Instastory Rasa Radio ala Mario Delano

 

Blisteners, Sebagai seorang content creator pastinya ngga mudah untuk ngejalaninnya, apalagi kalau bukan itu aja yang digeluti. Yap, salah satunya Mario Delano ngga cuma jadi content creator tapi, kak Mario ini menggeluti dunia fotografi, master of ceremony, dan announcer loh. Mantan penyiar radio swasta ini ternyata alumni Binus tahun 2015 di jurusan Marketing Komunikasi peminatan Broadcasting. Kak Mario juga salah satu announcer Bvoice Radio di tahun 2011 loh. Ngga hanya itu kak Mario ini punya project foto juga nih Blisteners! Seperti apa sih awal mula karir sebagai content creator? Pengen tau pengalaman apa aja yang didapatkan seorang content creator? Tenang aja, Reporter kita Sakila Gita (S) berkesempatan untuk ngobrol-ngobrol langsung dengan kak Mario (M). Nah, kalo lo mau tau lebih dekat dengan sosok dibalik konten lagu kode dan judulnya adalah, lanjut baca artikel ini yuk!

 

S: Awal mula tertarik jadi content creator kenapa?

M: Awalnya cuman iseng gitu, liat konten orang lain kok keren-keren gitu kan. Terus kayaknya bisa ngebuat engagement atau bisa ngebuat orang-orang yang lain juga ikutan, nah akhirnya gue bikinlah konten gue yang seperti sekarang ini, instastory rasa radio.

 

S: Kerjanya content creator ngapain aja sih kak?

M: Ya pastinya sih bikin konten, yang dimana bisa bikin konten yang simple tapi semenarik mungkin, sebisa bikin orang seneng atau mungkin sedih, semua orang juga bisa ikut ngerasa sedih atau ngga lo pengen bikin konten yang seneng orang juga bisa merasakan hal yang sama.

 

S: Suka duka jadi content creator itu apa sih?

M: Suka duka pasti banyak ya kalau untuk bikin suatu konten gitu, gue masih observe sih untuk apapun itu jadi misalnya, gue lagi mentok kira-kira gue harus bikin konten apalagi itu biasanya akan cukup mengambil waktu yang agak lama dapet ide lagi, karena memang kalau udah mentok tuh bete sendiri sih. Nah, ketika lo bete, ketika lo udah “kira-kira bakal ngapain lagi ya?” itu biasanya sih ada ide-ide baru muncul.

 

Kak Mario saat menjadi MC Indonesian Idol

 

S: Hambatan sebagai seorang contect creator apa sih kak?

M: Hambatanya mungkin lebih ke ketika lo lagi mentok, lo lagi bingung mau ngapain atau ngga harus membagi waktu lo, selain harus membuat konten lo juga punya kesibukan lain diluar.

 

S:Tips and trick  jadi content creator?

M: Ini gue ambil dari temen-temen gue juga yang suka buat konten. Ada satu cara yang bisa lo buat, adalah konsep ATM; Amati, Tiru, dan Modifikasi. Jadi sebenernya, konten gue yang sekarang itu juga bukan original dari gue dan menurut gue itu ketika orang buat seni, ketika orang buat satu karya itu pasti tidak pure dari mereka sendiri. Pasti mereka ngamatin, mereka observe ke orang, terus mereka liatin. Misalnya, lo ngeliat si A bagus banget nih kontenya, gue pengen bikin tapi ngga mau jadi plagiat. Akhirnya lo tiru dan lo juga bisa modifikasi. Itu sih yang sekarang gue jalanin, dengan metode ATM tadi. 

Ini dia konten Kak Mario yang Judulnya Adalah nih, Blisteners!

 

Nggak cuma Judulnya Adalah tapi Lagu Kode ini juga jadi andalannya loh.

   

 S: Pengalaman apa aja sih yang paling menarik selama jadi content creator?

M: Ketika gue kayak “ini kayaknya konten gue biasa aja, b banget gitu kan ya” mungkin sebagian orang bilangnya “hah, lo ngapain sih Mar, lo cuma buang-buang waktu” tapi ternyata, sudah hampir satu tahun lebih ini gue jalanin, apresiasi orang itu ke gue sangat-sangat baik luar biasa, sampai akhirnya gue nambah relasi, nambah temen, nambah ilmu lagi ketemu orang-orang baru. Itu sih salah satu pengalaman yang paling berharga dan menarik ketika membuat konten gue sejauh ini.

