Liburan Seru dengan Budget Kecil? Bisa Kok!

Blisteners, ketika perasaan lo sedang gundah, kacau, galau atau bahkan pusing karena tugas kulia yang ga kelar-kelar pasti lo butuh hiburan untuk bisa menyegarkan pikiran dan melupakan hal yang mengacaukan pikiran lo.  Liburan pasti menjadi salah satu solusi yang tepat. Karena dengan liburan, lo bisa melupakan gundah-gulana dan resah di hati untuk sejenak.

Namun gimana nih ketika rencana liburan lo gagal gara-gara budgetnya kurang ? Nah tenang aja, Blisteners. Karena Bvoice Radio punya tips gimana caranya liburan seru dengan budget kecil. Simak yuk dibawah ini!

1. Buatlah Rencana Jauh Hari

Terbatasnya budget untuk berlibur membuat lo harus cerdas dalam merencanakan perjalanan. Pertama, yang harus lo lakukan membuat catatan rincian apa saja yang dibutuhkan, dilakukan, dan memperkirakan biaya dari segala aspek. Rencanakan destinasi lo ketika membuat rencana liburan, misalnya ke Bali.

Perkirakan pantai mana saja yang ingin lo kunjungi dan carilah informasi tentang tiket masuk, transportasi, dan yang lainnya. Ada baiknya jika lo memilih tempat yang free tiket sehingga hal ini akan memudahkan untuk berkujung dan meminimalkan pengeluaran.

2. Manfaatkan Promo

Di Indonesia kini tidak susah lagi untuk membeli tiket pesawat maupun mencari hotel. Bahkan banyak website yang tidak jarang penawaran promo untuk liburan. Jika lo ingin berlibur tapi dengan bugdet yang minim, inilah saatnya lo untuk memanfaatkan promo-promo tersebut.

Belilah tiket promo jauh-jauh hari agar nantinya lo tidak bingung ketika akan berangkat berlibur. sehingga lo tidak perlu memikirkan harga tiket pesawat maupun harga hotel yang selangit karena sudah persiapkan jauh hari.

3. Pilihlah Hari yang Tepat

Berlibur memang sebuah kegiatan yang menyenangkan, tapi hal ini bisa menjadi menyebalkan jika budget yang dikeluarkan sangat tinggi dan diluar perkiraan kita. Untuk mengantisipasi besarnya pengeluaran, lo bisa memilih waktu liburan yang tepat.

Liburan sendiri memiliki dua musim, yaitu high season dan low season. Berlibur ketika high season memang akan sangat menyenangkan dan ramai akan pengunjung. Namun, pada musim ini tiket pesawat, tiket hotel dan tiket masuk ke dalam tempat wisata akan lebih mahal dua kali lipat dari biasanya. Nah lo dapat memilih hari biasa untuk berlibur bukan hanya tiket pesawat, harga hotel dan harga masuk tempat wisata pun pasti lebih murah loh Blisteners.

Nggak perlu banyak uang untuk bisa liburan di akhir tahun. Kamu masih bisa liburan hemat dan murah di akhir tahun dengan melakukan hal berikut.

4. Berlibur secara rombongan

Jika lo ingin berlibur dengan biaya yang murah, maka liburlah secara rombongan. Ajak teman, sahabat, saudara, keluarga, atau kenalan dari grup tertentu. Sebab, terkadang ada layanan liburan yang bisa dinikmati secara lebih murah bila ada banyak orang yang mengikutinya secara bersamaan. Karena pihak penyelenggara liburan akan menyediakan paket liburan yang lebih murah disesuaikan dengan banyaknya peserta. Meskipun begitu, cara ini dianggap kurang cocok bila lo ingin liburan sendiri atau hanya dengan orang terdekat. Tetapi manfaatnya dari cara ini adalah lo bisa menjalin hubungan lebih baik dengan orang lain dan tentunya biaya liburan jadi semakin murah.

5. Pakai Kartu Kredit

Solusi yang satu ini menjadi jawaban mengapa lo tidak boleh antipati dengan yang namanya kartu kredit. Pada saat keadaan kepepet seperti sekarang, saat lo tidak mau mengambil uang tabungan atau dana darurat. Dan karena sudah tidak ada dana berlebih, kartu kredit bisa menjadi pilihan untuk lo yang ingin menikmati liburan dadakan dengan budget minim.

Namun ingatlah selalu bahwa setiap keputusan harus dipertimbangkan dengan matang. Seperti berapa besar limit kartu kredit yang akan digunakan dan tagihan yang harus ditanggung. Tentunya lo tidak ingin liburan yang serba senang namun harus pusing di kemudian hari kan Blisteners?

6. Lupakan Oleh-oleh

Seakan telah menjadi budaya orang Indonesia bahwa siapa yang pergi berlibur wajib membawa oleh-oleh khas destinasi wisata. Untuk yang satu ini lupakanlah dulu! Mungkin Anda tidak perlu membeli terlalu banyak, tetapi cukup untuk keluarga di rumah saja.

Lo tidak memiliki kewajiban untuk membawa oleh-oleh. Jadi jangan lantas merasa bersalah ketika disindir oleh teman atau tetangga. Bilang saja, maaf oleh-olehnya cucian kotor hehehe. Sekedar untuk mencairkan suasana daripada harus menguraikan serentetan alasan yang sebenarnya tidak perlu diutarakan.

Gimana Blistener, gampang banget kan kalau mau liburan dengan budget kecil? pastinya jangan lupa lakuin tips tips di atas ya!

Don’t forget to follow our social media for more information!

Instagram              :  @bvoice_radio

Twitter                    :  @bvoiceradio

Facebook               :  Bvoice Radio

Line@                     : @bvoiceradio

iOs&App Store      :  Bvoice Radio

Writer : Sicilia Asrulavpisca (Reporter Bvoice Radio)

Editor : Regita Dewi S W (Reporter Bvoice Radio)