Anti Kere di Akhir Bulan ala BVoice Radio

Blisteners, sebagai mahasiswa yang uang jajannya bulanan, pasti lo punya kesulitan untuk mengaturnya. Apalagi kalo lo tinggal di kosan. Kayaknya tuh, godaan ada aja dimana-mana. Alhasil, di akhir bulan lo cuma bisa makan nasi pake kecap. Pernah gaksih lo ngerasa gitu? Gamau kan ngerasain hal yang sama? Eits tenang aja, mending langsung simak aja yuk tips andalan Bvoice Radio di bawah ini!

1.      Tentuin pemasukan per bulan lo

Hitung gaji lo dalam sebulan, Blisteners

Tiap orang pastinya punya uang pegangan, kan? Lo juga pasti punya uang yang entah didapet dari penghasilan sendiri atau dari orang tua. Kalo pemasukan itu gak didapet sekali sebulan, lo harus itung jumlah pemasukan itu per bulan. Usahain jumlah pemasukannya tetap, ya.

2.      Buat budget pengeluaran

Pengeluaran lo nanti gak boleh melebihi budget, ya

Hal pertama yang wajib dan penting untuk dilakuin adalah bikin anggaran pengeluaran. Anggaran pengeluaran itu target jumlah pengeluaran maksimal lo. Cara buatnya gimana sih?
a. Kalo selama ini lo gak pernah catet pengeluaran, lo harus coba catet semua pengeluaran lo di satu bulan. Catet juga pengeluarannya buat apa, ya Blisteners.
b. Setelah lo catet semua pengeluaran itu, bagi pengeluarannya ke kategori-kategori. Misalnya, kategori makanan dan minuman, transpor, keperluan rumah, entertainment, dan lain-lain.
c. Nah, langsung bikin anggarannya deh. Bagi jumlah pemasukan bulanan lo ke dalam kategori-kategori pengeluaran bulanan lo. Jangan lupa, kasih anggaran ke tabungan dulu ya! Sesuain anggaran per kategori sesuai jumlah pengeluaran di kategori itu. Kira-kira juga ya, agak dilebihin supaya gampang dihitung dan gak out of budget.

3.      Pantau perkembangan budget itu sendiri dari waktu ke waktu

Blisteners juga bisa pantau budget pake diagram, lho

Liat jumlah pengeluaran lo dalam jangka waktu tertentu. Cek lagi, berapa banyak uang yang udah dikeluarin. Apa bentar lagi bakal lewat dari budget? Berapa banyak yang harus dikeluarin dalam seminggu, supaya gak lewat?

4.      Inget, kalo kartu kredit itu harus dipake dengan bijak

Kalo ngerasa belum bisa ngontrol diri sendiri, jangan pake kartu kredit

Banyak sih, barang yang cuma bisa dibayar kalo pakai kartu kredit. Atau lo emang gak punya cukup uang buat beli itu tanpa ngutang. Tapi kartu kredit juga bisa bikin lo terlilit utang terus, lho! Makanya kalo udah punya, pikirin baik-baik ya sebelum dipake. 😉

5.      Selalu bayar tagihan sebelum beli barang

Jangan sampe pas tagihan dateng, lo gak bisa bayar

Begitu lo dikasih uang, bayar tagihan dulu, ya. Tagihan yang dimaksud tuh kayak uang sewa, hutang, atau pajak. Pembayarannya juga harus dari yang paling gede jumlahnya.

6.      Kalo dapet uang tambahan, langsung masukin ke tabungan

Jangan tergiur buat belanjain bonus lo, Blisteners

Yang satu ini wajib banget dilakuin, Blisteners! Kadang-kadang kalo dapet uang lebih, pasti rasanya pengen langsung dibelanjain. Tapi kebiasaan itu jelek banget. Selain jadi boros, lo juga gak punya pegangan di masa-masa yang unexpected.

7.      Walaupun nyebelin, uang koin harus tetap disimpen

Walaupun kecil, kalau banyak kan berharga

Emang sih, uang koin tuh cuma bikin ribet. Tapi, biasain simpen koin-koin lo ke dalam suatu tempat. Kalo udah banyak kan lo bisa tukerin ke bank. Dan hasilnya pasti gak sia-sia kok. Kayak pepatah dulu, “sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit.”

Itu dia, Blisteners cara jitu buat ngatur keuangan! Gampang banget kan? Cepetan dicoba, ya. Kalo lo beneran niat, pasti lo gaakan makan nasi pake kecap lagi. Semoga bermanfaat! 🙂

 

Penulis: Jessica Ola

Editor: Regita Dewi S. W.

More Like This