Film Para Tokoh Bangsa: Berbagai Aspek Untuk Indonesia Merdeka

Hai Blistener! Enggak kerasa bentar lagi kita bakal ngerayain Hari Kemerdekaan Indonesia ya, cuman kayaknya di situasi physical distancing gini bakal enggak ada lomba-lomba seru deh. Padahal  lomba-lomba kayak tarik tambang, panjat pinang, balap karung, dll adalah momen yang special buat memperingati Hari Kemerdekaan. Tapi tenang dulu, karena banyak cara juga kok untuk mengisi kegiatan di tanggal 17 Agustus nanti dan salah satu solusi untuk menambah vibe di Hari Kemerdekaan Indonesia adalah dengan nonton film. Siapa tahu rasa nasionalisme lo bakal bertambah setelah nonton film-film tentang kemerdekaan dan pastinya beberapa film ini masih relevan banget sama keseharian kita ya, Blistener. Nah daripada kelamaan, berikut adalah lima film tentang Aspek Tokoh Bangsa dalam Kemerdekaan Indonesia.

 

Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)

Film ini mengisahkan awal perjalanan hidup dari Ir. Soekarno sampai di masa perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Di dalam film Soekarno: Indonesia Merdeka, lo juga bisa melihat beberapa pidato Bung Karno yang penuh wibawa dan karismatik, kehidupan pribadi Soekarno juga ditampilkan dengan sangat baik oleh Hanung Bramantyo selaku sutradara dari film ini. Sebagai Presiden pertama NKRI, Bung Karno adalah salah satu tokoh yang memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat dan selalu berusaha untuk dapat merangkul seluruh hati rakyat Indonesia. Di jaman sekarang, aspek leadership sangat diperlukan dan Bung Karno adalah contoh pemimpin yang relevan buat kita semua ya, Blistener.

imdb.com

 

Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

Kalau tadi udah bahas persona dari Bung Karno, sekarang giliran gurunya beliau, yup bener banget dia adalah HOS Tjokroaminoto. Film Guru Bangsa: Tjokroaminoto yang disutradarai oleh Garin Nugroho ini mengisahkan perjuangan HOS Tjokroaminoto dalam melawan penjajahan, juga perjuangan beliau untuk mempunyai bangsa yang bermartabat, terdidik, dan sejahtera bagi masyarakat Indonesia dikala itu. Tjokro membangun sebuah organisasi yang bernama Sarekat Islam yang bertujuan untuk menyamakan hak dan martabat masyarakat bumiputera dan ini merupakan awal perjuangan Tjokro yang semakin berkembang. HOS Tjokroaminoto adalah salah satu tokoh yang mementingkan dunia pendidikan bagi masyarakat yang terjajah dan bagi beliau dengan mendapatkan ilmu pengetahuan, manusia dapat memiliki martabatnya. Jadi buat lo yang mau jadi manusia bermartabat harus semangat kuliah onlinenya ya.

imdb.com

 

Kartini (2017)

Dua tokoh bangsa laki-laki diatas emang punya dampak yang besar buat kemerdekaan Indonesia tapi jangan lupa sama Ibu Kita Kartini yang punya dampak yang enggak kalah besar buat negara ini, terutama dalam aspek emansipasi wanita. Film Kartini yang juga disutradarai oleh Hanung Bramantyo mengisahkan biografi  dari seorang perempuan yang sejak kecil punya jiwa pemberontak sampai menjadi tokoh bangsa yang menginspirasi buat kaum wanita. Berontak yang dilakukan oleh Kartini bukan tanpa sebab, karena menurut beliau wanita memiliki hak yang sama dengan pria dalam kehidupan dan salah satunya adalah mengenyam pendidikan. Kartini mengatakan bahwa “Gadis yang pemikirannya sudah dicerdaskan, pemandangannya sudah diperluas, tidak akan sanggup lagi hidup di dalam dunia nenek moyang.”  Karena itu Ibu Kita Kartini telah membuka jalan buat para wanita Indonesia untuk memiliki kecerdasan yang sama dengan kaum pria.

imdb.com

 

Wage (2017)

Kalau dipikir-pikir, aspek kemerdekaan Indonesia dapat terjadi bukan karena kemenangan di medan tempur, melainkan munculnya tokoh-tokoh bangsa yang memiliki jiwa visioner yang luar biasa. Salah satu aspeknya adalah musik dan Wage adalah film besutan dari sutradara John De Rantau yang berisi kisah dari tokoh pahlawan yang menciptakan lagu Indonesia Raya, yaitu Wage Rudolf Soepratman. Film Wage menunjukkan kisah hidup yang singkat dari Soepratman dan kontribusi beliau dalam memerdekakan bangsa lewat lagu, tulisan dan pergerakan nasional yang menjadi akar dari Sumpah Pemuda. Di era digital kreatif seperti sekarang membutuhkan hasil karya yang dijiwai oleh rasa dan karsa di tiap prosesnya, dedikasi Soepratman dalam berkarya bisa jadi inspirasi buat lo yang punya jiwa inovatif ya, Blistener.

imdb.com

 

(2015)

Menarik kalau di daftar film tokoh bangsa yang terakhir ini membahas seseorang yang punya jiwa militant tinggi dan sebagai salah satu pionir atas kemerdekaan RI melalui strategi perang geriliya, beliau adalah Panglima Besar Jenderal Soedirman. Jenderal Soedirman menjadi inspirasi untuk Viva Westi dan Winaldo Artaraya yang menjadi sutradara dari film Jenderal Soedirman. Film ini mengangkat salah satu peristiwa hidup yang paling penting bagi tokoh utama, yaitu dimana Soedirman menghadapi serangan Agresi Militer ke II Belanda. Meski dalam kondisi sakit keras, Soedirman tetap menjalankan tugasnya sebagai Panglima Besar. Tanggung jawab penuh dan jiwa yang pantang menyerah adalah cerminan dari tokoh Jenderal Soedirman.

imdb.com

 

Itu tadi lima film yang bisa lo jadiin referensi buat nonton film di vibe Hari Kemerdekaan Indonesia ya, Blistener dan jangan lupa kalau tiap bakat dan kemampuan yang lo punya tentunya bisa jadi tumpuan kita sebagai generasi bangsa yang punya tanggung jawab untuk mempertahankan kemerdekaan di negeri ini, sekali merdeka tetap merdeka!

 

 

Instagram : @bvoice_radio

Twitter : @bvoiceradio

Facebook : BVoice Radio

Line@ : @bvoiceradio

(Writer: Alfonsus Diazsa / Bvoice Radio)

(Editor: Muhammad Rafly Rivaldi / Bvoice Radio)

Tags: