Mengenal Phoebe Aurora, Chairman Bpreneur di Tiga Region BINUS

Halo Blistener! Kalau udah akhir bulan, pasti udah mikir keras nih karena dompet keliatannya makin tipis. Makan udah mulai irit, belanja di online shop juga udah berkurang. Tapi jangan khawatir, Bpioneer kali ini berkesempatan untuk ngobrol-ngobrol bareng Phoebe Aurora, Chairman dari satu-satunya UKM tentang Entrepreneur yang bernama Bpreneur, loh! Untuk tau lebih lanjut, langsung scroll down artikelnya yuk!

 

B : Bvoice Radio

 

P : Phoebe Aurora

 

B : Selamat sore, Kak! Sebelumnya aku mau bilang terima kasih banyak untuk Kak Phoebe karena udah meluangkan waktu. Untuk memulai, mungkin Kak Phoebe boleh memperkenalkan diri dulu Kak.

 

P : Nama aku Phoebe Aurora, aku dari jurusan Business Creation angkatan B23. Sekarang ini aku menjabat sebagai Ketua Umum Bpreneur atau biasanya disebut Chairman. Nah, berhubung aku dari Business Creation, makanya aku ambil UKM Bpreneur, kan ada entrepreneur nya tuh. Hehehe.

 

B : Kalau boleh tau, gimana sih Kak awal mulanya tertarik sama UKM Bpreneur ini?

 

P : Dulu kan aku masih maba, bingung kan tuh mau ikut UKM apa. Ternyata temen-temen aku banyak yang daftar UKM Bpreneur. Dari namanya aja udah BINUS Entrepreneur, menurut aku UKM ini yang paling sejalan sama jurusan aku. Akhirnya aku ikut-ikutan daftar deh.

 

B : Apa aja sih Kak langkah-langkah dari member sampai bisa jadi pengurus Bpreneur?

 

P : Tahap awal itu jadi member. Cukup dengan bayar registrasi, kalian udah bisa nikmatin benefit UKM Bpreneur ini. Selanjutnya kalau pengen jadi aktivis, pasti harus lewatin yang namanya interview. Nah, interview ini bisa jadi media untuk menyaring pribadi-pribadi terbaik yang Bpreneur punya. Kalau udah jadi aktivis, akan ada seleksi lagi untuk jadi pengurus. Karena jumlah pengurus harus 1:3 dari aktivis, dan jumlah aktivis harus 1:3 dari member.

 

B : Dari segala proses yang lumayan panjang ini, apa sih yang terbesit di pikiran Kak Phoebe sampe pengen lanjut jadi Chairman?

 

P : Pastinya pas awal masuk Bpreneur gak pernah kepikiran sih bakalan jadi Chairman. Apalagi waktu aku jadi aktivis udah mulai online. Tapi kan aku waktu jadi aktivis ada di divisi Public Relation, ternyata ini ngebantu aku banget dari awalnya malu-malu buat ngomong di depan banyak orang, sampe bisa kaya sekarang. Terus waktu aku mau jadi pengurus, ditawarin mau jadi DPI atau pengurus biasa kan, pas aku pilih DPI Ketua Region, tau-tau semua yang pilih DPI harus seleksi jadi ketua umum.

 

B : Wah, terus banyak yang kaget dong Kak?

 

P : Iyaa, Hahahaha. Akhirnya aku ikutin aja tuh proses seleksinya. Gak nyangka, ternyata aku lolos sampe 3 besar calon ketua umum. Dan pas di hari voting, eh ternyata aku yang jadi ketua umum. Agak kaget juga sih sebenernya, karena banyak banget yang pilih aku sementara aku masih banyak banget kekurangannya.

 

B : Dengan tanggung jawab seperti itu sempet jadi beban gak Kak?

 

P : Aku sebenernya kaget aja sih, tapi karena udah terlanjur kepilih juga aku jadinya harus lakuin yang terbaik buat UKM ini.

 

B : Wah, keren banget ya Kak. Berarti Kak Phoebe jalanin semua prokernya langsung online ya Kak?

 

P : Iya, sebenernya itu semua prokernya rata-rata offline. Tapi dengan kondisi kaya gini semuanya langsung berubah jadi online. Yang pertama ada WP (Welcoming Party), kalau dulu kita member-member baru ketemuan langsung, main games bareng. Tapi sekarang kita laksanain WP juga akhirnya online. Ada beberapa competition yang rutin diadain Bpreneur juga sekarang sistemnya udah online.

