Nabila Kirana Putri: For Me STAMANARA Is More Like My Second Family!

Seni tari merupakan seni yang menggunakan gerakan tubuh secara berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan mengungkapkan perasaan, maksud dan pikiran. Tarian merupakan perpaduan irama dari beberapa unsur yaitu raga, irama, dan rasa. Dalam menari kita juga bisa membangun semangat dalam diri dan menghilangkan rasa bosan, dan lelah. Seni tari juga ada jenisnya, yaitu tari tradisional dan modern. Pas banget nih, kali ini BVoice Radio berkesempatan mewawancarai Ketua Umum UKM Tari di Universitas Bina Nusantara. Nama UKMnya adalah STAMANARA. STAMANARA adalah UKM tari yang di ketuai oleh Nabila Kirana Putri.

B: Nabila STAMANARA didirikannya kapan?
N: STAMANARA didirikan sejak 6 juni 1996.
B: Menurut Nabila nih STAMANARA itu apasih?
N: Menurut aku STAMANARA itu sebuah UKM yang dimana orang-orang kreatif dengan talenta dan hobi dance kumpul. Genre dance di STAMANARA itu ada banyak, yaitu modern dance, ladies style, hip hop, hip hop ladies, bboy, k-pop, dan tradisional yang baru. Nah talent anggota STAMANARA itu bener-bener diasah banget deh disini. And not only dance, kita juga diajarin cara berorganisasi like a professional disini. But honestly, for me STAMANARA is more like my second family! Hehe.
B: Tujun STAMANARA didirikan apa nih Nab?
N: Tujuan STAMANARA didirikan based on AD/ART adalah yang pertama, untuk membina semangat solidaritas dan hidup berkedisiplinan. Yang kedua, untuk melatih kemampuan organisasi. Dan yang ketiga, untuk membina dan mengembangkan kreatifitas mahasiswa dalam seni tari.
B: Kalo visi dan misi sendiri di STAMANARA apa tuh Nab?
N: visinya menjadikan STAMANARA UKM terdepan, panutan, dan penuh dengan prestasi di Universitas Bina Nusantara dan di Republik Indonesia, melalui peleburan kegemaran yaitu di bidang seni tari dan organisasi. Dan salah satu misinya itu melakukan kegiatan-kegiatan yang melatih dan mendidik anggota agar memiliki semangat, disiplin, bertanggung jawab, dan rasa solidaritas yang tinggi.
B: Kalau ketua STAMANARA tahun ini siapa nih Nab?
N: Ketua umum STAMANARA sekarang adalah aku, Nabila Kirana Putri. Aku sekarang semester 4 jurusan Marketing Communication: Corporate PR, dan aku juga merangkap jadi Ketua Regional Kemanggisan. Aku juga punya Ketua Regional di kampus Binus Alam Sutra, namanya Claudia Calista. Dia semester 4 jugu jurusan Marketing Communication.
B: Wah keren juga, selamat ya Nabila. Menurut Nabila cara menjadi pemimpin yang baik itu gimana sih?
N: For me personally, the first thing we should know about how to be a great leader is to believe that WE ARE LEADERS, then act like ones, think like ones, talk like ones, even walk like ones. It really affects your personality. Then a leader should have basic ethics inside their mind & soul. Integrity matters the most, it includes honesty, condidtency, moral uprightness. Another thing that matter is to listen to other and also being open-minded. Because as a leader, you must have one or a bunch of people to be lead, those who follow you. It means that you just can’ t make a decision of your own. You have to listen to other’s opinion, and see through their perspectives. Be responsible, be brave, and be humble!
B: Nah apa sih hal yang membuat Nabila tertarik nih masuk ke STAMANARA dan jadi ketuanya?
N: PASSION! Aku pengen banget jadi penari pro hehe. Udah hobi banget dari kecil kali yaa, denger musik joget hahaha. Emang dari TK sampe sekarang kuliah aku selalu ikut ekskul yang berhubungan dengan music dan choreography. Jadi begitu masuk BINUS, hati aku langsung tertuju ke STAMANARA hahaha. Apalagi track record STAMANARA itu udah ngga perlu diragukan lagi, semua juga ‘dihajar’. Kalo soal ketua, jujur waktu itu aku dicalonin dan dipercaya senior buat jadi ketua, bukan kemauan sendiri. Tapi aku orangnya itu goal-digger-type sih, dan curious sama hal-hal baru. Jadi bermodalkan believe dan confidence, aku pun jadi ketua umum. Dan Alhamdulillah sampe sekarang masih bisa bertahan. Yang penting mau belajar dan berusaha aja sih, never take a “no” for an answer. Bingung ya nanya, salah ya ulang. Namanya juga manusia buat kesalahan itu biasa, asal jangan diulang terus.

