Tips Anak Kos Kekinian

Buat lo mahasiswa-mahasiswa baru apalagi Binusian yang harus hidup sendiri di tempat perantauan tenang aja, karena bukan hanya lo, Blisteners yang kewalahan kalo jadi anak kos. Masih banyak generasi lain yang udah duluan ngejalanin suka dan dukanya hidup di perantauan dan harus terpisah dari keluarga dan ninggalin semua fasilitas yang ada di rumah. Eits, tapi jangan bersedih dulu! Sebelum lo ngekos lo harus tahu tips-tips terbaik dan terjitu gimana sih, cara hidup hemat ala anak kosan. Penasaran? Check it out!

Makan Enak

Pas akhir bulan emang enggak enak banget, ya kan? Makan aja harus ngirit karena budget juga semakin menipis. Tapi tenang aja, Blisteners. Lo masih bisa makan enak sekaligus dapet ilmu pengetahuan. Gimana caranya? Lo harus banyak dapet link untuk ikutin seminar-seminar tapi lo harus milih seminar yang free dan enggak jauh dari tempat kosan lo. Biasanya nih, lo bakal dapet snack pas coffe break dan kalo lo lagi beruntung, lo bisa dapet makan siang yang mengenyangkan dan membuat perutmu bahagia. Enak banget, kan? Dapet ilmu, makan gratis tanpa mengeluarkan uang:)

Say No to Laundry!

Tumpukan baju kotor lo semakin menggunung karena batas baju yang boleh dicuci dikosan dibatesin, tapi lo enggak mau uang bulanan semakin menipis hem, daripada lo nge-laundry, Blisteners mending lo nyuci sendiri. Tinggal beli detergen dan bisa lo pakai berkali-kali untuk cucian selanjutnya. Hemat, kan? Udah hemat banyak keuntungannya lagi.

Masak

Kenapa masak? biar hemat Blisteners, selain makanan yang lo buat bisa dijadiin bekal, skill memasak lo itu, juga bisa jadi bekal untuk masa depan lo, dan yang terpenting jangan jajan sembarangan ya, Blisteners. Karena kita enggak tahu apa aja bahan yang di pakai di makanan yang kita beli dan enggak tahu itu kotor apa enggak ya, kan? Salah satu trick juga nih, Blisteners. Bangun siang aja biar uangnya makin hemat karena makannya jadi cuma dua kali, deh hehe…

Stop Global Warming

Dengan mematikan listrik supaya hemat, lo juga bisa memangkas pengeluaran lo untuk membeli token listrik apalagi irit listrik itu ramah lingkungan Blisteners! mending lo hemat kan daripada tiba-tiba mati lampu malem-malem karena token listriknya habis? Mager banget kan belinya….

Me-time

Anak kosan tuh emang sering banget bosen apalagi pas lagi di kosan dan enggak tahu apa yang mau dikerjain. Daripada lo melakukan hal-hal yang enggak berguna, mending lo melakukan hal-hal yang membuat lo seneng, banyak banget tau hal yang bisa lo lakuin seperti melakukan hobi lo, entah itu bermain piano, merajut, menonton drama korea, atau melakukan to-do list yang udah lama banget enggak kesentuh sama lo, mungkin aja dari me-time yang lo sering lakuin bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat seperti menambah uang jajan yang sering habis enggak tahu dikemanain.

Main bareng

Jangan ragu untuk mengajak teman-teman lo yang ngekos juga untuk melakukan hal seru bareng! Hal ini bisa mengurangi tingkat kestressan di hidup lo, Blisteners. Lo bisa ajakin dia untuk melakukan hal-hal yang lo suka dan sebaliknya. Mulai dari hangout bareng, merealisasikan ide-ide gila antara lo dan teman lo Blisteners, yang mungkin bisa jadi peluang usaha kedepannya, atau melakukan hal gokil lainnya yang membuat hidup lo enjoy dan semakin berwarna!

Sebenarnya sih masih banyak, Blisteners apa aja tips-tips terbaik dan terjitu buat anak kosan tapi, lambat laun lo bakal menemukan tips-tips terbaik dan terjitu itu sendiri, mungkin lo bakal menemukan tips-tips yang orang lain bahkan enggak menyadarinya sama sekali. So, selamat bersenang-senang dengan kehidupan lo yang sekarang Blisteners! Have a nice day 🙂

( Writer : Intan Fatona / BVoice Radio )