 

B : Dengan kondisi pandemi kayak sekarang ini justru kita harus lebih kreatif ya Kak, jangan sampai program-programnya berhenti. Harus siapin plan A, plan B gitu ya Kak.

 

P : Iyaa bener banget, kondisi kaya gini juga menuntut kita untuk berpikir out of the box biar semuanya tetap berjalan.

 

 

 

 B : Aku mau lanjut ke pertanyaan berikutnya nih Kak. Setiap organisasi pasti gak jarang ada aktivis atau pengurus yang bandel atau males-malesan. Menurut pandangan Kak Phoebe sebagai Chairman gimana Kak?

 

P : Kalau dari pandangan aku, sebenernya cukup sulit ya. Karena dari struktur kepengurusannya aja udah lumayan banyak. Apalagi sekarang semuanya online, kesulitannya nambah 2x lipat. Kita susah untuk tau pribadi masing-masing orang gimana. Paling aku banyakin komunikasi sama pengurus sih. Karena mereka yang lebih banyak berhubungan sama aktivis. Untuk keputusannya gimana, baru kita adain rapat. Tapi aku jarang sih ketemu yang bandel gitu, paling biasanya cuma misscom aja.

 

B : Mungkin itu juga salah satu tantangan dari pemimpin 3 region sekaligus ya Kak..

 

P : Kamu bisa bayangin kan dari 3 region, itu banyak banget orang dengan personality yang berbeda-beda. Mungkin kalau ada masalah, aku bakal approach mereka sih untuk tau lebih dalam tentang mereka. Kalau nantinya udah tau, jadinya bakal lebih enak buat cari solusi kann..

 

B : Sejauh ini, Kak Phoebe udah keren banget sih Kak bisa handle 3 region sekaligus dan UKMnya masih berjalan secara lancar.

 

P : Pastinya berkat bantuan dari temen-temen pengurus juga sih aku bisa jalanin semuanya ini.

 

 

 B : Aku boleh tau ga Kak tujuan sebenarnya dari Bpreneur itu untuk member, aktivis, dan pengurusnya itu apa?

 

P : Kita mau dari semua yang join Bpreneur, mereka bisa mengasah soft skill ataupun teori-teori yang ada. Jadi nantinya saat mereka kerja di lapangan sebagai entrepreneur, setidaknya mereka punya bekal dan bisa survive disana.

 

B : Sebelum kita akhirin ngobrol-ngobrol hari ini, ada gak pesan-pesan untuk member aktif atau yang akan join sebentar lagi nih Kak?

 

P : Kalau harapan aku sih mungkin aktivisnya harus lebih aktif, jangan malu-malu. Karena di Bpreneur ini gak ada keterbatasan. Semuanya dari yang baru masuk sampai yang udah jadi pengurus bebas untuk sharing dan have fun bareng di UKM ini. Untuk pengurusnya, harapan aku untuk kedepannya bisa lebih optimis dan inisiatif untuk organisasi Bpreneur ini. Kalau salah gak masalah kok, karena semuanya di Bpreneur ini masih belajar.

 

B : Mungkin pertanyaan itu menutup interview hari ini. Semangat dan sukses selalu Kak dalam memimpin Bpreneur. Terima kasih udah mau luangin waktunya untuk ngobrol bareng Bvoice, Kak!

 

P : Sama-sama, sukses juga untuk Bvoice Radio!

 

Gimana Blistener obrolan bareng Chairman Bpreneur? Seru banget kan? Buat lo yang kepo sama UKMnya, lo bisa langsung cek ke instagramnya @b.preneur. Buat registrasinya juga gampang banget kok, cuma bayar biaya pendaftarannya dan lo udah bisa dapetin benefit sebagai member Bpreneur. Jangan lupa juga kepoin website dan sosial media lainnya yang ada di bio Instagram @b.preneur ya, Blistener!

 

Don’t forget to follow our social media for more updates!

 

Instagram : @bvoice_radio

Twitter : @bvoiceradio

Facebook : Bvoice Radio

Line@ : @bvoiceradio

 

( Writer : Zaki Zaidaan Rachman / Bvoice Radio )

( Editor : Keizia Dinda Vania / Bvoice Radio )