfaat pada dasarnya kan mahasiswa binus butuh point SAT, di Himmcomm ini memfasilitasi khususnya mahasiswa Masscomm dan Marcomm buat dapetin point SAT agar gampang lulus, terus juga buat dapetin pengalaman organisasi yang digunakan untuk CV. Dan juga pastinya aku pengen kasih tau sebagai layaknya sebuah Himpunan, Himmcomm juga dijadikan sebagai tempat wadah aspirasi.
B : Sebagai ketua, menurut kamu tipe anggota yang kayak gimana yang bisa ngebantu jalannya Himmarcomm?
A : orang – orang pada dasarnya punya sifat yang berbeda – beda kan, yang penting di organisasi harus profesional dan ada kemauan untuk bekerja, terus juga bisa meluangkan waktunya. Dimana ya pastinya setiap organisasi mempunyai kesibukan tersendiri kan.. Dan di Himmcomm pun punya kesibukan masing – masing yang bakal ngesita waktu buat nongkrong hehe
B : kalau mau jadi anggota Himmcomm syaratnya apa aja sih ? Terus tahapannya apa aja ?
A : yang pasti mereka harus daftar dari awal sih pada saat Expo.. Mereka harus daftar untuk kerangkaian berikutnya, dan ada beberapa tahapan yang gabisa aku kasih tau. Untuk masuk Himmcomm yang penting aku mau anggota barunya menunjukkan keseriusan mereka disini.

B : Prestasi apa aja yang udah diraih oleh Himmcomm ?
A : banyak ya piala – piala dari anak Masscomm seperti piala dari lomba short movie, film festival.. Terus abis itu banyak juga yang ikut lomba debat. Dan yang pasti untuk masalah prestasi ini Himmcomm berkaloborasi dengan jurusan juga sebenernya.
B : Kesulitan apa aja yang udah kamu alamin selama menjadi ketua Himmcomm ?
A : Aku sebagai ketua pasti banyak banget mengalami kesulitan, yang pertama aku sebagai pemimpin harus memimpin lebih dari tiga ratusan atau ribuan mahasiswa Masscomm dan Marcomm, dan juga memimpin 22 pengurus ditahun ini. Jadi yang pasti adanya penyesuaian bagaimana untuk meng-handle anak – anaknya aja sih.. Karena tiap orang punya sifat yang berbeda – beda. Terus juga kesulitan lainnya dari pihak binusnya yang membuat aktivitas Himmcomm menjadi terhambat, dan juga aku harus bisa membagi waktu kuliah,keluarga dengan organisasi.
B : Pengalaman apa aja yang didapat dari Himmcomm ?
A : Udah banyak banget pengalaman yang aku dapat dari Himmcomm. Bisa dibilang kalo udah masuk kedalam dunia organisasi dapat pengalaman bagaimana menjadi seorang pemimpin, bersosialisasi sama orang banyak, menjadi penengah diantara egosentrisme orang – orang. Terus juga kalo pengalaman tambahannya yang pasti aku dapetin link secara luas, karena aku kan tidak cuma berhubungan dengan anak yang didalam binus, tapi pada saatnya berjalannya event di Himmcomm itu juga berhubungan dengan orang – orang luar.
B : Kegiatan apa aja yang ada di Himmcomm ?
A : kalau kegiatannya karena Himmcomm menerima aspirasi dari mahasiswa Marcomm dan Masscomm bakal banyak banget bikin event seperti seminar, talkshow yang dimana benefitnya itu buat temen – temen Marcomm Masscomm juga Binusian lainnya dimana nanti kalian dapat point SAT, abis itu mendapatkan ilmu tambahan yang tidak ada dikelas. Kemudian ada baksos juga, dan masih banyak lagi kegiatan lainnya.


