FABIAN ELIUSYANA : “ MENGALAMI PERKEMBANGAN DIRI SELAMA DI HIMTRI “

Halo Blisteners! Di Binus punya banyak Himpunan Mahasiswa dari berbagai jurusan loh, salah satunya Himpunan Mahasiwa Teknik Indrusti yang biasanya disebut Himtri. Kali ini, Bvoice Radio berkesempatan ngobrol – ngobrol bareng Wakil Ketua Himtri yang bernama Fabian Eliusyana. Katanya, banyak banget hal pelajaran baru yang bisa dia ambil selama mengikuti Himtri. Penasaran kan? Yuk langsung aja scroll kebawah!

B : Bvoice Radio

F : Fabian Eliusyana

 

B : Halo Fabian, di Himtri tuh ada kegiatan apa aja sih ?

F : kegiatannya ada yang dari SCDC seperti ada LKMO,P2M,TKH, ada juga Internasional Studytour, dan proker kerja company visit. Kalo yang dari internal dari Himtri itu biasanya kita suka mengadakan Gathering, jalan – jalan bareng, nonton film bareng setiap beberapa bulan.

B : Himtri pernah kunjungan ke Perusahaan Indrusti gak ? Menurut lo, Perusahaan Indrusti apa yang paling membuat lo merasa interest ?

F : Sudah banyak kita ke kunjungan Perusahaan Indrusti, antara lain ke Pocari Sweat, BMW, Coca Cola, Toyota, Daihatsu, Suzuki, dan GMF Garuda. Yang paling gue merasa interest ya ke Perusahaan GMF Garuda karena disitu gue ngeliat mesin pesawat dan dapet ilmunya secara langsung.

 

 

B : Ada gak sih kelebihan atau keistimewaan sebagai wakil Himtri?

F : Kalau dibilang kelebihan atau Keistimewaan itu lebih kepada mengexplore diri gue lebih jauh, bisa mewakili anggota Himtri di setiap angkatan yang udah lulus maupun yang masih di Binus gimana gue mengayomi mereka, mengembangkan Himtri kedepannya seperti apa.

B : Selain ngebantu ketua, Tugas wakil di Himtri ngapain aja ?

F : kayak gue lebih ke bersosialisasi ke anggota lainnya, soalnya kalau ketua itukan lebih fokus ke proker kerjanya.

B : Selama menjadi ketua di Himtri, lo pernah mengalami masa kesulitan gak?

F : Mungkin kesulitan itu ada didalam diri gue sendiri sih, karena gue gak cuma aktif dikampus tapi ada beberapa event diluar Himtri yang gue ikutin. Itu yang membuat masalah di time management gue yang terkadang bentrok.

B : Pasti yang namanya Himpunan banyak kegiatan yang menyita waktu. Gimana cara lo membagi waktu dengan Himtri, Kuliah, dan Keluarga ?

F : Kalo dari gue, biasanya gue ngebuat empat kuadrant waktu, yang penting tidak penting, yang mendesak tidak mendesak. Terus gue membuat list kegiatan perhari, bikin reminder alarm H-2 sebelum kegiatan, jadi misalkan gue lupa alarm itu bakal bunyi buat ingetin gue. Dan minta tolong temen juga buat ingetin atau kabarin tentang Himtri.

B : Menurut lo acara atau kegiatan Himtri yang paling seru ?

F : Ada, menurut gue acara yang paling seru di Himtri itu ada acara Welcoming party menyambut anggota baru biasanya di Cafe, sama Indrustial olympic karena itu ajang setiap angkatan sampai alumni buat ikut lomba. Jadi ya acaranya rame dan seru banget.

 

 

 

B : Gimana cara lo sebagai wakil, menjaga amanat dan tugas dari ketua untuk mengelola anggota lainnya agar tetap bertahan di Himtri ?

F : dengan cara menjalankan tugas dari keinginan didalam diri sendiri, buka cuma menjalankan tugas hanya sekedar tugas. Untuk mengelola anggota lainnya agar tetap bertahan di Himtri gue lebih mendekatkan diri kepada anggota yang lainnya. Dan gue juga tidak bisa menahan mereka dan itu juga hak mereka, tetapi ketika harus benar – benar keluar dari himtri, dia harus tetap mengerjakan sesuatu dan menerapkan hal pelajaran atau sesuatu yang telah dikasih oleh Himtri.

B : Pernah merasa nyesal gak menjadi wakil ketua?

F : Kalau nyesel sih engga, cuma kadang gue masih merasa belum layak buat jadi wakil ketua. Karena menjadi wakil ketua itu tugas dan amanatnya besar ya. Dan yang gue takutin untuk menjadi wakil ketua cuma sebagai gelar tapi gak ada hal baik yang bisa gue kasih kepada Himtrinya, lebih ke takut sih.. tapi ya seiring dengan berjalannya waktu gue mencoba belajar dan dimenjalani sebagai wakil ketua sampai sekarang.

B : Ada sesuatu pelajaran atau hal apapun yang bisa lo ambil selama menjadi wakil ?

F : Sebenernya intinya satu sih, gue lebih kepada kalo diposisi wakil ketua itu harus bisa lebih mengelola pekerjaan dengan baik, gue bisa melayani mereka sebagai anggota agar mereka menemukan hal baru atau pengalaman yang mungkin mereka contoh dari gue atau yang mereka rasakan sendiri ketika menjalani sesuatu kegiatan di Himtri.

B : Terus, ada gak perubahan dari diri lo dari dulu sampai sekarang ?

F : Dulu gue mengalami kejadian buruk selama menjabat jadi ketua Rohis pas SMA, Organisasinya bubar karena ada sesuatu hal tertentu. Dan gue mempunyai kesempatan dikuliah untuk memperbaiki kondisi dulu gue di SMA yang mungkin dulu dalam managementnya gue kurang. Intinya lo berada di Himpunan itu satu, kalau lo gak peduli terhadap himpunan, dan gak mempunyai rasa kepercayaan di himpunan, ya lo berada dihimpunan itu cuma berdasarkan status pekerjaan. Dan perubahan yang gua alamin adalah kalau menjalani pekerjaan harus ada keinginan dari dalam diri sendiri.

B : Pengalaman yang didapat selama di Himtri ?

F : yaitu gue bisa ketemu sama senior, dan alumni dimana mereka kasih gue motivasi selama perkuliahan ini karena gue ngerasa anak Binus kurangnya itu dimotivasi kuliah. Dan selama gue di Himpunan gue ngerasa banyak sesuatu hal untuk dipelajari yang belum tentu anak – anak lain mengalami hal seperti yang gue alamin.

 

Nah itu dia Blisteners, obrolan Bvoice Radio bareng wakil ketua HIMTRI Fabian Eliusyana. Seru kan? Banyak hal yang harus kita pelajari selama kita mengikuti perkuliahan. Banyak banget manfaatnya buat Blisteners khususnya mahasiswa jurusan Teknik Indrusti buat masuk ke HIMTRI. Yang masih kepo sama event HIMTRI bisa langsung follow instagram mereka di @himtribinus

 

Dont’ forget to follow our social media for more information!

 

Instagram             : @bvoice_radio

 

Twitter                  : @bvoiceradio

 

Facebook              : BVoice Radio

 

Line@                    : @bvoiceradio

 

iOs& App Store    :BVoice Radio

 

 

 

(Writer: Innayah Mutiara P / Bvoice Radio)

 

(Editor: Rizki Virani / Bvoice Radio )