V60 in Action!

Akhir-akhir ini mungkin teman-teman mulai melihat bagaimana menjamurnya coffee shop baru yang menandakan semakin tingginya antusiasme masyarakat terhadap kopi. Berbagai coffee shop ini hadir dengan menawarkan ciri khas masing masing yang tentunya akan membuat pengunjung betah untuk menghabiskan waktu di coffee shop tersebut. Maka berbagai café tersebut pun berlomba menawarkan berbagai hal menarik mulai dari dekorasirasi ruangan atau keunikan hidangan masing masing.

Dan salah satu teknik menyeduh kopi yang menarik perhatian adalah teknik V60. Bagaimana tidak, tampilan penyeduhannya dengan menggunakan corong yang diletakkan diatas gelas saji sungguh menjadi presentasi produk yang menarik bagi customer. Belum lagi beberapa keuntungan yang didapat dari metode ini seperti mendapatkan kopi yang bersih serta tidak ada minyak yang keluar serta tetap dapat menjaga karakter rasa dan aroma khas masing masing biji kopi tentu menjadi daya tarik tersendiri untuk customer. Apalagi dengan teknik V60, customer harus menunggu kopi mereka terseduh tetes demi tetes sehingga menjadi minuman yang cocok untuk ngobrol bareng kawan-kawan.

Sejarah V60

V60 merupakan alat seduh yang menyatukan gaya kimia, produk kaca, dan juga kopi. Alat seduh ini pertama kali diciptakan di Tokyo, Jepang pada tahun 2004. V60 dirancang oleh seorang yang ahli kima bernama Tsuruoka di Hario Factory. Beliau terus bekerja keras menciptakan prototipe V60 dan terus berusaha untuk menyempurnakan temuannya hingga bentuk yang kita kenal sekarang. Hario Factory didirikan pada tahun 1921, awalnya perusahaan ini hanya memproduksi produk kaca untuk keperluan kimia. Setelah 30 tahun penelitiannya, akhirnya mereka berhasil membuat produk yang diberi nama Hario Glass.

Hario Glass menggunakan 100% mineral alami yang menghasilkan kaca tahan panas, hal ini membuatnya menjadi ramah lingkungan. Di tahun 1949, Hario meluncurkan produk rumahan pertamanya yaitu saringan kopi syphon dari kaca dan setelah 8 tahun berlalu, saringan kopi syphon yang awalnya dari terbuat kaca berubah menjadi kain. Hario Factory telah menerima ratusan penghargaan desain, namun yang membuat nama perusahaan ini terus di kenal adalah berkat penemuan alat seduh Hario V60.

Nama V60 diambil dari bentuknya yang menyerupai huruf V dengan sudut 60o. Selain berbahan dasar keramik, alat ini juga ada yang terbuat dari kaca serta plastik. Edisi terakhir dari alat ini adalah terbuat dari tembaga. Kenapa tembaga? karena tembaga memiliki kemampuan dalam menyimpan panas lebih efisien sehingga cocok untuk meningkatkan konduktivitas termal. Hal ini akan membuat ekstraksi dari kopi menjadi lebih berbeda dari segi rasa.

Kenapa V60 Menarik?

Ketika menyeduh kopi menggunakan alat ini, maka kopi yang dihasilkan akan memiliki karakteristik aroma yang kuat dan rasa yang kaya. Selain itu, alat ini memiliki kelebihan lain seperti, kopi tanpa ampas sebab terdapat filter yang berfungsi menahan minyak  dan ampas agar tidak turun saat proses penyeduhan, teman-teman juga bisa ber-experimen mencari rasa yang cocok dengan kawan dengan cara merubah ukuran grindingnya, temparatur suhu air, dan lama penyeduhan. Walaupun alat seduh ini telah lama ditemukan, manfaatnya bisa kita nikmati hingga saat ini. Alat seduh V60 ini memiliki penggemar terbesar di antara penikmat kopi dunia. Mudah digunakan dan tidak susah mendapatkannya membuatnya menjadi primadona.

Termasuk di sebuah café di daerah Lubang Buaya yang bernama Date & Co Jakarta. Café yang resmi berdiri pada 1 Januari 2020 ini juga menggunakan salah satu teknik manual brew yang kita bahas diatas yakni menggunakan V60. Yang mana pengolahan seperti ini cukup menarik karena customer harus sabar menunggu tetes demi tetes kopi mereka terseduh sehingga sangat cocok diminum ketika sedang nongkrong bersama teman teman. Pilihan biji kopi nya pun cukup banyak, dan yang menjadi best seller adalah tipe Gayo Wine dan Bali Dwipa.

Date & Co Jakarta juga menyajikan berbagai macam camilan untuk menemani waktu ngopi teman teman, seperti berbagai macam jenis pasta, french fries, sausage platter, dim sum dan banyak varian lainnya. Teman teman juga dapat berfoto di beberapa spot café yang pastinya nggak malu maluin buat di upload di Instagram lalu tag @dateandcojakarta. Oh iya, buat temen teman yang hobil ngebul pakai vape juga jangan khawatir karena tersedia vape store yang selalu punya paket paket yang menarik.