B : Sebagai ketua, kamu ada project tersendiri gak buat berjalannya Himmcomm ?
A : Ada.. seperti proker aku selama setahun dan dimana setiap bulannya itu Himmcomm pasti pada proker yang berjalan. Tetapi diluar itu aku ada satu spesialis divisi untuk menanggulangi masalah prestasi anak – anak yang bernama Research dan Development dimana di divisi ini mereka dikhususkan untuk mencari lomba untuk anak Marcomm Masscom yang menunjang untuk prestasi mereka. Dan tahun ini aku ada project untuk mengespansi Himmcomm agar terkenal diberbagai kalangan mahasiswa komunikasi dikampus lainnya.
B : Ada gak contoh kegiatan yang dapat menyalurkan bakat atau aspirasi mahasiswa di himmcomm ?
A : sebenernya semua kegiatan yang ada di Himmcomm itu atas dasar menyalurkan bakat dan aspirasi dari mahasiswa Marcomm dan Masscomm, tapi ada satu lomba yang bakal Himmcomm diadain nanti yang berkolaborasi dengan jurusan. Kalau tahun lalu nama lombanya komik dimana disitu nantinya ada lomba debat, dan lomba festival film.

B : Bagaimana caranya kamu sebagai ketua dalam mengurus anggotanya agar tetap mau bekerja ?
A : Dari awal aku udah ngasih tau sama anggota yang lainnya kalau kita udah sama – sama naik menjadi pengurus.. Kita saling backup aja, walaupun nanti dimana disaat kita capek atau gimana tapi gapapa itu wajar didalam organisasi, yang penting kita tetap bertanggung jawab, dan hal itu udah aku tanamin dari awal kepengurusan bahkan sebelum mereka naik itu udah harus aku tanamin. Nah , dari situ nanti rasa mereka untuk bertanggung jawab akan muncul sendiri, walaupun mereka jenuh tapi mereka juga diujung – ujungnya tetap ingat pada tanggung jawabnya masing – masing.
B : Gimana caranya kamu menangani kekurangan yang ada di diri kamu selama menjadi ketua ?
A : yaitu dengan cara sekedar dari mengevaluasi sesama pengurus aja itu menurut aku udah cukup sih.. dimana nanti pada saat kepengurusan mengevaluasi aku sama anggota yang lainnya saling terbuka. Misalnya, seperti ada yang kesel sama aku, menurut mereka aku ada kekurangannya apa.. Jadi disitu kita semua menjadi berkaca diri. Selama kepengurusan aku pengen semua anggota yang ada didalam Himmcomm saling terbuka kalo misalkan mereka lagi ada masalah, tidak bisa hadir dalam rapat atau something mereka bisa cerita ke aku. Jadi kalau mereka akhirnya ada yang ngilang, setidaknya mereka bisa ngasih tau ke aku dengan alasan yang jelas.
B : Ada gak sih keluh kesah kamu selama menjadi ketua?
A : Kalau keluh kesah pasti ada, kayak menjadi luangin waktu lebih banyak buat organisasi,dan berkurang waktu main. Cuman keluh kesah yang ada di Himmcomm yang aku alamin itu penyesuaian dirinya sih yang agak susah.. Dan aku gabisa ceritain disini, tapi itu menjadi dampak efek yang besar bagi aku dari yang belom menjadi ketua sampai udah menjadi ketua.
B : Kesan pesan kamu selama menjadi ketua ?
A : kesannya banyak.. aku merasa Himmcomm itu cukup membantu aku dalam arti untuk aku berkaca diri, membantu aku sadar akan hal – hal yang kurang dari diri aku. Dan itu pengalaman yang gak pernah aku lupain seumur hidup aku. Maksudnya, kuliah itukan proses pendewasaan juga untuk menuju dunia kerja bahkan berumah tangga. Dan organisasi ini sangat membantu aku dalam berproses
B : Harapan kamu buat Himmcomm ?
A : Yang pastinya semoga setahun kedepan lancar, semua proker – prokernya bisa berjalan dengan baik, semoga bisa menjadi himpunan yang mewadahi semua segala aspirasi dari mahasiswa Marcomm dan Masscom.. Amin.

Nah itu dia Blisteners hasil wawancara Bvoice Radio dengan ketua HIMMCOMM, Alfintyo Audi. Gimana? Seru bangetkan jadi menambah wawasan Blisteners semua untuk berorganisasi. Kalau masih kepo dengan kegiatan HIMMCOMM bisa langsung follow instagram mereka di @himmcommbinus

( Writer : Innayah Mutiara P/ Bvoice Radio )
( Editor : Ilham Putra Supriadi / Bvoice Radio )