B: Kalo suka dukanya jadi General President of STAMANARA (ketua) ada ga sih Nab?
N: Ada! Banyak banget. Aku kasih tau yg ‘ngena’ aja yaa. Suka nya adalah pengalaman aku jauh lebih banyak dibandingkan temen-temen aku yang bukan ketua. The way I talk, act, solve a problem, manage myself, manage my time, is waaayyy better than my friends do. Aku jadi lebih mandiri banget, tanggung jawab, dan lebih dewasa lagi. Jadi sangat amat useful buat hidup aku. Terus kan ikut organisasi itu hitungannya menurut aku sukarela. Walaupun harus ‘berjuang’ setahun ke depan selama kepengurusan dan gak dibayar, aku nga ngerasa ini beban karena sesuai dengan passion aku. Kalo duka nya nihhh very exhausting! Aku kurang tidur dan sering telat makan karena bagi waktu buat keluarga, kuliah, STAMANARA, job diluar, dan buat main itu susah. But sometimes you have to sacrifice something to reach your goal, right? Sampe gapunya pacar nih saking sibuknya hahaha just kidding. Dukanya juga sih jadi ketua umum itu tanggung jawabnya besar banget. Kadang aku takut kerja aku mengecewakan karena yang aku handle adalah 2 regional, Kemanggisan dan Alam Sutera.
B: Berat juga ya jadi Ketua Umum. Menurut Nabila nih, gimana teknik menari yang baik?
N: Kalo menurut aku masing-masing individu punya tekniknya masing-masing. Jadi harus sering ikut workshop dance sih biar tau lebih ke arah mana genre dance kita. Kalo aku lebih ke modern dance yang ladies, hip hop pun tetep yang ladies. Jadi tergantung basic and skill orangnya. Terus nari yang bagus itu pake feeling, from head-to-toe harus bener-bener ngehayatin tiap beatnya. Expression, body gesture, sharpness, dan showmanship harus dilatih terus. Jadi intinya teknik menari tiap orang bisa jadi lebih baik dengan cara practice, practice, and practice.
B: Emang harus practice sih ya kuncinya Nab. Kalo kesibukan Nabila diluar STAMANARA apanih?
N: Aku termasuk cewek yang gabisa diem sih. Kesibukan aku diluar ada banyak banget kayak sering ikut job-job dance di luar STAMANARA, casting (udah beberapa kali main iklan dan FTV), modeling, dan paling main sama temen-temen aku sih. Kalo lagi day off aku lebih suka “me time” ke salon atau ke tempat ngopi aja.
B: Banyak juga ya Nabila kegiatannya, kalo hobinya apa Nab?
N: Hobi aku dance, design baju, main piano, modeling, dan jalan-jalan. Banyak yaa hehehe.

