Kata Marsha Soal Persiapan HIMPSIKO Sambut Mahasiswa Baru

Nggak kerasa udah masuk tahun ajaran baru aja ya, Blistener. Mungkin karena online kaliya, jadi rasanya cepet banget. Kalau ditanya, tahun ajaran baru identik sama apa, lo jawabnya apa? Kalo gue sih bakal jawab identik sama muka-muka baru yang muncul di koridor kampus, alias muka adik-adik gemes yang baru aja lulus SMA, alias mahasiswa baru kampus Bina Nusantara, hahaha.

Ngomongin soal mahasiswa baru, belakangan ini Binus lagi hectic banget perihal Expo, yang biasanya diadain offline di kampus dan sekarang terpaksa online dari rumah masing-masing. Semua pengurus UKM dan HMJ juga lagi sibuk-sibuknya jalanin Expo dan nyambut maba untuk gabung dan tau lebih dalam tentang organisasi mereka. Nah, kali ini, Bvoice Radio berkesempatan untuk interview dan ngobrol langsung bareng Ketua Himpunan Mahasiswa Psikologi Bina Nusantara. Buat yang nggak mau ketinggalan obrolan seru gue barengan sama Marsha, yuk langsung aja di scroll down ya!

B         : Bvoice Radio

M        : Marsha

B         : Halo Marsha, apa kabar? Hehe minta waktunya sebentar yaa untuk ngobrol-ngobrol. Oiya, boleh mungkin Marsha mau perkenalan dulu ke Blistener.

M        : Okay, aku Marsha Alya Chairunnisa, bisa dipanggil Marsha, atau biasanya temen-temen juga panggil aku Aca. Aku psikologi 22 dan sekarang menjabat sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Psikologi Bina Nusantara.

B         : Boleh dong Marsha ceritain sedikit tentang awal mula bisa jadi Ketua HIMPSIKO?

M        : Awal mulanya itu aku gabung dulu nih jadi aktivis HIMPSIKO di pertengahan kuliah semester 2, trus karena mungkin aku aktif dan keliatan ada potensi untuk menjabat, akhirnya aku dicalonkan dan sekarang menjabat sebagai Ketua HIMPSIKO.

B         : Wah keren banget. Oiya, sekarang HIMPSIKO lagi sibuk apa nih?

M        : Sebenernya proker HIMPSIKO tuh banyak banget sih, cuman kalo sekarang lagi fokus ke 4 proker, ada Psymatch, Psycare, Psyon, sama Psypre.

B         : Waduh banyak juga ya, tapi Marsha, dengan adanya pandemic ini kan berarti mau nggak mau semua acara harus online nih, menurut kamu sistem online kayak sekarang tuh gimana? Ada kesulitan gitu nggak?

M        : Kalo aku ngerasanya lebih ke challenging sih ya, karena kan sebelum pandemic ini acara-acara kita tuh udah terkonsep gitu, udah tau pembagian tugas dan semua-muanya, tapi karena situasi sekarang ini, mau nggak mau konsep harus berubah total dan pastinya jadi tantangan banget sih buat kita. Untungnya aktivis disini sangat agile, kerasa banget walaupun situasinya lumayan ribet, tapi mereka cukup tanggap dan cepet ngelakuin perubahan.

B         : Iya bener banget, pastinya banyak ya rencana yang harus kita ubah lagi dari awal. Tapi aku penasaran sih, apa yang menurut kamu penting buat ningkatin semangat temen-temen yang lain biar pada nggak suntuk nih kerja online gini, coba dong ada tips nggak dari kamu yang bisa di share ke kita?

M        : Apaya.. yang paling penting itu sebenernya komunikasi. Jangan sampe putus tuh komunikasi antar pengurus. HIMPSIKO suka ngatasinnya dengan rapat dan bertukar pikiran bareng-bareng, yang bisa ketemu, ketemu, kalo nggak bisa ya via zoom aja. Hal yang dibahas pun nggak melulu soal kerjaan, jadi santai aja kayak ngobrol-ngobrol biasa biar nggak stress.

B         : Nah iya nih komunikasi emang penting banget! Anyway, aku kan jurusan psikologi juga nih, dulu pas masih maba aku ikut acara yang dibuat sama HIMPSIKO tuh, welcoming maba gitu kan ya, itu tahun ini tetep ada kah? Kalau ada persiapannya apa aja sih kalo online gini?

M         : Oh iya namanya Psychology Welcoming Psytroopers (PWP), jadi itu salah satu proker HIMPSIKO yang dibuat untuk menyambut mahasiswa baru jurusan psikologi. Tahun ini kita adain online. Persiapannya mulai dari perlengkapan zoom nya itu sendiri, kita belajar dulu gimana cara mengoperasikan aplikasi zoom dengan benar biar nantinya nggak ada kesalahan lagi, trus juga kita bikin form buat isi data maba. Selain itu kita juga bikin merchandise untuk maba dan nantinya bakal dikirim ke rumah masing-masing. Isinya itu ada invitation card yang bisa mereka gunain saat mengikuti acara PWP yang udah kita buat.

B         : Lumayan juga ya persiapannya, harus bener-bener paham deh tuh aplikasi-aplikasi kayak gitu, karena nggak ada pilihan lain kan sekarang serba online, mau ketemu juga nggak memungkinkan. Yaa.. semoga aja deh cepet kelar ya pandemic ini. Sebelum aku akhiri, ada pertanyaan terakhir nih buat Marsha, kira-kira apa harapan kamu kedepannya untuk HIMPSIKO dan juga Psytroopers?

M        : Kalau untuk HIMPSIKO, aku harap bisa mencapai visi yang udah ditetapin, yaitu bisa dikenal oleh Himpunan Mahasiswa Psikologi di kampus-kampus lainnya, dan pastinya juga pengen bisa menetapkan visi-visi barunya. Untuk Psytroopers sendiri, aku harap bisa seneng gabung di Jurusan Psikologi ini, trus semoga HIMPSIKO bisa jadi tempat yang nyaman untuk Psytroopers sharing aspirasi mereka dan jadi fasilitator yang baik buat mereka.

B         : Aamiin.. semoga semua harapan Marsha dan temen-temen HIMPSIKO lainnya bisa segera terwujud. Sukses yaa untuk HIMPSIKO! Sukses juga Marsha, seneng dan makasih banyak udah luangin waktu untuk ngobrol-ngobrol bareng Bvoice. Sampai ketemu lagi!

M        : Iyaa sama-sama, sukses juga Bvoice!

 

Blistener! Itu tadi obrolan seru gue seputar kegiatan HIMPSIKO di masa pandemic dan juga persiapan mereka buat nyambut mahasiswa baru yang gemes-gemes barengan sama Marsha, Ketua HIMPSIKO yang cantik dan super keren ini! Gimana? Seru kan? Buat lo yang mau tau lebih lanjut seputar kegiatan HIMPSIKO, boleh banget di kepoin instagramnya @himpsikobinus, dan buat lo yang nggak mau ketinggalan artikel-artikel seru lainnya juga bisa langsung klik aja di menu artikel ya, Blistener! Have a nice day!

For more information, don’t forget to follow our social media

Instagram        : @bvoice_radio

Twitter             : @bvoiceradio

Facebook         : Bvoice Radio

Line@              : @bvoiceradio

 

(Writer             : Keizia Dinda Vania / Bvoice Radio )

(Editor              : Sandyta Putri Prihadno / Bvoice Radio )