Anita Millenia: Manage Waktu Dilihat dari Skala Prioritas dan Tidak Menjadi Deadliners.

 

Himpunan adalah organisasi yang terdiri dari Mahasiswa sesuai jurusan yang dipilih. Nah, Bina Nusantara University ini punya banyak banget himpunan loh, di setiap jurusan pasti ada himpunannya. Blisteners, kali ini Bvoice Radio berkesempatan ngobrol bareng Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional atau yang biasa di sebut HIMHI, kepo sama hal-hal yang berbau Hubungan Internasional? Atau penasaran benefit apa aja sih kalau  ikut himpunan?  Tenang aja, Blisteners! Reporter kita Sakila Gita (S) berkesempatan ngobrol langsung dengan ketua dari HIMHI Anita (A). Daripada makin penasaran, simak lebih lanjut yuk!

 

 

S: Halo kak boleh perkenalkan diri, Binusian angkatan berapa,  jurusan apa, dan sekarang menjabat sebagai apa?

A: Halo, perkenalkan nama aku Anita Millenia Devi aku merupakan mahasiswa Hubungan Internasional dan menjabat sebagai ketua Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional atau yang biasa di sebut HIMHI.

S: Bagi waktu antara himpunan sama kuliah itu susah nggak sih menurut kakak?

A: Kalau dibilang sulit atau nggak dalam me-manage waktu antara himpunan dan perkuliahan itu jadi tantangan tersendiri bagi aku, karena aku nggak mau akhirnya perkuliahanku jadi terbengkalai gara-gara himpunan begitu pun sebaliknya. Aku tetep harus perform di kedua hal tersebut. Sebagai ketua himpunan pasti time consume lebih banyak daripada anak yang lain di himpunan, itu menjadi tantangan tersendiri bagi aku terlebih jarak antara kampus dan rumah terbilang jauh karena nggak nge-kost. Cara me-manage waktu buat aku dilihat dari skala prioritas dan tidak menjadi deadliners.

 

HIMHI berbagi di bulan Ramadhan

 

S:Jadi ketua keinginan sendiri atau emang dipilih?

A: Aku menjadi ketua himpuan itu karena keinginan sendiri yang di support oleh kakak senior dan temen-temenku. Awalnya aku belum cukup yakin dengan kemampuanku dalam me-lead himpunanku, tapi dengan dorongan mereka ngasih support dan motivasi yang membuat aku berkeinginan menjadi ketua himpunan. Setelah melalui beberapa proses seleksi melalui beberapa tahapan yaitu debat, interview, penilaian dari jurusan, voting dari teman-teman dan semua lapisan masyarakat HI, akhirnya aku menang dan menjadi ketua HIMHI.

 

Latihan Dasar Kepemimpinan aktivis HIMHI 2018

 

S:Kan sekarang jadi ketua nih, ngurus 2 region (Alam Sutra & Kemanggisan) itu susah nggak sih?

A: Kebetulan, jurusan Hubungan International itu cuma ada di Kemanggisan, jadi aku cuma ngurusin disini aja dan jurusan HI nggak ada di Alam Sutra. Begitupun himpunannya cuma ada di Kemanggisan. Itu sih yang bikin aku bersyukur karena nggak perlu bolak balik Alsut-Kemanggisan.

 

S: Pengalaman apa aja sih yang paling menarik selama jadi ketua?

A: Pengalaman menarik bagi aku adalah setiap kita menjalankan suatu event. Melihat kinerja temen-temen, melihat temen-temen bekerja itu merupakan suatu kepuasan bagi aku karena aku bisa melihat kalau mereka belajar di himpunan.

 

Pekan Olahraga Mahasiswa HI Binus (POMHI)

 

S:Gimana sih cara menyatukan pikiran supaya mencapai satu tujuan yang sama?

A: Menurut aku dalam menyatukan suatu pandangan agar menjadi satu pandangan yang sama di himpunan itu dimulai dari ketua himpunan itu sendiri, yaitu aku. Aku harus punya visi dan misi yang akan dijalankan selama satu tahun kedepan. Setelah memiliki visi misi dan arah yang jelas, aku akan membawa itu ke DPI atau Dewan Pengurus Inti di himpunan. Karena mereka adalah petinggi himpunan, mereka  berhak mengambil sebuah keputusan. Menurut aku DPI ini merupakan satu kunci penting dalam sebuah himpunan. Jadi ketua himpunan harus punya pandangan seperti apa, visi dan misinya apa dan dibawa ke DPI untuk menyatukan pikiran untuk memiliki mimpi yang sama setelah itu kita bawa dan share mimpi kita ke temen-temen pengurus dan aktivis agar memiliki satu mimpi yang sama.

 

2nd Model ASEAN Inter Parlementary Asembly (AIPA)

 

S:Apa aja sih benefit yang di dapatkan kalau masuk HIMHI?

