Time Management ala Ketua HIMTRI, Bagraswara Rahindra!

Blisteners, kadang agak susah ya membagi waktu antara kuliah, berorganisasi, dan bermain dengan teman-teman. Padahal, semua itu tentu harus dilakukan dengan seimbang. Nah, gimana sih caranya menyeimbangkan ketiga hal tersebut agar nggak bentrok satu sama lain? Berikut ini obrolan Reporter kita, Ghifari Ramadhan Fadli (G) dengan ketua HIMTRI, Bagraswara Rahindra (B) tentang Time Management! Kalau lo mau tau tips-tipsnya, baca artikel ini yuk!

Bagras menerima kunjungan roadshow Universitas Indonesia.

 

G: Sebelumnya boleh perkenalin diri dulu nggak kak?

B: Halo Ghifari, nama gue Bagraswara Rahindra bisa dipanggil Bagras. Bagras ya bukan bagas hahaha. Gue dari Teknik Industri 2015 dan gue adalah ketua HIMTRI periode 2018.

G: Lagi sibuk apa kak sekarang?

B: Kesibukan saat ini yang lagi gue jalanin itu pastinya kuliah, ngurusin organisasi, dan lagi persiapan untuk nyari tempat magang.

Sharing Pengalaman HIMTRI kepada aktivis HIMTRI di kelas.

G: Kenapa tertarik menjadi ketua HIMTRI kak? Dan boleh diceritain nggak gimana bisa kepilih dan kualifikasi untuk menjadi ketua itu seperti apa sih?

B: Karena bagi gua, jadi Ketua Himpunan itu adalah kesempatan emas yang nggak bakal datang 2 kali. Gue yakin bisa menambah pengalaman gue yang bisa bermanfaat kedepannya. Dan jadi ketua himpunan itu bisa memberikan manfaat buat orang-orang sekitar, terutama semua mahasiswa aktif Teknik Industri. Tahun lalu gue ikut dalam pemilu, calonnya ada 2 yaitu gue dan Taufik yang sama-sama dari Teknik Industri 2015. Untuk kualifikasi jadi ketua itu ada dari Biro Kemahasiswaan Binus (SCDC). Disitu gue coba yakinin semua orang kalau gue bisa megang amanah jadi ketua himpunan. Setelah kampanye 1 bulan datanglah masa pemilu. Disitu gue ikut debat terbuka, gue bener-bener berusaha menjawab pertanyaan dengan memberikan yang terbaik. Alhamdulillah gue menang pemilu hehehe. Oh iya, penilaiannya bukan cuma dari voting mahasiswa tapi ada juga penilaian dari ketua jurusan, SCDC dan dari pengurus HIMTRI periode sebelumnya.

Kegiatan LKMO 2018 di Sentul.

G: Apa sih kak kesulitan dan suka duka menjadi ketua HIMTRI?

B: Kesulitan jadi ketua HIMTRI yang saat ini gue rasakan adalah berusaha mencapai target yang udah gue dan teman-teman di himpunan rencanakan, bagaimana bisa tetap membuat semangat teman-teman di himpunan ini kuat. Karena setiap orang termasuk gue pasti punya on-offnya masing-masing. Nah, disini gue sebagai ketua harus bisa semangat terus supaya bisa kasih contoh ke semua orang gitu. Suka yang gue rasain jadi ketua itu ketika gue melihat adanya perkembangan dan hasil positif yang dihasilkan dari bersusah-susah yang sebelumnya dirasain. Contohnya kemarin HIMTRI mengadakan P2M. Disitu gue senang karena project P2M Alhamdulillah sudah lebih berkembang dari tahun sebelumnya. Serta project ini alhamdulillah bikin warga disitu senang karena apa yang kitaberikan ke mereka. Serta liat panitia-panitia yang bahagia karena bisa berpartisipasi secara langsung ke HIMTRI.

 

G: Ada trik tersendiri dalam menjalankan HIMTRI nggak kak?

B: Trik sederhana ya… hmmm kalau gue sih gaada trik-triknya ya. Intinya untuk menjalankan organisasi pasti akan ada banyak hal yang gue nggak tau. Oleh karena itu, penting yang namanya rasa ingin tau dan belajar sama yang lebih  berpengalaman. Terus harus banget dilakuin namanya memberikan evaluasi dan inovasi dari kegiatan yang ada. Supaya organisasi benar-benar bisa berkembang kedepannya.

 

G: Gimana sih cara bagi waktu antara himpunan dan kuliah?

B: Cara bagi waktu antara himpunan dan kuliah kalau yang biasa gue lakuin adalah fokus sama prioritas yang sedang ada di depan mata. Gue harus tau apa yang harus gue dahulukan antara kuliah, himpunan, dan main. Jadi ketiganya harus seimbang meskipun keliatannya nggak gampang, tapi gue selama ini alhamdulillah bisa menyeimbangkan ketiganya.

Kegiatan LKMO 2018 di Kampus Kijang.

 

G: Kakak ingin HIMTRI kedepannya seperti apa?

B: Kedepannya gue berharap banget HIMTRI itu benar-benar bisa jauh lebih berkembang lagi, semua orang yang ada di HIMTRI bisa berperan mengembangkan himpunan ini jadi lebih baik, serta bisa memberikan manfaat bagi orang banyak, baik buat masyarakat Teknik Industri maupun diluar Teknik Industri.

 

Nah itu dia Blisteners, obrolan Reporter Bvoice Radio dengan Bagraswara Rahindra. Semoga tips and trick dari Bagras tentang Time Management bisa bermanfaat dalam menyeimbangkan antara kuliah dan social life lo! Buat lo yang masih kepo dengan kegiatan apa aja sih yang ada di HIMTRI, yuk langsung aja cek Instagram mereka di @himtribinus.

 

Don’t forget to follow our social media for more information!

Instagram          : @bvoice_radio

Twitter               : @bvoiceradio

Facebook           :BVoive Radio

Line@                 : @bvoiceradio

iOs& App Store :BVoice Radio

 

(Writer: Ghifari Ramadhan Fadli / BVoice Radio)

(Editor: Elia Geraldine / BVoice Radio)

More Like This