  

S: Konten kak Mario di Instagram kan termasuk unik ya, itu sebenernya terencana atau tiba-tiba muncul idenya?

M: Untuk ide awalnya itu adalah, setahun lalu gue selesai dari radio swasta terus kayak gue ngapain ya. Setahun kebelakang gue masih tetap cari radio lain tapi ternyata belum jodoh gitu kan ya, terus gue mikir “apa ya yang gue bisa bikin, gue masih suka banget radio tapi gue belum ada wadah” akhirnya tercetuslah gue bikin satu konten di instastory gitu kan, instastory rasa radio yang ternyata, konsepnya belum pernah ada yang buat. Untuk bikin konsep radio ala-ala tapi di instastory nah itu awalnya dari situ.

 

Saat menjadi announcer disalah satu radio swasta

 

S: Kan dulu pernah jadi announcer di salah satu radio swasta ya, apa aja sih yang di kangenin sebagai seorang announcer?

M: Yang di kangenin itu siarannya, dateng buru-buru ke kantor untuk ke tempat siaran, atau ngga ketemu orang-orang baru, bisa interview penyanyi atau mungkin band favorit yang sekarang itu sih, sampai sekarang gue ngga dapetin. Sama salah satunya gue tuh ngga dapet tiket gratis untuk nonton konser.

 

S: Dari semua yang pernah kakak jalanin mc, announcer atau content creator paling suka yang mana dan kenapa?

M: Sampai sejauh ini kesibukan gue sekarang kerja di Shopee Indonesia, gue sebagai social media Marketing disini, terus gue juga masih nge-mc, masih foto juga. Kalau ditanya gue suka yang mana gue suka ketiganya sih, gue bisa menyalurkan hobby gue ke mc, ke announcer, terus juga ada fotografi, gue seneng sih sama tiga-tiganya itu karena gue bisa bikin orang lain tuh seneng. Jadi, kalo gue nge-mc gue bisa bikin orang yang datang tuh juga bisa nikmatin acranya, atau ngga gue bikin sekarang konten ala-ala radio tuh orang juga ngerasa kayak “Kak Mario, ini gue galau banget ya” ya yaudah berarti gue bisa mewakili mereka lah gitu. Terus jadi fotografer ya menyalurkan ide-ide gue, ketika gue foto orang tuh seperti apa dan enaknya ketika mereka liat hasilnya mereka suka dengan hasilnya, kurang lebih seperti itu.

 

                   Project by Delano bisnis fotografi yang dimiliki kak Mario

 

 S: Kakak kan punya bisnis project by Delano ya, nge-managenya susah nggak sih?

M: Kalau untuk project by Delano sendiri, gue untuk visioner-nya, untuk jangka panjang ini buat jadi salah satu mata pencaharian gue lah, bisa gue bikin untuk seterusnya karena kan kalau soal pernikahan, atau ngga tentang buku tahunan anak sekolah itukan pasti ngga putus jadi project by Delano ini lagi gue maintain pelan-pelan dari sekarang sih dan semoga hasilnya Insyaallah lumayan.

 

S: Rencana kedepannya sebagai seorang content creator?

M: Gue gabisa bilang kalau gue content creator ya, gue lebih suka cari hal-hal baru, gue suka observasi apapun itu yang gue liat didepan gue itu kayaknya unik untuk dikulik lagi, untuk diperdalam lagi, ya semoga bisa tetep konsisten, bisa tetep ngebuat sesuatu yang baru lagi kedepannya dan bisa diterima sama temen-temen semua.

 

Nah itu dia obrolan bareng Mario Delano! Blisteners, jadi terinspirasi nggak nih buat ikutin jejak kak Mario sebagai content creator? Nggak cuma unik tapi juga kreatif! Lumayan loh buat nambah-nambahin ilmu jadinya banyak relasi deh untuk kedepannya. Buat kalian yang penasaran konten radionya kayak gimana bisa aja yuk langsung ikutan dan cek Instagramnya di @mariodelano dan buat kalian yang kepo sama project by Delano juga bisa langsung cek @projectbydelano.

 

 

Don’t forget to follow our social media for more information!

Instagram        : @bvoice_radio

Twitter             : @bvoiceradio

Facebook        : BVoice Radio

Line@              : @bvoiceradio

iOs& App Store: BVoice Radio

 

(Writer: Sakila Gita / Bvoice Radio)

(Editor: Elia Geraldine/ Bvoice Radio)