KESATUAN ARCHIPELAGO DALAM RANGKAIAN ACARA U-FEST MMXVI

U-FEST MMXVI akan diadakan dari tanggal 13 September hingga 7 Oktober 2016, yang terdiri dari 3 rangkaian acara, yaitu Ulympic, U-Care, dan Arture

Gading Serpong, 11 September 2016 – Memasuki pertengahan bulan September, U-FEST MMXVI atau UMN Festival 2016 semakin mendekati tanggal pelaksanaannya yang akan diawali dengan event Ulympic pada 13 September 2016. Acara ini merupakan acara tahunan yang diadakan di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yang melibatkan Komunitas, Unit Kegiatan Mahasiswa (UMN), dan Himpunan Mahasiswa Jurusan/ Fakultas (HMJ/F) di kampus tersebut. Tahun 2016 merupakan tahun kedua diadakannya acara ini. U-FEST MMXVI terdiri dari 3 rangkaian acara dalam 3 bidang, yakni Ulympic (olahraga), U-Care (sosial), dan Arture (kolaborasi teatrikal seni budaya) yang diadakan bulan September – Oktober 2016 yang disatukan dalam tema “Archipelago”. Tema ini merujuk pada negara Indonesia yang terdiri dari berbagai pulau (archipelago) dan disatukan oleh lautan yang turut menghubungkan Indonesia dengan dunia global. Hal tersebut juga nampak pada semangat yang dibawa Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yakni kesatuan bangsa yang heterogen namun tetap mendunia melalui teknologinya. Itulah yang memberikan semangat bagi UMN Festival MMXVI dalam menyatukan berbagai program studi melalui himpunan dengan adanya Ulympic; semakin mencintai alam tempat kita berpijak melalui U-Care; dan tak lupa, turut berkaryaseni dalam kolaborasi dengan kebudayaan global.

Ulympic, U-Care, dan Arture sebagai Kesatuan Archipelago U-FEST MMXVI

Rangkaian event U-FEST MMXVI akan diawali dengan Ulympic yang akan dilaksanakan pada 13 September hingga 3 Oktober 2016. Ulympic merupakan rangkaian acara pertama yang mempertandingkan 5 cabang olahraga, yang terdiri dari basket, futsal, voli, pingpong, dan badminton. Acara yang dilaksanakan di Universitas Multimedia Nusantara ini akan melibatkan 7 himpunan dari setiap fakultas (Ilmu Komunikasi, Desain Komunikasi Visual, Manajemen, Akuntansi, Sistem Komputer, Sistem Informasi, dan Teknik Informatika) yang akan mengirimkan masing-masing perwakilan timnya untuk bertanding satu sama lain. Melalui acara ini, diharapkan dapat terbentuk jiwa kompetitif dan sportifitas serta kekompakann antarmahasiswa.

Acara kedua yang dilaksanakan dalam rangkaian U-FEST MMXVI adalah U-Care yang akan dilaksanakan pada 1 Oktober 2016. Memiliki tema yang berbeda setiap tahunnya, tahun ini U-Care lebih berfokus pada isu lingkungan dan mengusung tema alam. Melalui kegiatan sosial dan pengabdiannya, U-Care bertujuan menanam kembali lahan yang gundul dalam rangka penghijauan kembali. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dari tiap individu untuk menjadi peka dalam menjaga kelestarian lingkungannya demi masa depan yang lebih baik. Untuk mendukung pelaksanaannya, acara ini juga bekerja sama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Rencang, yang juga merupakan UKM Sosial. Selain itu, mahasiswa juga dapat berpartisipasi dengan mendaftar untuk menjadi volunteer dalam acara sosial ini.

Setelah melalui kedua rangkaian acara sebelumnya, Arture menjadi acara terakhir sekaligus puncak acara dari seluruh rangkaian U-FEST MMXVI yang telah diselenggarakan. Acara ini akan menampilkan kolaborasi teatrikal seni dan budaya yang melibatkan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Komunitas seni budaya dan olahraga, seperti Ultima Sonora (Choir Group), J-Cafe (Jepang), Capoeira (Brazil), Taekwondo, Tracce (Traditional Music and Dance), Teater KataK, Qorie (Korea), Obscura (Photography), Street Dance, USF (Ultimate Stunt Fighters), Mufomic (Music), dan Akhsavani (Orchestra Group). Dengan mengambil konsep kolaborasi drama teatrikal, acara ini tidak hanya berupa penampilan seni dan budaya, tetapi ditampilkan dengan alur cerita yang menarik dan bermakna. Puncak acara U-FEST MMXVI ini akan diadakan pada 7 Oktober 2016 di Graha Bhakti Budaya (GBB), Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

“Untuk persiapan U-FEST MMXVI sendiri sudah mencapai kurang lebih 70%, dan kita akan start UMN Festival 2016 ini di tanggal 13 September 2016 yang diawali dengan opening UMN Festival 2016 di kantin UMN. Lalu, diikuti dengan dimulainya pertandingan Ulympic. Dan untuk persiapannya sendiri, Ulympic sudah benar-benar siap dan tahun ini pesertanya lebih banyak dibandingkan tahun lalu. Selain itu, U-Care juga masih dalam tahap riset sekaligus perizinan lokasi untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat. Untuk Arture sendiri sudah melakukan berbagai latihan bersama dengan UKM dan komunitas dan di minggu-minggu ke depan akan melaksanakan pentas percobaan,” ujar Felisitas Ririen, Ketua Umum U-FEST MMXVI, ketika ditanya mengenai sejauh mana persiapan U-FEST MMXVI.

Selain itu, Ririen juga menjelaskan apa yang menarik dari U-FEST MMXVI, “Nah, yang menarik dari U-FEST tahun ini adalah peserta yang lebih banyak dari Ulympic, acara-acara yang disusun untuk U-Care juga lebih menarik, dan Arture sebagai closing dan puncak acara U-FEST MMXVI juga turut mengajak lebih banyak lagi UKM-UKM olahraga untuk ikut serta dalam panggung Arture 2016. Jadi, saksikanlah rangkaian U-FEST MMXVI mulai dari 13 September – 7 Oktober 2016. Terima kasih. Salam U-FEST !”

Untuk informasi silahkan hubungi:

Kristina Ratriyani

PR UMN Festival 2016

Email: kristina.ratriyani@gmail.com

W: 089655334462

More Like This