Faza Meonk, sosok dibalik Si Juki yang bentar lagi mainstream!

Blisteners, kalo lo hobi nonton film, pasti merhatiin dong, kalo film-film Tanah Air lagi mencapai puncak kejayaannya? Yup, memang nggak bisa dipungkiri lagi kalo semakin hari industri perfilman nasional semakin kece! Nah, diantara banyak film yang akan tayang, salah satunya ada Si Juki The Movie nih, Blisteners. Siapa sih, yang nggak tau Juki? Itu loh, karakter komik buatan alumni Binus!

Familiar nggak sama wajahnya? (instagram.com/fazameonk)

Usut punya usut, orang tersebut ternyata adalah Faza Ibnu Ubaidillah Salman, atau yang lebih dikenal dengan Faza Meonk. Kak Faza yang merupakan lulusan dari DKV Binus University ini nyatanya nggak cuma bergelut di dunia seni aja. Selain aktif membuat komik dan menjadi director dari Si Juki The Movie, dia juga punya startup di bidang IP Management (character based), yaitu Pionicon, yang fokus pada konten lokal!

Nah, ini dia karakter-karakter yang ada dibawah naungan Pionicon! (pionicon.com)

Karena banyaknya bidang pekerjaan yang ditekuni, Kak Faza pun menolak untuk disebut sebagai seorang komikus. Ia lebih suka disebut sebagai ”visual entertainer” karena punya makna yang lebih luas dan nggak terpaku sama satu bidang aja, Blisteners. Makanya, waktu ditawarin untuk mengangkat Juki ke format layar lebar, udah pasti diterima dong! “Karena dari dulu sebenarnya emang suka dunia animasi, kuliah juga di animasi,” ungkap Kak Faza melalui online messenger kepada salah satu reporter BVoice Radio.

Siap mainstream di akhir tahun nanti, Si Juki The Movie ternyata udah disiapin dari lama, loh! “Persiapannya sejak 2015 akhir. Kemudian setahun nulis script dan sudah recording di awal tahun ini.”

Ngomong-ngomong soal recording, lo harus tau, Blisteners, kalo Si Juki The Movie ini bakal disuarai oleh lebih dari 15 artis papan atas Tanah Air. Mereka adalah Bunga Citra Lestari, Indro “Warkop”, Tio Pakusadewo, Butet Kartaredjasa, Pandji Pragiwaksono, Agus Kuncoro, Tarzan, komika Arie Kriting, Mongol Stres, Mudy Taylor, Babe Chabita, Nikita Mirzani, Wizzy, Jaja Miharja, Maya Wulan, Ki Joko Bodo, dan Tyson Lynch. Wah, keren ya!

Bakal tayang akhir tahun ini, Blisteners! (sijuki.com)

Menurut Kak Faza, proses menemukan karakter yang cocok sebagai voice actor-nya susah-susah-gampang karena hanya mengandalkan suara. “Yang pasti pemilihan voice actor-nya yang sesuai dengan karakter-karakter yang ada di filmnya. Dengan tim produser, kita brainstorming bareng, siapa yang cocok memerankan tiap karakter. Terus kita tetep harus casting dulu calon-calon pemainnya.”

Karena Si Juki The Movie adalah film pertama Kak Faza, ia tentunya menemui beragam kesulitan. Meski begitu, ia nggak nge-down, ia nyatanya justru menyukai proses tersebut. “Every part selalu favorit, ya. Mulai dari  penulisan script, recording, storyboard, animatic, character design, dan lain sebagainya,” cerita Kak Faza. Duh, alumni Binus yang satu ini emang top banget, deh! Patut dicontoh!

Oke deh, kita doain, ya, Blisteners, supaya proyek filmnya Kak Faza lancar dan bisa membawa dunia animasi Indonesia menjadi lebih maju, aamiin! Sambil nunggu filmnya di akhir tahun nanti, yuk, ditonton dulu trailer Si Juki The Movie yang baru-baru ini dirilis di YouTube dan film Surat Kecil Untuk Tuhan. Check this out!

 

Penulis: Zahra Aquila