A: Benefit yang akan di dapatkan kalau kalian masuk himpunan terutama HIMHI, dimana kalian akan mengembangkan soft skill yang nggak akan didapatkan kalau cuma ngandelin ke kampus dan duduk dikelas. Nggak akan ada namanya mata kuliah pengembangan soft skill, bagaimana cara berkomunikasi dan berkoordinasi yang baik, bagaimana cara berinteraksi dengan orang lain, dan bekerja sama dalam satu tim, itu yang nggak akan di dapatkan di bangku kelas, semua itu cuma bisa di dapatkan di sebuah organisasi. Di dalam sebuah organisasi, daya kritis pasti akan meningkat karena terbiasa memecahkan suatu masalah maupun tantangan. Itu merupakan proses pembelajaran penting yang akan mengembangkan soft skill kalian dan bagaimana cara bekerjasama nggak cuma sama mahasiswa tapi dari pihak eksternal juga. Di HIMHI kita bekerjasama dengan DPR yaitu dengan AIPA ( Asian Inter Parlementary Asembly) dan bekerjasama dengan Kemenlu dalam melakukan suatu kegiatan. Kalian nggak akan dapetin itu kalau nggak masuk himpunan. Sampai saat ini aku sangat merasa grateful karena memiliki kesempatan masuk dalam sebuah himpunan. Itu sih beberapa benefit kalau kalian masuk himpunan.

 

S:Suka dukanya jadi ketua apa sih?

A: Sukanya menjadi kepuasan tersendiri ketika melihat melihat teman-teman yang lain berhasil menjalankan sebuah program kerja. Indikator  keberhasilan yang aku lihat itu bukan dari hasilnya tetapi kepada proses mereka. Bagi diri aku sendiri aku merasa sangat puas mengayomi 140 orang dan berhasil menyatukan satu pandangan yang sama. Banyak relasi dan link yang di dapat. Dukanya time consume yang dimana menjadi satu tantangan untuk me-manage waktu aku, karena semua tanggung jawab terbesar itu berpusat kepada ketua himpunan. Harus tegas dengan kebijakan sendiri yang nggak semua terima kebijakan aku.

 

Study Visit Passage To ASEAN goes to Rangsit University, Thailand

 

S:Prestasi apa aja sih yang udah dicapai HIMHI?

A: Pencapaian kami alhamdulillah sudah cukup banyak, untuk tahun ini kami baru menyelesaikan program kerja yang levelnya internasional, contohnya second model AIPA, dimana kami bisa mendatangkan peserta dari luar negeri bagian asean. Kalau dari lomba-lomba itu ada alhamdulillah dari klub dibawah himpunan BIRDS ( Binus Intenational Relatioan Dialetic Society) mereka berhasil pergi ke Paris MUN dan berhasil mendapatkan best position paper, mereka satu-satunya yang mewakili Indonesia di Paris MUN. Jadi Bina Nusantara terutama Binus HI berhasil mewakili Indonesia di Paris MUN itu suatu kebanggan yang luar biasa, ia bernama Rafi Nugraha. Kami juga membentuk Foreign Policy Community Indonesia chapter Binus dibawah jurusan HI, dinaungi oleh himpunan jadi kami membuka kerjasama dengan pihak eksternal dengan FPCI yang dibuat oleh mantan duta besar Amerika. Itu sih pencapaian terbesar kami.

 

S:Dalam waktu yang dekat ini HIMHI akan mengadakan event apa aja?

A: Dalam waktu dekat ini, Himhi akan mengadakan Birfest, jadi itu program kerja tahunan, dan kami akan open registration secepatnya. Birfest itu adalah Binus International Relation Festival, didalamnya ada beberapa kegiatan festival, MUN (Moden United Nation) dan talkshow. Rencananya akan diadakan di bulan November dan masih proses perencanaan kegiatan. Birfest ini menjadi penutup satu tahun himpunan, talkshow dan festival, akan open for public, MUN juga akan open for Binusian dan siswa/i SMA. Tunggu teaser dari kami ya!

 

Silaturahmi Mahasiswa HI BINUS (Silmahinus) 2.0

 

S:Harapan dan rencana kedepannya buat HIMHI?

A: Harapan dan kedepannya buat HIMHI, semoga dapat melanjutkan apa yang baik di himpunan dan memperbaiki apa yang kurang di himpunan. Aku percaya ketua HIMHI selanjutnya adalah ketua yang dapat menjalankan amanatnya dan menjadikan HIMHI jauh lebih baik dan bermanfaat bagi masyarakat HI dan masyarakat luas lainnya. Untuk sisa 6 bulan kepengurusan ini aku berharap semoga bisa menyelesaikan semua program kerja yang sudah direncanakan, semoga pengurus HIMHI lebih komitmen lagi, lebih dijaga integritas kalian karena kita udah mau masuk akhir kepengurusan jangan malah makin menurun semoga makin meningkat, kita harus give our best shot di himpunan, kita mulai bareng-bareng dan diselesaikan bareng-bareng.

 

 

Nah itu dia obrolan langsung bersama Anita Millenia, selaku ketua HIMHI. Blisteners jadi pengen nggak nih ikut himpunan? Lumayan loh buat ngembangin soft skill dan nambah relasi kerja nanti! Dan buat lo yang penasaran sama HIMHI bisa banget nih follow instagramnya @himhibinus  atau yang mau kenalan langsung sama kak Anita juga bisa di follow Instagramnya @anitamillenia.

 

Don’t forget to follow our social media for more information!

Instagram        : @bvoice_radio

Twitter             : @bvoiceradio

Facebook         : BVoice Radio

Line@             : @bvoiceradio

iOs& App Store: BVoice Radio

(Writer: Sakila Gita / Bvoice Radio)

(Editor: Elia Geraldine/ Bvoice Radio)