Nggak Usah Pusing Lagi Karena Online Learning, Cek Tipsnya Yuk!

 

Hai Blistener apa kabar ? Gak kerasa ya sebentar lagi udah masuk semester baru. Yap bakal online learning lagi nih Blistener kayak semester lalu. Sesuai keputusan KEMENDIKBUD, online learning adalah solusi untuk mencegah penyebaran virus corono loh! Nah Blistener, menurut lo online learning itu efektif ga sih? Atau malah menyulitkan? Apalagi buat maba yang harusnya bisa merasakan serunya belajar di semester awal. Nah kali ini Bvoice radio telah memberikan serangkaian tips buat lo agar belajar menjadi efektif dikala online larning untuk menghadapi semester depan! Berikut tipsnya.

1. Cari waktu dan tempat nyaman

https://m.ayosemarang.com/images-semarang/post/articles/2020/07/23/60819/belajar-di-rumah.jpg

Blistener, waktu yang tepat dan tempat yang nyaman sangat berpengaruh dalam proses belajar loh! kalo lo udah mendapatkan tempat yang nyaman otomatis lo akan lebih fokus dalam belajar. Pemilihan waktu dan tempat juga dapat disesuaikan berdasarkan kepribadian lo. Misalnya, lo senang belajar sendirian di kamar pada malam hari atau lo lebih suka belajar di luar misalnya di kafe atau taman bersama teman. Tujuannya adalah untuk membangun mood dalam belajar. Semakin mood pelajaran akan mudah diserap Blistener.

 

2. Pastikan jaringan internet stabil

https://cdn2.tstatic.net/batam/foto/bank/images/ilustrasi-jaringan-wifi.jpg

Blistener, disaat online learning hal yang paling penting adalah jaringan yang stabil. Karena disaat seperti ini kita hanya mengandalkan jaringan internet agar tetap dapat terhubung dengan dosen atau teman-teman karena adanya social distancing. Jadi pastikan jaringan internet lo gak ada gangguan apapun sehingga lo akan lebih mudah fokus dan tidak terganggu. Selain itu pastikan juga komputer atau laptop lo dalam kondisi yang sempurna ya Blistener.

 

3. Repetisi

https://kencrenk.files.wordpress.com/2011/02/childrens-day-learn-696.jpg

Menggulang kembali materi pembelajaran akan membuat lo lebih mudah hafal Blistener. Lo harus banyak-banyak mengulang materi agar hasil belajar menjadi optimal. Misalnya dengan mengulang kembali melihat video pembelajaran atau ppt yang sudah disediakan oleh dosen. Jadi jangan malas untuk repitisi ya Blistener.

 

4. Dukungan orang tua

https://asset.kompas.com/crop/0x0:1000×667/750×500/data/photo/2018/05/28/784330696.jpg

Dukungan orang tua juga sangat penting dalam proses pembelajaran online. Lo pasti akan lebih semangat kalo mendapat dukungan penuh dari orangtua. Seperti contoh suasana rumah yang kondusif. Tapi Blistener lo harus jujur ya sama orangtua lo tentang online learning ini. Dengan begitu orangtua lo akan memberikan dukungan penuh seperti menyediakan makanan, dll.

 

nah itu dia Blistener serangkaian tips dari Bvoice radio agar belajar menjadi efektif dikala online larning untuk menghadapi semester depan! Harus tetap semangat ya Blistener.

 

Don’t forget to follow our social media for more information!

Instagram : @bvoice_radio

Twitter : @bvoiceradio

Facebook : Bvoice Radio

Line@ : @bvoiceradio

(Writer: Pretty angela / Reporter Bvoice Radio)

(Editor: Khansa Salsabila / Reporter Bvoice Radio)