ES KOPI KEKINIAN

Siapa yang tidak kenal dengan varian es kopi susu yang mulai banyak di jual oleh coffeeshop seperti Kopi Tuku dengan Es Kopi Susu Tetangga atau Kopi Kenangan dengan dengan Kopi Kenangan Mantannya. Di Indonesia sendiri es kopi susu ini merupakan perwujutan dari jenis kopi seperti latte dan cappuccino yang banyak di jual coffeeshop modern. Yang lalu dengan kreatifitas dan konsep yang matang diwujudkanlah alam kemasan gelas plastik yang di design semenarik mungkin lalu di seal dan dengan praktisnya bisa dibawa langsung oleh konsumen. Hal ini menimbulkan kesan minuman kopi susu yang lebih affordable dan easy to go, berkembang jauh dari kemasan latte dan cappuccino yang biasanya disajikan di dalam cangkir.

Sebenarnya mudah saja teknik untuk membuat kopi susu kekinian. Meskipun tiap coffeeshop memiliki cara yang berbeda mulai dari jenis campuran kopi atau campurannya, kebanyakan coffeeshop menggunakan komposisi 70% kopi arabika dan 30% kopi robusta lalu untuk campurannya menggunakan creamer atau gula aren. Dan dilihat dari tekniknya yang mudah serta bahannya yang terjangkau tidak heran Es Kopi Susu bisa dijual dengan harga yang terjangkau dan menjadi best seller di beberapa coffeeshop. Bahkan terkadang varian kopi entry level ini menjadi benchmark untuk menilai kualitas di sebuah coffeeshop.

Sejarah Es Kopi Susu

Berdasarkan beberapa sumber menyebutkan Es Kopi Susu pertama kali diperkenalkan ke Rhode Island di awal tahun 1930-an. Kopi susu muncul dari restoran kreatif dan operator apotek mencoba untuk menarik pelanggan baru dengan minuman kreatif. Sementara itu, Es Kopi susu sudah ada di Indonesia sejak tahun 1927, tepatnya di Kawasan Glodok, Jakarta. Lebih dikenal dengan Kopi Es Tak Kie, Tak Kie diambil dari kata tak dan kie. “Tak” memiliki arti Bijaksana, sederhana, dan apa adanya. Sedangkan “Kie” memiliki arti mudah diingat oleh orang. Kedai ini didirikan oleh seorang perantau dari China bernama Liong Kwie Tjong.

Lalu, Es Kopi Susu modern mulai ramai semenjak muncul brand seperti  Kopi Tuku dan Kopi Kenangan yang membuat bisnis coffeeshop menjadi francaise sehingga mudah diakses oleh orang banyak. Dari situ juga lah Es Kopi Susu berhasil merubah stigma mahal coffeshop menjadi lebih terjangkau oleh masyarakat luas. Dan sekarang mulai banyak coffeeshop independent yang menjadikan Es Kopi Susu sebagai menu andalan.

Komposisi Es Kopi Susu

Setelah kita kupas tuntas soal Es Kopi Susu, nggak lengkap rasanya kalau kita nggak sekalian belajar cara buat minuman kekinian ini. Yuk get your note and les’t start it.

Bahan – bahan :

  • Gula Aren 40 gram
  • Fresh Milk 100 gram
  • Espresso 30 gram/single shoot
  • Es batu

Setelah semua bahan terkumpul, satukan semua bahan bahan diatas ke dalam satu wadah lalu aduk sampai merata. Dan voila! Es Kopi Susu kalian siap buat nemenin kalian yang WFH atau kuliah online. Selamat mencoba!