Yuk, Kenalan Lebih Dekat dengan Ketua Binus TV Club!

Unit Kegiatan Mahasiswa merupakan wadah untuk mahasiswa di luar kelas untuk mengembangkan minat, bakat dan keahlian tertentu. Nah, Bina Nusantara University ini punya banyak UKM loh salah satunya yang berbasis media massa, nggak cuma UKM Radio, Binus juga punya UKM TV juga, yap Binus TV Club pastinya! Kali ini Bvoice Radio berkesempatan ngobrol bareng ketua Binus TV Club, kepo sama kegiatan apa aja sih yang ada di Binus TV Club? Atau penasaran apa sih bedanya Binus TV Club dan Binus TV? Tenang aja, Blisteners! Reporter kita Dyta (D) berkesempatan ngobrol langsung dengan ketua Binus TV Club Anastasia A. Dewi (A) Daripada makin penasaran, simak lebih lanjut yuk!

D: Halo Anas! Apa kabar? Lagi sibuk apa nih sekarang?

A: Halo kabar baik, sekarang lagi sibuk ngurusin Binus TV Club aja nih, mulai dari ajuin proposal, internal gathering, dan event-event lainnya.

 

D: Perasaan kamu waktu pertama kali tau jadi ketua, gimana?

A: Perasaan aku sih kaget dan takut ya, nggak ada perasaan seneng sama sekali. Bukannya aku nggak mau tanggung jawab atau apa, tapi aku merasa jadi ketua tuh tanggung jawabnya gede banget, dan juga aku tuh orangnya nggak pede ngomong di depan banyak orang, tapi sekarang lagi mulai belajar juga.

Anas dan Kepengurusan 2019

 

D: Siapa yang menginspirasi  kamu untuk jadi ketua?

A: Aku ngefans banget sih dari dulu, sama Maudy Ayunda! Dari aku SMP haha, Mungkin dia public figure yang menginspirasi aku!

 

D: Wah berarti secara nggak langsung dengan terpilihnya kamu jadi ketua, ada perubahan-perubahan baru dong, di diri kamu sendiri? Apa aja?

A: Iya ada banget, ya.. jadi lebih pede ngomong depan umum, terus juga sekarang udah nggak bisa masa bodo dengan segala situasi. Sekarang tuh, lebih bisa liat situasi dan cari solusinya. Nggak bodo amat, kayak dulu. Terus juga jadi lebih bisa mengkoordinasi orang-orang gitu dan belajar bekerja sama dengan banyak orang dengan kepribadiannya yang bermacam-macam.

Sertijab 2019

 

D: Sejauh ini ada kesulitan apa aja selama menjabat? Dan cara kamu menghadapi kesulitan tersebut gimana?

A: Kesulitan mah pasti ada dalam setiap berorganisasi, apa lagi ini pengalaman pertama aku menjabat menjadi ketua organisasi, tapi tergantung kita menyikapinya gimana. Sejauh ini kalau kesulitan sih lebih kayak approval proposal sih, nah cara aku menghadapinya sih sering-sering konsultasi dengan ketua sebelumnya dan alumni-alumni kalau dapet masalah kaya gini tuh gimana, siapa tau kan sama masalahnya, tapi kalau memang nggak dapet solusinya, ya, berani ambil tindakan aja, tapi juga mesti tau resikonya.

 

D: Apa sih perbedaan dari Binus TV dan Binus TV Club itu sendiri?

A: Jadi perbedaan Binus TV dan Binus TV Club adalah kalau Binus TV Club itu organisasi kemahasiswaan dibawah Binus TV, sedangkan Binus TV itu dibawahi oleh Binus yang kegiatan sehari-harinya seperti televisi pada umumnya; on air, ada ruang MCR (Master Control Room), ada karyawannya juga yang ditugaskan langsung oleh Binus. Sedangkan Binus TV Club itu sendiri merupakan organisasi pada umumnya, seperti organisasi-organisasi lain di Binus, tapi kalau Binus TV Club berbasis broadcast dan biasanya lebih ngejalananin organisasinya kayak open recruitment, event seminar, lomba, dan lain-lain.

 

D: Gimana cara menghadapi orang yang sifatnya sangat berlawanan sama kamu agar bisa diajak kerjasama dan satu pemikiran?

A: Orang yang beda pemikiran mah pasti ada banget, cara aku menghadapinya itu pastinya sabar, dan omongin ke dianya, pemikiran kita kayak gini dan kita tanya ke dia pemikirannya gimana,  Nah dari situ, tinggal cari jalan tengahnya.

Sertijab 2019

 

D: Harapan kamu untuk Binus TV Club ke depannya?

A: Harapan aku untuk Binus TV Club ke depannya sih, lebih baik lagi dari tahun sebelumnya, event semua berjalan lancar, aktivis satu sama lain bisa kerja sama dengan baik juga. Yang pengen diwujudin di periode ini sih, event lomba yang bisa bawa nama Binus TV Club naik, baik di internal maupun eksternal, dan keaktifan aktivisnya sih, dalam organisasi, lebih pengen bangun teamworknya biar karya yang dihasilin juga bagus kalau kerja team.

 

B: Ada saran nggak untuk orang-orang di luar sana yang sebenernya ingin mencoba untuk memimpin tapi belum ada keberanian?

A: Saran aku, jangan takut buat coba hal baru, karena dari hal baru tersebut, kita bisa belajar banyak hal dari yang kita nggak tau sampe kita jadinya tau. Terus juga kalau mau coba jadi pemimpin, cari tau, kira-kira siapa sih yang jadi panutan kalian, biar kalian bisa jadiin mereka contoh untuk kalian bisa berhasil.

 

Nah itu dia obrolan langsung bersama Anastasia A. Dewi, selaku ketua Binus TV Club. Blistener jadi pengen nggak nih masuk ke dunia broadcast? Lumayan loh buat ngembangin soft skill dan nambah relasi kerja nanti! Dan buat lo yang penasaran sama Binus TV Club bisa banget nih follow instagramnya @binustvclub  atau yang mau kenalan langsung sama Anas juga bisa di follow Instagramnya @anastasyaadewi

Don’t forget to follow our social media for more information!

Instagram        : @bvoice_radio

Twitter            : @bvoiceradio

Facebook         : BVoice Radio

Line@             : @bvoiceradio

iOs& App Store: BVoice Radio

(Writer: Sandyta Putri Prihadno / Bvoice Radio)

(Editor: Shakila Gita / Bvoice Radio)