BEKAL MASUK RADIO ALA FACHRI RAMADHAN

Blistener, kali ini Bvoice berkesempatan untuk ngobrol sama mantan announcer dari OZ Radio Jakarta,yaitu Fachri Ramadhan atau biasa dipanggil dengan Ai. Obrolannya dijamin seru banget. So, tunggu apa lagi? Yuk langsung aja baca obrolannya di bawah!

Z : Bvoice
A : Kak Ai

Z : Hallo kak, aku mau tanya-tanya sedikit boleh ya?

A : Iya, boleh.

Z : Sekarang Kak Ai lagi sibuk apa ya, kak?
A : Sekarang lagi sibuk kerja sama orang dan mencoba untuk memperkerjakan orang atau membuka lapangan kerja baru gitu.

Z : Kak Ai emangnya kerja dimana dan sebagai apa?
A : Sekarang kerja di salah satu PT, yaitu PT Jenaka Sumber Rejeki yang orang taunya, Majelis Lucu Indonesia. Di situ saya sebagai Kepala Divisi Merchandise dan Apparel yang juga mengatur pemasukannya. Jadi, talent management ini juga menjual product selain menjual talenttalent-nya, yaitu merchandise and apparel ini. Sekarang sih lagi mencoba untuk menjual jasa kayak membuka agency gitu. Yang ditawarin adalah MC, voiceover dan semoga ke depannya bisa menawarkan talent modelling juga. Ya itu aja sih kalo yang lagi dijalanin sekarang.

Z : Denger-denger Kak Ai pernah kerja di radio swasta ya? Radio apa aja ya kak?
A : Keluar dari radio kampus yaitu Bvoice Radio, waktu itu pernah siaran di radio streaming juga namanya Dreamers Radio. Abis itu, setelah lulus kuliah sempet kerja di radio swasta lagi di 90.8 OZ Radio Jakarta. Kebetulan di dunia radio itu sebagai announcer dan juga sebagai producer, jadi gue udah ngerasain gimana jadi announcer di radio swasta dan jadi producer di radio swasta.

Z :  Untuk bisa masuk radio swasta itu, Kak Ai punya bekel apa aja sih?
A : Sebenernya waktu itu sama kayak anak Bvoice yang lain, semuanya mencoba audisi radio swasta yang lagi open recruitment. Paling semua yang udah diajarin di Bvoice, basic siaran kayak gimana, bridging, closing, punchline dan teknik-teknik siaran. Intinya, berani untuk nyoba aja sih. Karena jujur nggak pernah kepikiran kalo bakal keterima, karena yang daftar kan banyak juga ya. Nggak ada bekal yang spesial, yang penting berani aja untuk nyoba dan keluar dari zona nyaman.

Z : Pengalaman apa aja sih yang didapet di radio swasta? Sama apa aja yang dikangenin sama radio?
A : Pengalaman yang didapetin itu banyak banget. Bisa ketemu orang-orang yang nggak expect sebelumnya bakal ketemu. Terus pengalaman dapet pressure yang berbeda karena nggak boleh salah ngomong, harus lebih kreatif lagi. Yang didapetin kayak ketemu orang-orang baru, nambah network juga, ketemu label-label, ngobrol banyak sama orang-orang yang jenius menurut saya pribadi. Terus kangen ya, radio emang bikin kangen jujur. Nggak siaran selama satu bulan aja kangennya bukan main. Kangen banget ngomong sendiri, berangkat subuh biar bisa siaran pagi, mixing, nemenin pendengar, walaupun nggak tau siapa yang dengeri. Pengen dengerin lagu walupun sendirian cuman rasanya tuh kita dengerin lagu bareng-bareng gitu. Kangen juga nelfonin pendengar haha, pendengar curhat lagi dimana dan kangen sama penyiar-penyiar lain yang ada di radio tersebut sih, itu aja.

