Kuliah Sambil Kerja, Kenapa Nggak?

Blisteners, di era milenial ini udah zamannya kuliah sambil nyari uang jajan dari usaha sendiri. Malu dong kalau masih pakai uang orang tua? Selain itu, kuliah sambil kerja juga melatih kita supaya siap di dunia kerja setelah lulus nanti loh! Nah kali ini Reporter kita, Ghifari Ramadhan Fadli (G) berkesempatan untuk ngobrol-ngobrol bareng sama Reymond Leopard Alfareysi (R). Yuk kita simak lebih lanjut!

Reymond dengan seragam kerjanya di Admisi Binus.

 

G: Halo kak, sebelumnya boleh perkenalin diri dulu nggak nama panjangnya siapa? Ngambil jurusan apa dan sekarang lagi semester berapa? Di Binus ikut UKM atau HMJ nggak? Atau ada aktivitas lain?

R: Halo juga, nama gue Reymond Leopard Alfareysi, gue dari jurusan Teknik Industri, untuk sekarang gue baru masuk semester 3 nih. Nah kebetulan untuk aktivitas yang yang gue ambil di Binus itu macam-macam, dimulai dari Himpunan Teknik Industri (HIMTRI), Panitia Acara Event-Event besar di Himpunan, Project Manager Event WFP, UKM BASICERS (UKM Renang), dan yang paling sibuk itu kerja di Admisi Binus, sebagai Supervisor Education Counselor of Binus University.

 

G: Apa alasan kakak memilih kerja sambil kuliah?

R:  Jujur aja, gue paling nggak suka kalau kerjaannya cuma gabut, nongkrong doang menghabiskan waktu dan uang. Karena bagi gue, ya ada saatnya gitu apalagi cowok, hidupnya harus produktif, maju, dan nggak boleh kebanyakkan menunda. Selain itu, harus menyiapkan untuk masa depan, mempunyai rasa tanggung jawab yang besar, karena kalau kita nggak mulai dari sekarang, kapan lagi?

Reymond ketika mengikuti LKMO HIMTRI.

G: Kenapa tertarik kerja di admisi Binus? Udah berapa lama kerjanya kak?

R: Gue pribadi sih ya tertarik, karena kerjaannya itu seru dan gue suka. Misalnya, presentasi ke sekolah-sekolah, mengundang sekolah untuk campus tour, trial class, tes minat bakat di Binus. Ya intinya lebih kearah banyak komunikasi di lapangan, lumayan melatih softskill marketing dan memperluas relasi, bahkan contohnya beberapa anak pegangan gue sendiri itu dulunya adalah customer gue sendiri hahaha.

 

 

G: Kerja sebagai bagian apa kak?

R: Sales Marketing, Supervisor Education Counselor Binus University.

 

G: Kenapa milih kerja di Binus dibanding kerja di tempat lain?

R: Karena kalau kerja di tempat lain untuk sekarang agak ribet ya. Gue juga masih kuliah, jadi kalau kerja di tempat lain, takut ganggu kuliah aja sih. Kalau kerja di Admisi Binus kan kalau ada kelas tinggal naik ke atas aja.

 

G:  Ada kesulitan nggak kak selama kerja di Admisi?

R: Untuk kesulitan sih namanya kerja pasti ada ya, Cuma ya semua balik lagi gimana cara kita menghadapinya. Yang dipikirin itu solusinya, bukan masalahnya, dan pasti ada jalan keluarnya kok.

 

G: Pernah nggak kak keteteran ketika harus kerja tapi ada jadwal kuliah?

R:  Kalau keteteran sih pernah, waktu itu kebetulan lagi ada jadwal kelas siang, nah pas paginya ada jadwal presentasi di sekolah di Bogor, kira-kira selesai presentasi itu sekitar jam 11, eh taunya pas balik ke Jakarta macet banget, jadi sampai Jakarta itu kira-kira udah sore dan akhirnya nggak kelas. Tapi waktu itu dapat dispensasi sih karena kerja, cuma kalau tiba-tiba ada quiz, mau nggak mau tetap prioritasin. Biasanya kalo ada quiz, gue minta tolong anak-anak gue untuk presentasi, jadi gue bisa ikutan quiz di kelas.

 

G: Gimana sih kak cara bagi waktu dengan kerja di Admisi, ikut UKM, dan kuliah?

R: Kalau gue pribadi sih cara bagi waktunya itu macam-macam, dimulai dari bikin timetable, buku agenda, pasang reminder di handphone, dan yang paling penting harus bisa membagi mana yang paling prioritas dan mana yang bisa dikerjakan nanti.

 

G: Gimana cara kakak bisa terus semangat kuliah tapi sambil kerja?

R: Motivasi gue cuma keluarga sih, apalagi gue punya dua adik perempuan, harus bisa jagain dan jadi panutan buat mereka, dan tentunya bisa membahagiakan orang tua juga. Kenapa sih harus sambil bekerja? Karena mau sampai kapan kita pakai dan selalu minta uang ke orang tua?

Di sela-sela kesibukannya bekerja dan kuliah, Reymond juga menyempatkan waktu untuk berlibur loh!

G: Apa pengalaman yang paling nggak terlupakan selama kerja di Admisi kak?

R: Gue bingung sih, banyak banget pengalaman suka dan duka, tapi lebih banyak sukanya. Selama ini mungkin orang pikir kalau kantor itu tempat kerja yang membosankan, tapi sebenarnya nggak kok. Di kantor kita itu kerja tapi santai dan kekeluargaannya berasa banget, kita sering makan dan jalan-jalan bareng. Nggak cuma itu, kadang kita suka cerita-cerita bareng kalau ada customer yang kelakuannya lucu. Kalau kita lagi kekurangan, pasti saling cover satu sama lain. Nah, yang paling nggak bisa dilupain sih ketika akhirnya gue merasakan kerja lembur, tidur paling bisa minimal sekitar jam 1 pagi dan bangun paling pagi jam 4 karena jam 5 harus standby di Admisi untuk presentasi. Belum lagi input data anak dan urusin formulir. Kebayang nggak tuh sampai nggak sempat olahraga dan sejenisnya, bahkan berat badan gue naik 7 kg lebih.

 

Yap Blisteners, itu dia obrolan bersama Reymond Leopard Alfareysi! Gue sendiri sih ingin coba mencari kerja part-time buat nambahin uang jajan! Kalau lo gimana, Blisteners?

 

Dont’ forget to follow our social medias for more information!

Instagram           : @bvoice_radio

Twitter                : @bvoiceradio

Facebook            :BVoice Radio

Line@                 : @bvoiceradio

iOs& App Store   :BVoice Radio

 

 

(Writer: Ghifari Ramadhan Fadli / Bvoice Radio)

(Editor: Elia Geraldine / Bvoice Radio)

More Like This