KEPOIN YUK ! KESERUAN TAEKWONDO BINUS LANGSUNG DARI KETUANYA

Blistener, pasti udah sering dengerkan cabang olahraga belandiri dari negri gingseng yang satu ini, yay bener banget taekwondo namanya. Nah kali ini Bvoice radio berkesempatan untuk mewawancarai ketua dari salah satu UKM di Binus yaitu Taekwondo. UKM Taekwondo sendiri merupakan salah satu UKM olahraga yang ada di Binus loh! Nah mau tau apa aja kegiatan dan keseruan dari UKM ini? Langsung aja simak wawancara Bvoice radio dengan ketua UKM Taekwondo, Archel Milka Hidayat.

 

 

Hai kak Archel, boleh kasih tau ke Blisteners Kakak nama lengkapnya siapa, dari jurusan apa dan udah semester berapa sekarang?

Hai, nama aku Archel Milka, sering di panggil Archel. Di Binus aku kuliah jurusan Hubungan Internasional dan udah semester 5 dan kalau di jurusan aku sendiri buat semester 5 nya udah mulai magang.

Ngomong-ngomong kakak kan ketua UKM Taekwondo nih, kira-kira emang tekwondo itu hobi kakak sendiri atau kakak punya hobi lain nih?

Nah jadi gini, hihihi aku cerita sedikit yah tentang hobi aku, jadi sebenernya waktu kecil punya aku itu punya  hobi olahraga sama bela diri, tapi dari keluarga aku sendiri ngga dibolehin ikut olahraga beladiri nih, karena aku sendiri punya riwayat darah rendah dan dulu waktu aku SD kalau setiap upacara hari Senin di sekolah sering pingsan, singkat cerita waktu aku udah SMP keluarga aku akhirnya ngebolehin aku untuk coba olah raga bela diri, dan ternyata setalah aku sering olah raga sedikit demi sedikit aku udah jarang banget pingsan, pusing, dan daya tahan tubuh aku juga malah meningkat karna aku sering olahraga. Nah, sejak saat itu aku beranggapan kalau olahraga itu sebagai kebutuhan, kalau aku ga gerak daya tahan aku berkurang dan akhirnya aku bisa gampang banget drop dan waktu aku SMA aku udah bisa pakai sabuk hitam di karate.

Wah berarti dulu kakak Karate dulu dong baru,Taekwondo?

Iyah bener banget, jadi dulu itu aku karate dan waktu sama aku pingin coba hal baru aja, jadi aku join di Taekwondo, ya sebenernya ga beda-beda banget kok antara taekwondo dan karate, paling hanya beda nama gerakannya aja, karena kan karate dari Jepang dan taekwondo dari Korea dan kalau karate lebih ke gerakan tangan, kalau taekwondo lebih ke gerakan tendanganya sih. 

Kalau di Karate kakak uda sabuk hitam, bisa ga sih di Taekwondo kakak ngelanjutin sabuk hitamnya lagi?

Ngga bisa dong, karena kan walaupun agak mirip ke 2 olahraga tersebut tapi tetep beda, jadi kalo kamu di karate udah sabuk hitam, di taekwondo kamu harus ngulang dan mulai dari awal lagi dari sabuk putih, ikut UKT atau ujian kenaikan tingkat baru kamu bisa pakai sabuk hitam lagi. Tapi kan paling engga uda ada bassic di karate, jadi ngga sesulit belajar gerakan dari awal lagi.

Apasih yang mendorong  atau motivasi kakak menjadi ketua UKM Taekwondo ini?

Jadi aku masuk taekwondo karena pingin aktif organisasi karena pas aku SMA aku ngga ikut organisasi apapun. Dan orang orang di sekitar aku berpendapat bahwa sebenernya aku punya jiwa kepemimpinan, jadi mereka yang meyakinkan aku untuk jadi ketua, awal mulanya ada beberapa hal yang ngebuat aku gamau untuk jadi ketua. Kayak aku berfikiran negatif bahwa kinerja ku takut mengecewakan dan lain hal sebagainya, tapi di sisi lain senior aku malah motovasi buat aku jadi ketua, karena dengan menjadi ketua bisa punya banyak ilmu yang bermanfaat buat aku sendiri. Terus aku sendiri juga suka dengan tantangan, belajar hal baru, improv skil kepemimpinan. Dengan bantuan dari banyak pihak Puji Tuhan sampai saat ini aku bisa mengemban amanah di UKM Taekwondo ini.

Ada ga sih kak proker wajib yang di jalani sebagai ketua UKM Taekwondo sendiri?

Kalau proker sih banyak yah, salah satu prokernya adalah UKT atau ujian kenaikan tingkat, dari sabuk putih ke sabuk kuning dan seterusnya. Jadi nanti Ketua yang membuat proposal, yang nantinya di berikan ke pelatih dan grup besar, untuk melaksanakan UKT tersebut.