Z : Boleh ceritain perjalanan karier Kak Ai nggak?
A : Untuk kerja di dunia entertain itu step pertamanya ya masuk Bvoice as announcer, tahun kedua as producer terus keluar Bvoice bisa jadi announcer di radio swasta  sekaligus producer juga, terus sekarang bisa kerja di talent management yang orang-orangnya hebat juga, ya segala sesuatunya itu emang harus dipersiapkan kayak ini visinya apa dan misinya apa. Jadi harus selalu ada next goalnya itu apa. Dan setiap tempat itu nggak selalu gampang, pasti ada fase sulitnya dan di situ dimana kita bisa tau seberapa pengen kita capai cita-cita kita. Kalo kita masih pengen fight berarti kita emang pengen banget dapetin cita-cita yang kita pengen, tapi kalo kita give up ya cita-cita kita ya angan-angan biasa aja.  Haha, ini sok-sok inspirasi ya, gak taulah itu rasional kok.

ini dia nih, saat Kak Ai jadi announcer di OZ Radio Jakarta

 

Z : Dari semua kerjaan yang udah Kak Ai coba, mulai dari jadi announcer, mc, produser sampe sekarang jadi kepala divisi, Kak Ai paling suka dan enjoy itu dimana? Dan kenapa?
A : Yang paling suka itu ya as announcer, itu bener-bener enjoy banget, itu rasanya nggak ada beban, yaa kerja dengan ngomong, haha. Itu dari segi kerja ya, tapi kalo dari segi keuangan jadi kepala divisi deh hahaha. Itu lebih nyaman kayaknya. Oh iya, sama lagi pengen bikin podcast, karena udah nggak jadi penyiar aja haha. Nama podcastnya Dua Kacamata, dan nama talent managementnya Bestbud. Maaf ya kalo jualan disini, hahaha.

Z : Boleh kasih tau gak sih, tips and trick-nya gitu buat masuk dunia radio swasta buat anak-anak Bvoice atau radio kampus lainnya?

A : Tips dan trick buat masuk radio swasta, kalo yang di kampusnya ada UKM radio itu bisa banget diikutin jadi dari situ bisa banget belajar, basic-basic di dunia radio seperti apa, terus buat yang mungkin nggak ada fasilitas untuk belajar di dunia radio, pertama dengerin dario terus, pelajarin apa yang announcer­-nya omongin dari bridging, content, closing, punchline, semua teknik-teknik sebagai penyiar di radio swasta itu dipelajarin lewat dengerin radio, atau bisa juga ikut seminar-seminar tentang radio, cara jadi penyiar, gimana public speaking ikutin aja yang kayak gitu-gitu. Karena itu bener-bener ngaruh ilmunya untuk mengawali gimana masuk radio swasta. Dan kalo ada yang radio yang open rekrutmen itu harus banget dicoba, karena itu bakal nambah pengalaman mental ya dan ngerasain banget gimana atmosfirnya ditest sama juri-jurinya. Karena nggak ada yang tau juga faktor luck yaa dan yang paling penting jangan pernah ngerasa pesimis duluan.

Z : Terakhir, boleh kasih tau gak sih motto hidup Kak Ai apa?
A : Motto hidup ya, hidup cuman sekali waktu nggak bisa diulang, tulis apapun cerita yang pengen lo tulis di kehidupan lo dan nggak perlu nyesel karena lo harus bikin plan untuk kedepannya harus seperti apa, dan lo harus melakukan plan itu biar semua sesuai sama apa yang lo tulis. Jangan pernah takut dibilang kacang lupa kulit karena kacang yang lupa kulit itu kacang yang mau maju, cia haha

Itu dia Blistener wawancara bareng Kak Ai. Banyak banget pesan-pesan yang bisa diambil dari sini dan mungkin tips and trick cara masuk radio yang dikasih tau Kak Ai sangat perlu dicoba nih

Don’t forget to follow our Social Media for more information!
Instagram : @bvoice_radio
Twitter : @bvoiceradio
Facebook : Bvoice Radio
Line@ : @bvoiceradio
iOs : Bvoice Radio
App Store : Bvoice Radio

Writer: Azzahra Razandhiya / Reporter Bvoice Radio

Editor: Jessica Ola /Reporter Bvoice Radio