B: Terus nih apa yang Nabila dapet setelah menjadi bagian dari STAMANARA dan menjadi ketua umumnya?
N: Yang paling utama sih pengalamannya. Pengalaman di tim dance, organisasi , temen-temennya, lombanya, dan banyak banget deh! Suka duka STAMANARA udah kerasa dari awal masuk, tapi itu justru makin bikin solid. Pokoknya aku ngga nyesel jadi bagian dari STAMANARA, bahkan jadi ‘kepala’-nya.
B: Kalo kegiatan rutin STAMANARA sekarang apasih Nabila?
N: Buat sekarang tim-tim STAMANARA lagi transfer choreo lama ke anak-anak baru sampe akhir Maret. Nanti April untuk STAM Troopers sih PIC event lagi nyiapin event STAMANARA masing-masing. Dan untuk divisi2nya juga lagi mengerjakan job desc masing-masing, kayak ngadain Sharing Class, Open Class, etc.
B: Hal apasih yang bikin Nabila bangga sebagai anak STAMANARA?
N: Anggota STAMANARA yang bener-bener solid dan kreatif! Karena satu hobi, jadi satu hati. Ditambah lagi anak-anak barunya juga antusias banget buat bikin event ini itu dan ngejar choreo. Aku bisa belajar jadi ketua pun itu karena anggota aku yang luaaarr biasa hehehe.
B: Pernah gaksih Nab ngerasa kesulitan buat ngebagi waktu antara kuliah dan STAMANARA?
N: Pernah banget sih, tapi sekarang udah mulai kebiasaan hehe. Pertamanya itu susah banget. Latihan STAMANARA selalu dari sore sampe malem. Belum lagi double-player (ikut lebih dari 1 tim) dan waktu itu aku 3 tim, jadi jam latihannya extra. Bisa 3-4x latihan dalam seminggu, dan bisa sampe jam 11 malem. Jadi sering banget skip kelas pagi jam 7:20 hahaha. Cuma sekarang aku lebih terbiasa aja buat belajar bangun pagi dan tugas pun selalu dikerjain. Bener-bener belajar untuk balance antara kuliah dan hobi. Jadi walaupun sibuk, IPK ku tetep diatas 3.33.
B: Keren banget sih Nab, kalo STAMANARA sendiri udah pernah ikut lomba atau tampil dimana aja?
N: Udah ngga keitung! Tapi untuk tahun kemarin sih udah perform di beberapa festival K-Pop yang lagi hits, juara 2 di Regina Pacis Bogor, anniversary Dunlop, dan masih banyak lagi. Kalo untuk tahun ini udah banyak yang nawarin job perform. Cuma belum siap karena masih transfer choreo sih hehe.
B: Kalo prestasi STAMANARA nih apa aja sih yang udah di raih Nab?
N: Kalo banyaknya yang jelas banyak banget, aku ngga bisa nyebutin extra numbernya. Bisa dilihat piala STAMANARA banyak banget dilemari SOK. STAMANARA hampir selalu juara 3 besar dan favorit. Pernah 3 or 4x berturut-turut juara 1 di annual dance competition kampus mananya aku lupa banget nih. Dan anggota STAMANARA udah mengikuti lomba level international, dan bahkan ikut komunitasnya kayak One Million!
B: Keren-keren banget ya anak STAMANARA, terus nih apa yang Nabila harapkan kedepannya buat STAMANARA?
N: Aku harap STAMANARA bisa jadi UKM yang maju dan progressive. Bisa jadi ‘panutan’ untuk yang lain, mau dalam hal organisasi ataupun dibidang tarinya. Anggota STAMANARA juga tetep antusias dan tetep berkembang jadi yang lebih baik di setiap generasi mendatang. Ngga ada yang takut buat nyoba hal baru, solid satu sama lain, tanggung jawab, dan mau berkorban. Pokoknya sih aku berharap STAMANARA bisa naik ke level yang lebih tinggi!”
Keren banget kan Blisteners UKM STAMANARA di Universitas Bina Nusantara. Udah sampe ke international loh. Kalian yang gapunya basic dance tenang aja, pasti diajarin sampe bisa nih di STAMANARA. Buat kalian yang tertarik nih pengen banget jadi anak tari, masuk BINUS aja yuk terus masuk STAMANARA! Semoga STAMANARA kedepannya makin keren, dan makin terdepan ya seperti yang di harapkan. Amin

 

 

 

 

 

 

 

 

(Writer : Aqilah Nasywa Ilyasa / BVoice Radio)
(Editor : Muhammad Maulana Zakky Putra / BVoice Radio)