Susah ga sih kak bagi waktu antara ukm sama kuliah? Boleh bagi tipsnya dong kak biar bisa ngejalanin 22nya

Kalau di tanya bagi waktu UKM sama kuliah emang susah. Dulu pas jadi aktivis, tugas  kuliah sama ukm tu bisa stabil masih ada waktu longgarnya, pas jadi ketua uda mulai sibuk dan susah bagi waktu karena kadang ada rapat mendadak dari SCAC, jadi itu yang ngebuat aku jadi nunda-nunda kerjain tugas, jadi emng susah banget buat bagi waktunya. Tipsnya nih kalau dari aku sendiri, selama kuliah ini pp dari Tangerang-Binus, jangan takut jadi orang, harus berani, dalam artian kan lo udah milih nih ikut UKM jadi harus terima segala resiko, mulai dari sibuk dan pulang malem nah lo juga harus berani gitu pulang malem dan gausah parno kalau pulang malem atau sibuk bakal gimana gimana gitu. Lo harus punya solusi dari diri sendiri buat nanganinnya. Contohnya nih lo bisa tidur di kos temen dulu atau apapun. Terus juga dimana mana kalau aku selalu bawa leptop biar dimana ada waktu kosong sedikit buat kerjain tugas, aku bisa langsung ngerjain tugas. Apalagi kalau nunggu di SCAC kan bisa berjam jam yah, jadi sembari nunggu bisa sambil ngerjain tugas dan resiko berorganisasi pasti bakal keluar dari zona nyaman, balik lagi yah intinya jangan takut sama ilusi sendiri, karna ada tanggung jawab yang harus lo jalanin.

Apasih Kak keuntungan atau manfaat yang kita dapat setelah kita masuk UKM Taekwondo?

Kalo lo ikut suatu UKM tentunya bakalan ketemu orang baru dan tentunya di UKM Taekwondo sendiri orang-orangnya ni asik banget, segokil itu. Selain dari sisi pertemanan benefit yang lain juga bisa dari sisi kesehatan karna ini salah satu olah raga yah, pengalaman dapet banget, menangani problem solving, soft skill dapet , hard skill juga dapet.

Nah kalau tekwondo di Binus sendiri udah pernah ikut kejuaraan belom Kak? Kalo iya apa aja tuh

Kalo di tahun aku sendiri (2019) baru aja ngikutin Prasmul Olympics dan dari ke-9 atlit tim kita berhasil dapat 3 emas, 4 perunggu, 2 perak. Dan untuk next nya uda ada proposal tanding dari UMN dan Trisakti.

Kalau UKM Taekwondo sendiri latihan biasanya tiap hari apa aja ni Kak?

Kalo buat latihan si Senin dan Rabu ya, kalau Senin di hall kijang jam 18.30-21.00, kalo Rabu di hall syahdan 18.30 -21.00, dan kita juga ngedatengin pelatih, jadi kalau yang mau ikut tapi belom pernah jangan takut ngga bisa, karena kita bakal dilatih dari awal banget sampe nnti UKT.

Untuk kehidupan sehari-hari taekwondo berguna ga sih Kak.. contohnya kayak self defance ?

Berguna banget dong, olah raga bela diri buat stamina biar ga gampang loyo, ngelatih mental kyorugi (sparing) agar terpacu karna itu serius, tp jangan sampai melukai tapi tetep harus serius dan fokus, ( misalnya nih kita dapet tekanan dari atasan kita bisa lebih teratur dalam  pengendalian diri dan emosi) karena yang namanya taekwondo itu bela diri bukan ilmu untuk berantem, dan lo bisa bisa menggunakan ilmu tersebut kapanpun, dimanapun, dengan waktu yang tepat untuk menggunakannya, di taekwondo juga selalu memberi pengertian bahwa ini menupakan ilmu bela diri bukan ilmu buat berantem, untuk melindungi diri dari orang yang berbuat macam-macam.

Terakhir nih Kak, sekarang kan banyak binusian 2023, gimanasih caranya join di UKM Taekwondo sendiri?

Cara daftarnya di expo kita buka stand dan ada perfom juga buat memperkenalkan tekwondo, kalau ga dateng expo bisa juga bisa daftar lewat dm ig atau website Taekwondo Binus yang nantinya akan diarahkan ke bagain pendataan anggota dan administrasi.

Don’t forget to follow our social media for more information!

Instagram        : @bvoice_radio

Twitter            : @bvoiceradio

Facebook         : BVoice Radio

Line@             : @bvoiceradio

(Writer: Nabilla Nuzulla Gusani / Bvoice Radio)

(Editor: Asrianty Azzahra / Bvoice Radio)

More Like This