Pengalaman Berbisnis dari Kaum Milenial

 

Pengalaman Berbisnis dari  Kaum Milenial

 

Memiliki penghasilan sendiri sejak muda sudah menjadi impian banyak orang. Hal inilah yang menjadi alasan banyak kaum milenial yang mencoba merintis usaha mereka. Namun sayangnya, tidak sedikit yang gagal dalam menjalankannya dan tidak sedikit pula yang berhasil. Salah satunya adalah Syavika owner dari @maskshop.jkt yang telah berhasil merintis usahanya dari nol hingga berpenghasilan jutaan rupiah. Kali ini, Reporter Bvoice berkesempatan untuk mewawancarai Syavika terkait pengalamannya selama berbisnis.

M:Mulyawan

S:Syavika

M: Halo Syavika! Makasih ya udah mau luangin waktunya buat berbagi pengalaman, kalo boleh tau sekarang lagi sibuk apa nih?

S: Halo, iya sama-sama. Untuk sekarang gua lagi sibuk sama kuliah nih, kebetulan kan gua masih maba, jadi lagi proses adaptasi sama masa kuliah juga. Selain itu juga gua lagi sibuk ngurusin @maskshop.jkt sama lagi nyari ide bisnis baru buat gua seriusin kedepannya. Karena jujur gua masih kurang puas sama yang sekarang, tapi yah tetep di syukurin aja sih hehe.

M: Wah kayanya lu punya minat yang tinggi ya sama bisnis. Kalo boleh tau, lu mulai bisnis lu tuh kaya gimana sih?

S: Awalnya sih gua gak langsung jualan masker organik ya. Jadi, tuh pas gua SMP kelas 7 banyak banget yang ngomongin soal 1D (One Direction) kan, terus banyak temen gua yang suka sama 1D termasuk gua juga, kesusahan buat ngedapetin merchnya. Nah sampai akhirnya gua nemuin 1 distributor merch 1D dan dari situ gua mikir buat gua jualin lagi merchnya ke temen-temen gua. Akhirnya karena banyak yang beli gua mutusin buat buka olshop, makin rame deh yang beli. Terus gua puter uangnya buat jadi modal, buka usaha lain dan sampe lah gua sekarang jual masker organik.

M: Ohh keren ya vik , dari SMP  udah punya pemikiran untuk berbisnis. Terus vik kenapa lu akhirnya mutusin buat jual masker organik?

S: Gua jual masker organik itu awalnya karena gua lagi suka banget nyoba-nyoba masker. Sampai suatu ketika gua cobain deh masker organik dan ternyata bener-bener cocok banget sama gua. Terus iseng-iseng gua racunin deh temen-temen gua, banyak yang minat ternyata. Akhirnya gua langsung aja cobain juga buat buka olshopnya, dan ternyata makin banyak pembelinya. Selain itu juga, setiap barang yang gua jual itu pasti berasal dari barang barang yang gua suka, nah kebetulan kan gua suka sama masker organik, dan banyak yang minat juga yaudah deh gua mutusin buat fokus jualan masker organik.

M: Emangnya kalo boleh tau apa sih vik  bedanya masker organik yang lu jual sama masker biasa lainnya?

S: Masker organik itu lebih ramah lingkungan, terus juga sebenernya lebih hemat meskipun harganya  memang lebih mahal dibanding masker sekali pakai.

M: Oh gitu… vik, selama lu menjalani bisnis ini permasalahan terbesar apa yang pernah lo alamin?

S: Sebenernya bingung juga sih Ya…  kalo dibilang permasalahan terbesar apa, karena banyak banget masalah besar yang terjadi. Pernah ada masalah banyak akun olshop yang ngambil testimoni dari akun gua, itu bikin pusing sih, karena kan berhubungannya sama kepercayaan pelanggan. Terus juga sering banget muncul pesaing-pesaing baru yang ikut-ikutan jualan, tapi yaudah lah ya kalo itu mah kan udah rezeki masing-masing jadi gak terlalu dipikirin, fokus sama bisnis yang gua punya aja.

M: Waduh berat juga ya vik , terus kalo ada masalah kaya gitu, gimana cara lo nyelesainnya?

S: Yang pertama gua lakuin pasti tenangin diri dulu, jangan sampe terus-terus dibawa pusing yang ada nanti malah bikin down. Jadi pastiin dulu kalo diri lu udah bisa tenang baru deh cari solusi, terus coba laksanain solusinya, abis itu tinggal berdoa sama yang diatas.

M: Oke last question nih vik. Pesan untuk anak milenial  yang mau memulai olshop kalo dari lo apa nih?

S: Buat para generasi milenial yang punya impian buat punya bisnis sendiri, gak perlu takut coba aja dulu jalanin, mumpung umur kalian masih muda nikmatin aja prosesnya. Banyak orang sukses diluar sana yang butuh waktu lama buat berhasil, jadi tetep berusaha dan jangan takut gagal.

Itu dia Blistener wawancara bareng Syavika, gimana nih lo tertarik gak buat punya bisnis sendiri kaya Syavika? Buat lo yang masih penasaran dan ingin tau lebih lanjut tentang Syavika dan bisnisnya, bisa kepoin instagramnya :

@maskshop.jkt

@Syavikaadillah

Don’t forget to follow our social media for more information!

 

 

Instagram        : @bvoice_radio

 

 

Twitter            : @bvoiceradio

 

 

Facebook         : BVoice Radio

 

 

 

Line@             : @bvoiceradio

 

 

 

 

 

 

(Writer: Mulyawan Romadhon / BVoice Radio)

 

 

(Editor : Tareq Djalins / BVoice Radio)