Suka Seni Fotografi? Gabung Aja Di KLIFONARA!

Blisteners, kira-kira apa sih yang ada dipikiran lo ketika mendengar kata seni? Yaa seni itu bebas dan sulit untuk dinilai, karena seni merupakan intisari ekspresi dari kreativitas manusia. Dari sekian banyak macam seni, kali ini kita bakalan ngebahas salah satu UKM seni fotografi yang ada di Binus University, tepatnya KLIFONARA (Klub Seni Fotografi Bina Nusantara). Penasaran apa aja sih kegiatan-kegiatan di KLIFONARA? Yuk langsung aja simak wawancara Reporter BVoice dengan salah satu perwakilan KLIFONARA, Donny Hartady!

 

B: Hai Donny, boleh dijelasin apa itu KLIFONARA? Dan sejak kapan KLIFONARA dibentuk?

D: KLIFONARA itu klub seni fotografi yang ada di Binus dengan tujuan utamanya memberi wadah bagi mahasiswa Binus yang cinta fotografi, biasanya orang yang gabung di KLIFONARA emang udah ada passion dan hobi di bidang tersebut. KLIFONARA sendiri udah ada dari 10 Juni 1998 di Kampus Kemanggisan, lalu munculah di Kampus Alam Sutera. Makanya sekarang KLIFONARA punya 2 regional.

keseruan dari anggota KLIFONARA

B: Kegiatan di KLIFONARA ada apa aja sih?

D: Kita punya kegiatan rutin seperti hunting mingguan di sekitar Jakarta, ada juga hunting tahunan, biasanya kita keluar kota kayak ke Karimun Jawa, Semarang, dan kemarin ke Bali. Lalu ada juga Diklat, Welcoming Party dan terakhir bikin pameran sama seminar/workshop gitu sih.

kegiatan hunting yang rutin dilakukan KLIFONARA di daerah sekitar Jakarta

hunting di Jakarta, gak afdol lah yaa kalau tidak ke Monas

B: Ada event yang terdekat ini ga?

D: Ada, seperti biasa kalo ada penerimaan anggota baru kita ngadain Welcoming Party atau di KLIFONARA namanya KOLASE (Klifonara Obrolan Seru). Sama kita bakal ada pameran di bulan November atau Desember nanti di luar kampus, kayak tahun lalu kita adain di Gedung Olveh, Kota Tua.

B: Apa anak KLIFONARA semuanya pecinta fotografi?

D: Pada dasarnya iya. Tapi ada juga yang gabung karena mau belajar, ada juga yang udah jago. Di KLIFONARA pertama gabung, semuanya kita ajarin dari basic banget kayak teknik-tekniknya, positioning, framing, dan segala macem. Lalu sampai ke kelas advance, yang belajar langsung di studio KLIFONARA, di sini diajarin cara pakai peralatan di studio seperti apa, pemakaian lampu yang baik seperti apa, dan kita sediain modelnya juga.

Kegiatan KLIFONARA saat di studio

B: Wah keren! Kira-kira bisa gak orang lain menyewa jasa foto dari KLIFONARA?

D: Kalo ke anak KLIFONARAnya bisa. Tapi biasanya kalo seperti itu minta ke bagian production. Kita punya project di luar KLIFONARA, karena hal ini kan di luar urusan kampus.

B: Oh iya, apa semua anak KLIFONARA harus punya kamera?

D: Enggak harus, karena KLIFONARA ini kan klub seni fotografi bukan klub kamera, jadi yang gak punya kamera dan mau gabung di KLIFONARA itu gak jadi masalah.

B: Apa benefit yang bakal didapat kalo gabung ke KLIFONARA?

D: Yang pertama, bakal dapet kelas Diklat gratis, karena kalo diluar, kelas Diklat itu yang basic-nya aja biayanya mahal. Nah, kalo di KLIFONARA bebas biaya asal sudah daftar, lalu dapet buku, keanggotaan seumur hidup, bisa pake fasilitas studio dan terakhir dapet rasa kekeluargaannya hehe.

ini dia salah satu hasil jepretan dari anggota KLIFONARA

sudah seperti profesional ya, Blisteners!

gak heran deh kalo KLIFONARA menjadi salah satu UKM favorit di Binus

B: Terakhir nih, buat lo pribadi apa harapan kedepannya buat KLIFONARA?

D: Yang pasti semoga makin solid, makin banyak anggotanya, makin banyak yang aktif, banyak acara-acara KLIFONARA yang sukses, semoga makin banyak juga perkumpulan fotografi yang mau ngajakin kerjasama dan terakhir semoga KLIFONARA makin dikenal di dalam maupun luar kampus.

Nah, itu tadi perbincangan BVoice dengan UKM KLIFONARA. Ternyata seni fotografi itu seru juga ya, Blisteners. Jadi buat lo yang suka sama seni fotografi dan juga mau nyalurin hobi lo, langsung aja gabung di KLIFONARA! Karena bakal banyak benefit yang lo dapet di sana. Oh ya, buat info seputar BVoice dan event-event menarik lainnya, lo bisa follow kita di:

Instagram        : @bvoice_radio
Twitter             : @bvoiceradio
Facebook        : BVoice Radio
Line@             : @bvoiceradio

Written by      : Fazria Suhardini ( Reporter / BVoice Radio )
Edited by        : Zahra Aquila ( Reporter / BVoice Radio )