Bincang Bocah bareng Bocah Indonesia

Halo, Blistener! Udah lama ya Bvoice nggak dateng liputan ke acara offline kaya gini. Nah, bulan lalu tepatnya di tanggal 20 Maret 2021, Bvoice mendatangi sebuah acara yang sangat meng-edukasi banget buat segala kalangan. Nggak cuma orang tua yang sudah menikah, tapi kalangan muda kaya gue pun bisa banget mendapatkan insight karena dateng ke acara Bincang Bocah bareng Bocah Indonesia.

Tapi sebenernya Bincang Bocah itu acara apa sih? Jadi Bincang Bocah itu sebuah acara seminar yang membahas hal-hal seputar kesuburan di kedua sisi, baik dari Ayah maupun Ibu. Bocah Indonesia adalah klinik khusus fertilitas yang memberikan solusi komprehensif untuk infertilitas terkait pria dan wanita. Memiliki visi menjadi pusat pelayanan fertilitas terkemuka dan senantiasa mengutamakan nilai pasien. Dengan misi yaitu menyelenggarakan pelayanan fertilitas dengan integritas absolut, bermutu tinggi dan komprehensif, yang didukung kesatuan sumber daya manusia terbaik.

Ruangan Lobby Bocah Indonesia

Buat lo yang agak bingung kok klinik fertilitas juga mikirin ayahnya ya? Ternyata, hasil dari sebuah penelitian nyatain kalau faktor terbesar terjadinya pembuahan itu berasal dari laki-laki, yaitu Sekitar 45% jumlahnya dibanding pembuahan. Ini dia beberapa gangguan yang menyebabkan Male Infertility yaitu:

 

  • Varikokel

30% penyebab infertilitas pria adalah varikokel, yaitu pembesaran pembuluh vena di daerah testis. Varikokel dapat menyebabkan penurunan produksi dan kualitas sperma yang dapat dievaluasi saat uji fertilitas dan pemeriksaan fisik.

  • Mesa

Ketika ditemukan sperma di epididimis, MESA (microsurgical epididymal sperm aspiration) merupakan cara pengambilan sperma yang paling dianjurkan. Sayatan kecil akan dilakukan di skrotum dengan bantuan bius lokal. Setelah suntikan pipet mikro secara cepat dan akurat dilakukan pada tubulus epididimal, sperma akan disedot melalui pipet. Karakteristik sperma kemudian dianalisis dibawah mikroskop dan luka sayatan ditutup.

  • Tese

Bagi pria dengan sperma yang sedikit atau tidak ditemukan sperma sama sekali di epididimis, sperma akan diambil langsung melalui testis. Pengambilan sperma dilakukan setelah dilakukan anastesi lokal, dengan sebagian kecil dari jaringan testis akan diambil secara mikro di bawah mikroskop operasi.

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa banget meng-edukasi lo dari acara Bincang Bocah bareng Bocah Indonesia. Kira-kira acara apalagi nih yang harus Bvoice datengin, Blistener? Langsung DM ke Instagram kita di @Bvoice_Radio atau mention ke twitter kita di @BvoiceRadio yaa.

 

Don’t forget to follow our social media for more information!

 

Instagram : @bvoice_radio

 

Twitter : @bvoiceradio

 

Facebook : BVoice Radio

 

Line@ : @bvoiceradio

 

(Writer: Muhammad Bima Utomo / Bvoice Radio)

(Editor: Alya Zahra  / Bvoice Radio)