Explore diri lo! Jadi relawan untuk bangsa dan bisa bikin negara bangga kayak Alia, relawan dari Cakra Abhipraya Responsif!

Source: instagram.com/aliaazmr/

Hi Blistener! Gimana nih kabar lo? Semoga sehat selalu ya! Berhubung lagi di rumah aja karena PPKM. Pernah kepikiran nggak sih, di umur segini harusnya lo ngapain? Ada satu saran nih, coba daftarin diri lo jadi relawan! Di umur yang masih muda ini, lo bisa banget menyalurkan tenaga dan semangat muda lo untuk hal-hal positif. Salah satunya dengan menjadi relawan kayak si cantik yang satu ini nih, Blistener. Relawan muda yang sudah berhasil membantu saudara-saudara kita di beberapa daerah. Coba kita kepo-in aja yuk!

 

B: BVoice Radio

A: Alia

 

B: Halo kak, sebelumnya terimakasih ya udah mau ngobrol bareng BVoice Radio. Kenalin kak, aku Jasmine atau Reporter Staff di BVoice Radio. Kak Alia boleh perkenalan diri dulu kali yaa. Sama kasih tau sedikit dong sekarang kesibukannya apa kak?

A: Well hi!! Salam kenal ya! Makasih juga ya udah mau buat artikel tentang ini. Namaku Siti Alia Rahadiani, temen-temen ku usually call me Alia! Umurku 19 tahun. Sekarang ini, aku lagi sibuk kuliah sama lagi aktif di NGO @cakraabhipraya as a volunteer. Terus juga aku belakangan ini lagi sibuk untuk persiapan program bareng @globalyouth.amb

 

B: Wah masih aktif aja ya ternyata ditengah PPKM ini. Kalau boleh tau hal apa sih yang bikin kamu tertarik, sampai bisa bikin terjun ke dunia relawan ini kak?

A: Hal yang bikin aku tertarik terjun ke dunia relawan sampai akhirnya sekarang udah 1 tahun lebih ada di dunia relawan ini. Karena rasanya pas aku pertama kali terjun ke tempat pengabdian, banyak hal yang akhirnya aku sadar dan aku belajar. Salah satunya ketika aku di tempat pengabdian, aku sadar bahwa terkadang aku banyak buang-buang waktu untuk membandingkan diri aku dengan orang lain. Aku sadar bahwa selama ini aku terlalu sering mengeluh, minta sesuatu yang lebih secara terus-menerus dibandingkan mensyukuri apa yang sudah aku punya. Sesampainya di tempat pengabdian, aku sadar dan belajar untuk lebih bersyukur dengan hidup yang aku punya.

 

B: Seneng deh dengernya kak. Ternyata banyak banget pengalaman yang bisa diambil. Kalau boleh tau, dari tahun berapa dan diumur berapa sih kira-kira Kak Alia mulai bergerak di dunia relawan?

A: Aku mulai ikut relawan itu dari tahun 2019. Waktu umurku masih 17 tahun. Pertama kali waktu jadi relawan itu di panti jompo daerah Jakarta.

 

B: Wah keren banget, di umur 17 tahun udah berani terjun sebagai relawan. Nah kalau diumur yang sekarang, apa aja sih kesusahan selama menjadi relawan? Kalau ada, boleh diceritain sedikit?

A: Hmm, kesulitan ketika menjadi relawan. Aku jarang nemuin kesulitan sih. Karena gini, ketika aku dan tim relawan sudah berkumpul untuk melakukan suatu hal, kita biasanya saling melengkapi. Jadi kalau ada sesuatu yang aku nggak bisa, nanti diajarin sama temen relawan yang lain. Jadi ya, kaya gitu terus, saling belajar dan saling bantu.

 

B: Ooh gitu ya kak. Boleh diceritain sedikit nggak hal-hal apa yang paling berkesan selama kamu jadi relawan?

A: Hal yang paling berkesan… aku cerita sedikit ya. Waktu itu aku jadi relawan di Masamba, Sulawesi Selatan. Aku ditugaskan untuk fokus membantu trauma healing anak-anak di pengungsian. Pengabdian pertama di Masamba aku cuma 3 hari lalu pulang. Pertama kali dateng ke lokasi pengungsian itu, aku dan tim disambut baik dengan warga setempat. Hingga 3 hari kemudian, waktunya pulang dan pamit ke anak-anak di pengungsian. Hal paling berkesan itu ketika satu tenda semua nangis karna aku dan tim pamit pulang. Berkesan untukku karna hari dimana aku pamit, anak-anak pengungsian meluk aku dengan erat sambil bilang ‘Kakak jangan pulang, disini aja sama kami’ kerasa banget kalau anak-anak di pengungsian sayang banget sama tim relawan aku ini.

Source: instagram.com/aliaazmr/

Source: instagram.com/aliaazmr/

Source: instagram.com/aliaazmr/

B: Jujur, aku terharu banget dengernya kak. Pasti seneng banget rasanya kalau kita berhasil membantu orang lain. Tapi kak, kalau disuruh untuk bertugas di suatu daerah itu, kira-kira bisa berapa lama disana?

A: Untuk bertugas di lokasi pengabdian, biasanya lama atau enggaknya itu tergantung sama apa yang ingin kita lakukan. Tapi biasanya sih 2 minggu sampai 1 bulan.

 

B: Lumayan lama juga ya kak. Oiya, kalau hobi Kak Alia sendiri apa nih?

A: Hobi aku itu bisa dibilang suka banget travelling ke tempat yang masih jarang orang tau, baca buku, dan belajar hal baru. Contohnya terjun jadi relawan ini.

 

B: Seneng ya kak kalau bisa lakuin hobi sambil ngelakuin suatu kewajiban. Untuk pertanyaan terakhir nya kak. Boleh kasih sedikit pesan dari kamu untuk anak-anak generasi muda sekarang kak?

A: Pesan untuk generasi sekarang? Menurut pandangan aku, terkadang anak umuran ku itu masih banyak buang waktu untuk hal-hal yang bahkan bisa ngerugiin diri nya nanti. Padahal di luar sana, banyak banget hal yang lebih seru dan bakal bikin kalian banyak belajar. Cobain untuk turun langsung jadi relawan dan mengabdi di suatu daerah deh sekali-kali. Nantinya akan banyak hal yang kalian sadari dan belajar, juga perasaan-perasaan gembira yang nggak bisa digambarkan.

 

Nah, itu dia Blistener obrolan singkat tentang menjadi seorang relawan bareng Alia. Buat Blistener yang lagi baca dan tadinya pengen jadi relawan tapi ragu. Tunggu apalagi, eksplor jauh diri lo biar nggak nyesel nantinya. BTW, jaga kesehatan dan stay safe ya! Biar PPKM nggak diperpanjang jadi 6 minggu hihi. See ya!

 

Don’t forget to follow our social media for more information!

Instagram : @bvoice_radio

Twitter : @bvoiceradio

Youtube : Bvoice Radio

Facebook : BVoice Radio

Line@ : @bvoiceradio

 

(Writer: Jasmine Faiqah Dano / Reporter BVoice Radio)

(Editor: Cyntia Novianty / Reporter BVoice Radio)