Makna di Balik Lagu ‘Checkmate?’ Farah$yah

 

Setiap lagu, pasti punya arti atau ceritanya tersendiri, sebuah lirik lagu merupakan ekspresi seseorang tentang suatu hal yang sudah dilihat, didengar maupun dialami oleh sang penciptanya. Tak terkecuali lirik – lirik yang ditulis oleh Farah Syah, Binusian 2022 yang mengeluarkan single pertamanya yang berjudul ‘Checkmate?’. Kali ini, reporter Bvoice Radio, Sandyta Putri (B) berkesempatan untuk ngobrol-ngobrol bareng Farah (F) lho, Blistener. Yuk, disimak obrolannya!

 

B: Halo Farah, lagi sibuk apa nih sekarang?

F: Halo, Mumpung sekarang lagi liburan, jadi aku lagi sibuk dan lebih produktif di bidang seni, sama traveling sih, Hehe.

 

B: Wah, seni yang di maksud itu dunia tarik suara ya? Ada gak sih kesibukan selain nyanyi?

F: Iya betul! Sama sekarang paling lagi nyoba buat short movie gitu sih. Nah, salah satunya bakal ditayangin 12 Oktober nanti, Doain ya!

 

B: Seru banget! Boleh ceritain sedikit gak far soal project short movie nya?

F: Nah, yang bakal tayang Oktober ini, (adalah) salah satu film festival dari yayasan yang emang aware sama mental illness, jadi film ini juga tentang mental awareness. Karena sebelumnya, di Indonesia belum ada yang mau mengangkat (topik tersebut), jadi kita tergerak, buat bikin alur ceritanya. Dengan harapan, abis nonton ini, kita bisa ngajak audiens untuk “yuk, healing!”. Di samping itu, aku juga mau keluarin single lagi sih, I’m still work it out! Jedanya emang lama sama laguku yang ‘Checkmate?’, soalnya I want it to be perfect.

 

Screenshot dari music video Checkmate nih Blistener

 

B: Waw, keren banget! Semoga lancar ya Far sama projectnya! Ngomongin soal Checkmate, liriknya pure kamu buat sendiri ya?

F: Iya! Itu aku sendiri yang buat. ‘Checkmate?’ itu ditulis dalam dua periode, di mana part satunya waktu aku masih SMA dan satu lagi pas aku udah kuliah, di mana keadaan aku udah healing dan lebih stable dari yang part satu.

 

B: Jadi, lagunya dibuat dari 2 mental state yang berbeda ya?

F: Betul sekali! Di ‘Checkmate?’ itu juga ngebahas banyak banget.

 

B: Emang lagunya sendiri tuh ngebahas apa sih?

F: Lagunya ini, sebenarnya ngebahas dari stereotype sampai ke dampak verbal abuse—dari  putus hubungan sama sahabat kamu sendiri. Karena menurut aku, ketika kamu having friendship break up, itu (rasanya) lebih sakit dari relationship. Dan aku tipikal orang yang nggak bisa nyanyiin sesuatu, kalau nggak related. Karena aku ngerasa, karya aku ya cerita dan rasa aku.

 

B: Berarti ditulisnya lagu ini tuh dalam rangka revenge atau sekedar encouragement untuk pendengar?

F: Jatohnya sharing, sih. Dan mau membangun orang-orang yang mungkin bisa relate juga, hehe. Dan dalam lirik ‘Checkmate?’ itu juga banyak cerita teman-temanku juga!

 

B: Sebelumnya, pernah nulis lagu tapi buat disimpan sendiri nggak?

F: Aku kan nulis dari SD, tapi beberapa aku rekam manual aja di video gitu. Ada yang disimpan sendiri juga sih, karena ‘ooh enggak enggak, ini terlalu personal’.

 

Potret Farah

 

B: Nah kalau single yang selanjutnya itu bagian dari lirik yang lama ditulis atau baru ditulis?

F: Ada yang lirik lama, ada yang campuran, ada juga yang aku bikin baru! Nuansanya juga bakalan berbeda.

 

B: Oh, berarti nggak cuman satu ya yang bakal dirilis?

F: Iya, bakal ada beberapa! Aku juga mulai ngerancang EP (Extended play). Yaa, semoga aja dimudahkan semuanya.

 

B: Jadi penasaran nih, lo suka nulis cerita atau cerpen gitu nggak sih?

F: Good question! Hahaha, aku suka nulis poet atau sajak-sajak pendek gitu. Tapi, itu aku keep it as personal aja. Mungkin, one day, aku mau coba tulis novel atau buku-buku (tentang) self help.

 

B: Pesan apa yang mau kamu kasih ke diri lo sendiri pas Checkmate periode 1 ditulis?

F: Hmm.. pesannya, makasih ya Farah, yang dulu nggak bertindak impulsive, dan berjuang untuk ambil pulpen dan kertas yang nyatanya bisa jadi sesuatu yang berarti buat orang lain juga. Terus, buat yang di luar sana, we all are struggling the same thing! Don’t ever think you are alone, because you will never be!

 

 

Gimana, Blistener, udah ada pesan yang didapat belum dari percakapan bareng Farah Syah di atas? Intinya, seperti kata-kata Farah barusan, kalau kita semua nggak sendirian, jadi jangan pernah menganggap kalian nggak akan mendapat bantuan ya! Kalau lo penasaran sama lagu ‘Checkmate? ‘ bisa klik disini ya! Dan buat lo yang mau tau lebih lanjut mengenai Farah, lo bisa langsung follow Instagram-nya @bubublackship_!

 

Dont’ forget to follow our social media for more information!

Instagram              : @bvoice_radio

Twitter                  : @bvoiceradio

Facebook              : BVoice Radio

Line@                   : @bvoiceradio

(Writer: Sandyta Putri Prihadno / Bvoice Radio)

(Editor: Shakila Gita / Bvoice Radio)