Cara Mengatur Waktu Buat Lo yang Kuliah Sambil Kerja!

Dunia perkuliahan kadang membuat kantong mahasiswa hampir jebol nih Blistener, terutama yang harus merantau. Maka itu, gak jarang mahasiswa yang terpaksa mengambil kerja sampingan atau yang biasa disebut Part-Timeuntuk menambah pemasukan di dompet. Untuk kerja yang diambil termasuk beragam loh, bisa di coffeeshop, restaurant atau menjadi volunteer di event-event tertentu. Tetapi banyak juga mahasiswa yang nggak tau tips atau strategi untuk mengatur waktu antara kuliah dan kerja. Nah, daripada kuliah dan kerja lo keteteran mending lo simak tips mengatur waktu antara kuliah dan kerja ala BVoice Radio agar kemampuan lo mengatur waktu sekaligus mengukur tenaga bisa menjadi nilai plus lo saat lulus dan melamar pekerjaan nanti.

  1. Kenali batasan diri lo!

Setiap manusia mempunyai semangat hidup yang berbeda-beda. Mumpung masih muda, lo harus bersemangat untuk mencari kerjaan dan pengalaman yang banyak agar saat lo lulus kuliah bisa mendapatkan pekerjaan yang layak sesuai dengan pengalaman lo.

Tetapi, jangan pernah lupa untuk mengenali batasan diri lo sendiri. Membagi waktu antara kuliah dan kerja pasti butuh konsentrasi yang tinggi. Kalau lo kelelahan, lo akan cenderung buat kesalahan-kesalahan baik dari yang kecil maupun besar.

Buatlah diri lo fokus pada pekerjaan yang tidak terlalu memakan waktu, bisa diatur sesuai jam kuliah dan pastinya jam beristirahat lo. Bahkan, lebih bagus jika lo mengambil kerja sampingan sesuai dengan jurusan kuliah.

  1. Mengelola waktu dan memprioritaskan hal penting

Dengan lo membagi waktu antara kuliah dan kerja, maka banyak hal yang harus lo korbankan. Contohnya mengurangi waktu lo bermain dengan teman-teman lo.

Catat dan ingatlah setiap jadwal penting yang harus lo tepati. Termasuk juga dengan tugas-tugas kuliah atau pekerjaan yang deadline-nya paling dekat. Hindari menunda-nunda dalam menyelesaikan pekerjaan, karena waktu lo akan terkuras banyak oleh kuliah sambil kerja.

  1. Kuliah adalah prioritas!

Seorang mahasiswa kadang melupakan jati dirinya sebagai mahasiswa, contoh ketika lo ditawarkan internship dengan gaji yang lumayan besar, dengan hal itu membuat lo semakin malas kuliah bahkan mengabaikan kuliah.

Lo harus ingat bahwa menyelesaikan kuliah adalah hal yang paling utama, jika lulus dengan nilai bagus dan mendapatkan gelar, kesempatan lo di lapangan kerja semakin lebar. Apalagi dunia persaingan kerja semakin ketat, jangan sampai lo berhenti kuliah hanya karena tergoda oleh gaji yang ditawarkan.

  1. Kemampuan Adaptasi

Sebagai makhluk sosial, manusia ditunjuk untuk mempunyai kemampuan beradaptasi dalam situasi apapun. Ada waktunya lo dihadapkan dengan  situasi yang kurang enak, seperti pergantian jadwal kuliah, meeting di tempat kerja dan lain sebagainya. Diperlukan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan dan bersifat fleksibel. Jika lo berada dalam situasi tersebut, yang lo lakuin adalah menyusun ulang rencana kerja atau kuliah di hari tersebut.

  1. Ambil satu hari libur dalam seminggu

Apapun yang terjadi, usahakan buat lo libur dan beristirahat satu hari dalam seminggu. Jangan mengorbankan hari istirahat lo, karena lo tetep manusia biasa yang butuh istirahat dengan cukup, dan melakukan me time ataupun family timebareng keluarga lo dirumah!

Nah, itu dia beberapa tips dan strategi biar lo bisa bagi waktu antara kuliah dan kerja supaya lo nggak bingung dan kawalahan lagi nantinya. Dan inget jangan pernah takut untuk mencoba hal baru di hidup lo!

Jangan lupa buat ikutin info-info terbaru BVoice Radio di:

Instagram: @bvoice_radio

Twitter      : @bvoiceradio

Line@        : @bvoiceradio

(Writer       : Dhiva Nur Renza / Reporter BVoice Radio)

(Editor        : Nur Fauziah / Reporter BVoice Radio       )